Sayuran Kaya Gizi yang Bisa Dijadikan Keripik Nikmat

Reporter :
Jumat, 5 Juli 2019 10:12
Sayuran Kaya Gizi yang Bisa Dijadikan Keripik Nikmat
Sesekali olah sayuran jadi keripik agar tak membosankan.

Dream - Mengonsumsi sayur bagi banyak orang jadi hal yang sulit dilakukan. Rasanya memang tak senikmat olahan hewani yang gurih, tapi kandungan nutrisinya sangat dibutuhkan tubuh.

Salah satu yang membuat sayur tak menarik adalah olahannya yang membosankan. Biasanya hanya direbus, dikukus atau ditumis.

Sebenarnya beberapa sayuran bisa diolah dengan cara digoreng garing dan menjadi keripik camilan.

Sahabat Dream ingin membuat keripik sayur di rumah? Sayuran-sayuran ini bisa diolah.

1 dari 5 halaman

Bayam

Sayuran hijau yang bisa disulap menjadi keripik lezat dan menggugah selera adalah sayur bayam. Sayur yang kaya akan zat besi dan vitaminnya ini memiliki rasa yang gurih dan super menggugah selera ketika diolah menjadi keripik.

 Sayur goreng

Di beberapa daerah di Indonesia, keripik bayam bahkan menjadi camilan khas yang sangat digemari.

Pilih bayam yang agak tua dan berdaun lebar. Pastikan juga konsistensi tepungnya tak terlalu tebal.

2 dari 5 halaman

Peria

Sayur peria, atau lazim disebut pare, yang pahit juga bisa disulap menjadi keripik yang super lezat dan menggugah selera.

 6 Manfaat Menakjubkan Pahitnya Pare

 

Melalui cara pengolahan yang tepat, sayur pare yang identik dengan rasa pahit akan berubah menjadi sangat gurih setelah menjadi keripik.

3 dari 5 halaman

Terong

Sayur selanjutnya yang bisa diolah menjadi keripik adalah terong. Daging terong yang memiliki cita rasa khas akan berubah menjadi sangat gurih ketika berbalut tepung dan digoreng garing menjadi keripik.

 Kreasikan Terong Jadi Olahan Kaya Rasa

 

4 dari 5 halaman

Wortel

Wortel rupanya juga bisa disulap menjadi keripik yang gurih, renyah dan menggugah selera.

 Konsumsi Wortel Agar Terhindar Stroke

 

Bahkan, keripik wortel akan memiliki cita rasa manis yang unik dan disukai semua orang khususnya anak-anak.


Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber: Fimela.com

5 dari 5 halaman

Olahan yang Bikin Sayur Kol Jadi Lebih Nikmat

Dream - Kol termasuk sayuran yang jarang dikreasikan. Hanya diolah dengan cara yang sama dan membosankan. Biasanya disajikan mentah untuk lalapan, diiris untuk isi sop sayuran atau digoreng.

Sebenarnya kol bisa dimasak dengan cara lain yang membuat rasanya jadi lebih nikmat dan istimewa. Coba saja olah kol dengan cara berikut, dijamin bikin ketagihan.

- Kol panggang
Potong kol yang bulan jadi 7 atau 8 bagian memanjang. Biarkan saja lapisannya. Bilas dengan air dan tiriskan. Panaskan oven atau microwave. Taruh kol dalam loyang, taburi minyak zaitun, garam, lada atau saus asam manis.

Berikan keju parmesan di bagian atasnya. Perpaduan rasa manis, pedas dan gurih akan sangat memanjakan lidah. Kol panggang ini bisa jadi camilan sehat.

- Kol kukus isi daging
Buat tumisan daging dengan saud tomat seperti saus spaghetti. Ambil kol yang lebar lalu isi dengan saus daging tersebut kemudian lipat. Buat 5 hingga 10 buah kemudian kukus 10 menit dan angkat. Sajikan dengan nasi hangat atau makan dengan roti.

 Kol kukus

- Jadi pembungkus daging bakar
Cara ini banyak dilakukan warga Korea. Memanggang daging lalu menaruhnya dalam kol, mencampurnya dengan saus gurih serta sayur kemudian dimakan langsung. Manis kol akan sangat 'kawin' dengan gurihnya daging.

Sumber: Huffingtonpost)

 

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?