Tea Mixology, Cara Seru 'Mengawinkan' Minuman Teh

Reporter :
Selasa, 27 November 2018 11:44
Tea Mixology, Cara Seru 'Mengawinkan' Minuman Teh
Bisa menghasilkan karakter rasa baru yang lebih nikmat.

Dream - Sajian teh tak pernah ada matinya. Apalagi jika dikreasikan dengan beragam rasa dan bahan yang melahirkan sensasi rasa yang berbeda.

Bicara soal teh, kini sebuah teknik penyajian teh dengan cara berbeda sedang menjadi tren. Namanya, tea mixology. Beberapa waktu lalu, Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) menggelar kompetisi Tea Brewing and Tea Mixologist pertama di Indonesia di acara SIAL InterFood di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

William Wongso, pakar kuliner yang jadi salah satu juri di kompetisi itu mengatakan, mixology bukan semata mencampur segala macam bahan. Pencampuran tersebut harus memiliki tujuan.

Juri lain sekaligus pakar teh, Ratna Somantri kepada Liputan6.com, menuturkan tea mixology dianggap sukses ketika pencampuran beberapa bahan bisa menghasilkan karakter rasa baru yang lebih nikmat dari masing-masing komponen bahan itu.

" Jadi, misalnya bikin teh dicampur buah, dicampur bunga. Kalau cuma sekadar rasa bunga, buah, dan teh ya jadinya cuma es teh saja. Tapi, kalau tea mixology itu rasanya harus baru, berbeda, dan spesial," jelas Ratna.

Ia manambahkan, tea mixology adalah salah satu bukti kalau teh juga bisa disajikan dengan trendi, modern, dan kreatif. Apalagi, varian teh banyak sekali.

" Tea mixology ini masih baru banget. Makanya, tadi beberapa peserta kayak masih bingung bagaimana mencampurkan teh dengan bahan lain," tambahnya.

Menurut Ratna, kreasi penyajian teh itu hanya berbatas kreativitas. " Kita bisa buat banyak sekali kreasi teh, baik minuman maupun makanan. Tapi, yang paling penting, kita harus mengerti dulu tentang teh atau karakter rasa teh ini," katanya.

Cara menyeduh, memadukannya dengan bahan lain serta memasangkannya dengan camilan juga jadi seni tersendiri. Perpaduan rasanya harus pas. Seru!

(Sah, Laporan Asnida Riani/ Liputan6.com)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone