Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Simpan Bumbu Dapur Biar Aroma dan Rasanya Selalu Segar

Cara Simpan Bumbu Dapur Biar Aroma dan Rasanya Selalu Segar Bumbu Dapur (Source: Shutterstock)

Dream - Bumbu dapur akan cepat membusuk jika tidak disimpan dengan cara yang tepat. Biasanya, akan lebih cepat membusuk saat disimpan dalam keadaan basah. 

Masakan Indonesia, sangat mengandalkan rempah aromatik dan kaya bumbu. Untuk itu, Sahabat Dream yang punya stok bumbu rempah, pastikan menyimpannya dengan tepat.

Bagaimana caranya? Pastikan simpan bumbu dapur dalam keadaan kering. Jika memang harus dicuci, keringkan lebih dulu.

Pilih juga wadah yang tepat dan tertutup rapat. Terkadang, bumbu dapur juga lebih cepat basi jika tidak disimpan dalam wadah yang tepat. Cara Culinary Content Creator pemilik akun Instagram @rachveda bisa kamu tiru untuk membuat bumbu dapur tidak cepat basi.

Ia menyimpan cabai, daun salam, daun jeruk, tomat, lengkuas, serta bumbu dapur lainnya di dalam plastik ziplock. Tentunya, ia membersihkan bumbu dapur terlebih dulu dan dikeringkan hingga benar-benar tidak ada sisa air.

Trik Menyimpan Bumbu Dapur

Foto: Instagram @rachveda

Setelah itu, bumbu dapur disimpan di freezer agar tahan berbulan-bulan. Ia memperlihatkan kondisi bumbu dapur yang masih segar setelah disimpan 2 bulan. Bumbu dapur yang disimpan juga tidak menyatu karena disimpan di freezer karena sudah dikeringkan terlebih dulu.

Sahabat Dream tertarik untuk mencoba trik ini? Lihat videonya.

      View this post on Instagram      

A post shared by Veda | baking & cooking (@rachveda)

 

Seledri Awet Selalu Fresh dan Harum, Cari Tahu Cara Menyimpannya

Dream - Seledri termasuk rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Tak hanya memberikan rasa segar dan aromatik yang khas pada makanan, seledri juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Seledri sering digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, salad, saus, dan tumisan. Daun satu ini sayangnya sangat mudah kering. Seringkali saat kita pakai dan masih ada sisa lalu ditaruh di kulkas tapi akhirnya terbuang karena kering.

Shutterstock

Jangan biarkan daun seledri layu dan membusuk di dalam kulkas. Ada beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk menyimpan daun seledri agar tetap segar dan awet lebih lama.

Nah, berikut ini beberapa tips menyimpan daun seledri yang mudah dan efektif.

 

Langsung Keluarkan dari Plastik

Shutterstock

Untuk memastikan seledri tetap segar, sebaiknya segera keluarkan dari plastik setelah membeli seledri dan simpan di dalam lemari es. Plastik dapat menghambat proses pernapasan seledri sehingga dapat menyebabkan seledri cepat busuk dan rusak.

Dengan melakukan tips menyimpan daun seledri yang satu ini, seledri akan tetap segar dan siap digunakan untuk berbagai hidangan masakan yang kamu buat. Solusinya, Sahabat Dream dapat menyimpan seledri yang dibungkus dengan aluminium foil. Aluminium foil memungkinkan gas etilen untuk keluar sambil menjaga kelembapan seledri tetap terjaga selama 2 minggu.

 

Bisa Gunakan Kertas dan Tisu

Jika tidak ada aluminium foil yang tersedia, Sahabat Dream bisa menggunakan tisu makan atau kertas tisu sebagai alternatif. Sebelum menyimpan seledri dengan tisu kering, pastikan untuk mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah itu, Sahabat Dream dapat menggulung seledri dengan beberapa lapis kertas tisu kering. Dengan cara ini, seledri akan tetap segar dan renyah tanpa mengalami layu.

Saat menyimpan seledri atau jenis tanaman herbal lainnya, perlu diperhatikan untuk menjauhkannya dari sayuran dengan rasa yang kuat seperti bawang. Hal ini dapat memengaruhi rasa seledri dan mengurangi kualitasnya.

Bekukan

Tips menyimpan daun seledri yang selanjutnya yaitu dengan cara membekukannya di freezer. Dengan memotong seledri mentah dan menyimpannya dalam freezer, seledri beku dapat bertahan hingga dua bulan tergantung cara membekukannya.

Selain itu, proses blanching juga bisa dilakukan sebelum seledri dimasukkan ke dalam pembeku. Blanching adalah proses singkat mencelupkan sayuran ke dalam air mendidih atau air panas dan kemudian mencelupkannya ke dalam air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Metode ini dapat membantu mengawetkan sayuran dan memperkuat warnanya.

(Sumber: Diadona)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Jangan Buang Sisa Bumbu Ungkep Ayam, Jadikan Kremesan Gurih dengan Cara Simpel

Jangan Buang Sisa Bumbu Ungkep Ayam, Jadikan Kremesan Gurih dengan Cara Simpel

Air sisa bumbu ungkep bisa dimanfaatkan untuk membuat kremesan yang gurihnya tahan lama. Kamu hanya perlu bahan sederhana untuk membuatnya.

Baca Selengkapnya
Resep Ayam Suwir Bumbu Kuning Pedas yang Nikmat

Resep Ayam Suwir Bumbu Kuning Pedas yang Nikmat

Ayam suwir yang lembut disulap dengan bumbu khas Indonesia yang mantap dan pedasnya bikin lidah bergoyang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bikin Bumbu Mie Goreng Gurih Rumahan dari Kulit Ayam

Bikin Bumbu Mie Goreng Gurih Rumahan dari Kulit Ayam

Bumbu mie goreng bisa dibuat sendiri di rumah dengan kulit ayam. Cari tahu proses membuatnya agar bisa membuat stok bumbu mie goreng yang gurih dan lezat.

Baca Selengkapnya
Cara Bikin Ayam Bumbu Ireng Khas Madura yang Gurih dan Wangi

Cara Bikin Ayam Bumbu Ireng Khas Madura yang Gurih dan Wangi

Ayam bumbu ireng bisa jadi pilihan lauk yang gurih, lezat, dan wangi. Bumbunya pun dibuat dengan beragam rempah lokal.

Baca Selengkapnya
Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Cendol dawet bisa jadi pelepas dahaga yang tepat saat cuaca panas. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan stok minuman manis dan segar.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Biar tetap cantik, begini caranya jaga kebersihan dapur minimalismu.

Baca Selengkapnya