Perhatikan 5 Hal Ini Saat Berbelanja Ikan

Reporter :
Kamis, 22 November 2018 10:00
Perhatikan 5 Hal Ini Saat Berbelanja Ikan
Kunci sajian ikan yang nikmat adalah bahan bakunya harus berasal dari ikan yang segar.

Dream - Ikan merupakan sajian kaya gizi. Rasanya juga sangat nikmat, apalagi jika diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Lalu disajikan dengan sambal kecap.

Kunci sajian ikan yang nikmat adalah bahan bakunya harus berasal dari ikan yang segar. Nah, bagaimana cara memilih ikan yang segar saat berbelanja? Perhatikan saja lima hal ini

Tidak berbau menyengat

Ikan segar terlihat baik secara bentuk dan berbau laut atau air. Ikan yang segar tak akan menimbulkan bau amis yang menyengat.

Kulitnya cerah dan mengkilap

Anda harus memperhatikan kulitnya. Apakah berkerut, kusam, dan pucat atau berwarna cerah dan mengkilap? Pilih ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengkilap dengan sisik yang tak rontok.

Insangnya segar

Lihat insang ikan, jika berwarna kemerahan cerah dan segar, tanda ikan tersebut segar. Jangan dibeli ikan yang sudah terlihat pucat, apalagi berlendir.

Dagingnya padat elastis

Jangan pilih ikan yang sudah lembek. Ikan yang segar dagingnya juga elastis dan padat sehingga tidak berubah bentuk ketika disentuh.

Matanya

Jangan memilih ikan yang matanya sudah buram. Ikan dengan mata yang masih hitam, menonjol dan terlihat jernih menandakan ikan dalam keadaan segar.

Laporan: Febi Anindya Kirana/ Liputan6.com

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik