Teknik Menggoreng dari Chef Biar Hasilnya Seperti di Restoran

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 28 Juni 2022 09:48
Teknik Menggoreng dari Chef Biar Hasilnya Seperti di Restoran
Bagi kamu yang suka memasak, pastikan tahu teknik ini.

Dream - Salah satu teknik memasak yang paling sering digunakan di Indonesia adalah menggoreng. Kita tinggalkan memanaskan minyak lalu mencelupkan bahan makanan dan menunggunya hingga kecokelatan atau garing.

Terdengar simpel, tapi ternyata ada teknik menggoreng yang tepat agar rasa dan tekstur yang dirasakan lebih nikmat. Chef Ken, seorang koki profesional, lewat akun Instagramnya @thebiggerchef, membagikan cara menggoreng yang benar. Bagi Sahabat Dream yang suka memasak, wajib mengetahuinya.

Pastikan suhu minyak cukup panas, sekitar 375 derajat fahrenheit atau 190,5. Jangan juga terlalu panas atau terlalu dingin.

" Gunakan minyak dengan a smoke point di atas 375 derajat fahrenheit. Jika terlalu panas, makanan dan minyak akan rusak. Jika suhunya terlalu rendah, makanan tak lekas masak dan menyerap banyak minyak," ungkap Chef Ken.

1 dari 4 halaman

Ia juga mengingatkan soal kadar air dalam bahan makanan. Hindari menggoreng bahan makanan yang masih basah, tiriskan dulu airnya.

" Make sure the food is dry. Makanan yang digoreng dalam kondisi basah pastinya akan mempengaruhi tingkat kematangannya," tulis Chef Ken.

Chef Ungkap Alasan Minyak Goreng Tak Boleh Digunakan Lebih dari 3 Kali© MEN

Lalu akan lebih baik jika menggoreng bahan makanan dalam potongan sedang atau kecil, jangan potongan besar. Hal ini akan berdampak pada suhu minyak dan hasil akhir.

" Cook in small batches. Ini dikarenakan setiap item yang dimasukkan ke dalam minyak yang akan menurunkan suhunya," pesannya.

Perhatikan juga sisa-sisa makanan di dalam minyak. Sisa makanan bisa menurunkan smoke point dari minyak pengaruhi rasa dari makanan. Bila memang setelah menggoreng banyak remahan makanan, saring dulu baru gunakan lagi untuk menggoreng.

2 dari 4 halaman

Bukan Digoreng, Telur 'Drama' Ini Disiram Minyak

Dream - Telur ceplok biasanya digoreng di atas mentega atau minyak panas. Pernah mencoba untuk mengolahnya dengan teknik masak disiram minyak? Viral di media sosial mengolah telur dengan cara disiram minyak panas.

Bukan Digoreng, Telur 'Drama' Ini Disiram Minyak© MEN

Olahan ini disebut Egg With Some Drama. Pemilik akun Instagram @baked.happily.ever.after membagikan video resepnya. Untuk membuatnya sangat mudah. Sahabat Dream ikuti saja resep berikut.

Bahan:
- 1 atau 2 butir telur
- 2-3 sendok makan minyak goreng
- 1 atau dua bawang putih cincang
- Sejumput wijen hitam
- Sejumput wijen putih
- Bubuk cabai secukupnya
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 sendok teh kecap asin/ garam

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat:

Telur drama© Instagram @baked.happily.ever.after


- Pecahkan telur dan taruh dalam mangkuk tahan panas
- Masukkan semua bumbu, kecuali kecap asin dan daun bawang
- Panaskan minyak goreng dalam wajan selama 2 menit
- Tuang minyak panas dalam mangkuk berisi telur dan diamkan hingga seluruh telur meletup
- Setelah selesai, siram dengan kecap asin dan taburi dengan daun bawang
- Telur " drama" siap disantap

4 dari 4 halaman
Beri Komentar