Sorbet Atau Sherbet, Pilih Mana?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 23 September 2019 19:46
Sorbet Atau Sherbet, Pilih Mana?
Siapa nih yang suka es krim? Yuk cari tahu perbedaan Sorbet dan Sherbet berikut ini.

Dream – Siapa nih yang suka es krim? Kalian suka es krim yang dijajakan di toko swalayan atau yang dijajakan di kedai es krim?

Jika berkunjung ke kedai es krim, tidak sedikit dari kalian yang merasa bingung dalam memilih es krim.

Memang, ada begitu banyak varian hingga jenis es krim yang biasanya di jual oleh kedai es krim. Saking banyaknya, kalian juga terkadang bingung cara membedakan jenis dari es krim yang dijualnya.

Berbicara mengenai jenis, pernahkah kalian mendengar sorbet dan sherbet? Bagi pecinta es krim tentu saja pernah mendengarnya dong ya. Bahkan, pernah merasakannya juga.

Namun, tahukah kalian perbedaan dari kedua jenis es krim tersebut? Tidak perlu memikirkannya terlalu susah, sebab Dream akan memberikan informasinya untuk kalian.

1 dari 4 halaman

Sorbet dan Sherbet

Sorbet dan Sherbet, Pilih yang Mana?© pixabay.com

Sorbet merupakan salah satu jenis es krim yang memiliki campuran antara air beku, pemanis, jus buah serta rempah-rempah seperti basil dan thyme.

Pada umumnya sorbet disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan pembersih mulut. Tidak jarang pula, sorbet disajikan pada saat menjelang hidangan terakhir dikeluarkan.

Sedangkan, sherbet atau sherbert merupakan salah satu jenis es krim yang memiliki campuran hampir sama dengan sorbet.

Lantas apa perbedaannya?

Sherbet mengandung maksimal 2% produk susu, telur serta lemak. Pasalnya, jika sudah melebihi 2% itu berarti es krim itu sudah tergolong ke dalam jenis gelato.

Penyajiannya sama dengan sorbet dimana kerap dijadikan sebagai hidangan pentup atau pencuci mulut.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Sorbet dan Sherbet

Sorbet dan Sherbet, Pilih yang Mana?© pixabay.com

Jika ditilik kembali, sorbet datang lebih dulu daripada sherbet. Pada masa kekaisaran Romawi, para budak kaisar entah bagaimana akan selalu membawa salju turun dari gunung untuk nantinya dicampur dengan madu serta anggur.

Pada saat itu, adanya makanan beku di iklim hangat merupakan salah satu puncak dari dekadensi atau penurunan. Sebenarnya, es krim bukanlah makanan satu-satunya yang memiliki asal usul kuno.

Sudah terdapat banyak sekali makanan yang muncul sebelum sorbet dihadirkan.

Semakin bertambahnya usia kehidupan, semakin banyak pula tambahan makanan yang bisa dicampurkan dengan segala jenis makanan lainnya.

Pada saat itulah Sherbet hadir di lingkup masyarakat. Penambahan bahan makanan merupakan salah satu ciri sherbet yang dimana mampu menghasilkan tekstur serta rasa yang lebih kaya daripada sorbet.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Menurut para Ahli

Sorbet dan Sherbet, Pilih yang Mana?© pixabay.com

“ Sorbet terbaik harus diproduksi dalam jumlah kecil sehingga cukup untuk bertahan setiap hari,” ujar co-owner Lollino, Lorenzo Franchetti.

Menurutnya, sorbet merupakan salah satu jenis es krim yang memungkinkan untuk bebas akan susu, lemak gluten serta stevia (pemanins tambahan).  Saat ini, kalian juga bisa menemukan beragam varian sorbet di seleuruh kedai es krim.

Sedangkan sherbet, sama seperti yang dikatakan sebelumnya. Kalian juga bisa menemukan beragam varian dari sherbet di stiap kedai es krim. Pada umumnya, sherbet akan diletakkan di bagiannya tersendiri di sebelah es krim serta sorbet.

4 dari 4 halaman

Jumlah Kalori

Sorbet dan Sherbet, Pilih yang Mana?© shutterstock

Jika ditanya apakah mereka mampu menghemat kalori? Jawabannya adalah tidak sama sekali.

Sangat lucu ketika para pelanggan selalu berpikir bahwa sorbet dan sherbet memiliki jumlah kalori yang kecil.

Faktanya, 4 ons es krim vanilla memiliki kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sorbet atau sherbet dengan ukuran yang sama.

Mengapa demikian? Alasan paling utamanya adalah dikarenakan adanya kandungan jumlah gula di dalam kedua jenis es krim tersebut.

Namun, apabila kalian mencari pilihan di antara semua jenis es krim yang bebas mengandung susu atau bisa dikatakan sebagai vegan, maka sorbetlah jawabananya.

Meskipun terbuat dari jus buah asli, kedua jenis es krim ini masih memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Sehingga jangan heran jika nantinya kalian tidak akan bisa mengecilkan ukuran pinggang apabila kerap mengonsumsi kedua jenis es krim ini.
 
(ism, Sumber: Reader’s Digest)

Beri Komentar