5 Sayuran yang Lebih Baik Dimasak daripada Dimakan Mentah

Reporter :
Rabu, 21 November 2018 07:01
5 Sayuran yang Lebih Baik Dimasak daripada Dimakan Mentah
Zat penting didalamnya pun jadi lebih terserap tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan matang.

Dream - Banyak orang lebih suka mengonsumsi sayuran mentah. Hal ini lantaran teksturnya masih garing, serta rasa khasnya tetap terasa saat dimakan. Kandungan gizinya pun dipercaya lebih tinggi daripada sayuran yang telah dimasak.

Ternyata ada beberapa sayuran yang justru direkomendasikan untuk dimasak dulu sebelum dikonsumsi.

Alasannya, sayuran ini jika dikonsumsi dalam keadaan mentah bisa meningkatkan produksi gas dalam pencernaan yang bisa sangat menganggu.

Tak hanya itu, zat penting didalamnya pun jadi lebih terserap tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan matang.

Nah, apa saja sayuran tersebut?

Tomat

Buah yang biasa dijadikan sebagai lalapan ini ternyata tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan dalam keadaan mentah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, tomat melepaskan lebih banyak Lycopene (antioksidan melawan kanker) ketika dimasak.

Hawa panas saat proses memasak dapat memecah dinding sel, sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap nutrisi. Seorang ahli diet, Bonnie Taub-Dix mengatakan bahwa, memasak tomat dapat membantu mengeluarkan antioksidan melawan kanker lebih banyak daripada saat mengkonsumsi secara mentah.

" Ketika kamu menggunakan tomat kaleng, kamu mungkin menyerap lebih banyak lycopene daripada saat memakannya segar," ujar Taub-Dix.

Kacang Merah

Sangat penting untuk merendam kacang merah dan merebusnya. Jika tidak, kacang merah akan mengeluarkan haemagglutinin, racun yang dapat menyebabkan muntah dan diare. Untuk itu, hindari mengonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah.

1 dari 2 halaman

Bisa Dikukus atau Panggang

Brokoli, kubis dan kembang Kol

Menurut Scientific American, memasak sayuran Cruciferous (keluarga kubis) seperti brokoli, kembang kol, dan kol dapat melepaskan Indole, senyawa organik yang dapat melawan sel-sel pencegah kanker.

Memakan sayuran ini secara mentah akan menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang.

" Kamu bisa memakan sayuran ini mentah-mentah. Tetapi untuk mengurangi masalah pencernaan yang mungkin timbul, coba dalam jumlah kecil. Kunyah dengan baik. Dan jika tubuh kamu tidak menerimanya, jangan makan semuanya bersama-sama sekaligus," ujar Taub-Dix, pendiri BetterThanDieting.com

 Sayuran Lebih Lezat dan Istimewa dengan Dipanggang, Coba Yuk!

Wortel

Mengukus wortel dapat melepaskan kandungan karotenoid, antioksidan yang membantu fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan. Bagi kamu yang suka mengemil wortel mentah, cobalah beberapa variasi dengan mengukusnya atau memanggangnya.

2 dari 2 halaman

Tumis Secukupnya

Paprika

Paprika mengandung Lycopene dan asam Ferulat yang baik untuk tubuh. Memanggang atau menumis paprika dapat membantu menyerap lebih banyak vitamin, selama tidak berlebihan.

 Paprika

Menurut Taub Dix, hal ini dikarenakan vitamin C mudah dihancurkan oleh panas. Paprika yang dimasak sampai lunak biasanya akan mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada yang dimasak lebih lama.

" Anda akan menyerap lebih banyak vitamin A dari paprika yang ditumis ringan dalam minyak zaitun daripada dari sayuran mentah" ujarnya.

(Sah, Laporan Mega Rasmiyati/Sumber: This Is Insider)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik