5-10 BUMN di Ujung Tanduk, Garuda Tauberes Akan Disuntik Mati

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 22 Februari 2020 07:01
5-10 BUMN di Ujung Tanduk, Garuda Tauberes Akan Disuntik Mati
Anak usaha BUMN yang bermasalah juga bakal kena semprit.

Dream - Menteri BUMN, Erick Thohir, dikabarkan akan melakukan likuidasi atau merger kepada 5 hingga 10 perusahaan pelat merah yang sekarat. Namun untuk saat ini bos ratusan perusahaan pemerintah ini masih enggan membeberkan nama-nama BUMN tersebut.

“ Ada 5 atau 10 perusahaan BUMN yang akan dimerger atau likuidasi. Saya tak bisa bicara detail sebelum itu pantas dibeberkan pada statement,” kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Menurut Erick, BUMN-BUMN tersebut sebetulnya sudah siap untuk dilikuidasi atau digabungkan dengan perusahaan pelat merah lainnya.

Namun kementerian BUMN hingga saat ini belum melakukan tindakan apapun karena harus menunggu terbitnya Peraturan Presiden untuk melikuidasi BUMN-BUMN sakit.

" Sebenarnya sudah tidak menunggu lagi. Tapi, payung hukumnya belum jelas," ujarnya. 

Sedikit bocoran, Erick mengungkapkan BUMN yang akan terkena aksi korporasi kementeriannya itu salah satunya merupakan perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di lantai bursa. 

" Ada perusahaan yang tertutup, ada perusahaan Tbk,” kata dia.

Tak hanya BUMN, ada juga anak usaha yang siap dicoret Erick. Salah satunya adalah Garuda Tauberes.

“ Hari ini yang sudah siap ada Garuda. Ada lima anak usahanya yang dianggap tidak dibutuhkan lagi atau tidak beres, salah satunya yaitu Garuda Tauberes,” kata dia.

1 dari 6 halaman

Jual Anak Usaha BUMN ke Daerah?

Erick juga melempar wacana untuk menjual anak atau cucu perusahaan kepada perusahaan daerah. Rencananya, perusahaan yang akan dijual ini punya pemasukan yang cukup baik, tapi bisnisnya tak sesuai dengan inti bisnis perusahaan.

“ Dari pada dimerger tapi bukan inti bisnisnya, tapi ditutup ada uangnya, ya mungkin saja diberikan kesempatan perusahaanya diambil perusahaan daerah atau UMKM yang pasti transparan dan kalau bisa bidding,” kata dia.

(Laporan: Rifani Indrianti)

2 dari 6 halaman

Kena Prank `Jokowi`, Lihat Ekspresi Menteri Erick Thohir

Dream - Menteri BUMN, Erick Thohir, menjadi korban prank presenter Najwa Shihab saat menjadi tamu di sebuah program acara yang dibawakannya. Erick datang bersama dua orang menteri dari kalangan generasi muda lainnya, Menteri Pariwisata, Wishnutama Kusubandio, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Dilihat dari akun Youtube Mata Najwa, Kamis 20 Februari 2020, keisengan tim kreatif Najwa Shihab dalam program Satu Dekade Mata Najwa itu bermula saat dia menanyakan tiga menteri tentang kementerian yang paling berat pekerjaannya.

Nadiem yang mendengar pertanyaan tersebut bereaksi dengan menggelengkan kepala dan tertawa, “ Wah ini susah,” kata dia. Reaksi yang hampir sama ditunjukan oleh Wishnutama yang tertawa pelan.

 

 © Dream

 

Sementara Erick yang memang sudah cukup lama masuk ke dunia pemerintahan menjawa pertanyaan tersebut dengan lebih serius. “ Saya sepakat dengan Mas Menteri (Nadiem), apalagi Mas Tama (Wishnutama) hari ini. Pariwisata lagi sangat berat,” kata dia. 

Melihat reaksi ketiga menteri muda di Kabinet Indonesia Maju tersebut, Najwa sempat menawarkan ketiganya untuk bertukar posisi pos kementerian.

“ Yang penting begini. Saya rasa semua tugas yang diberikan Pak Jokowi sangat berat di semua menteri. Karena mohon maaf, nih, bukan mengeluarkan kata-kata kasar, tapi bahwa beliau memang gila kerja,” kata Erick.

Selama menjadi anggota kabinet, Erick melihat sosok Presiden Jokowi sangat detail dan memastikan deadline-deadline yang telah ditetapkan harus tercapai. Meski bertukar posisi, setiap menteri pasti akan mendapatkan pekerjaan cukup berat dan dituntut untuk memberikan impact pada masyarakat.

" Beliau sampaikan di pidato-pidatonya tidak hanya send, tapi juga deliver. Bagaimana kita ini tidak hanya wacana, tetapi juga kerja-kerja yang konkret. Jadi berat,” kata dia.

“ Gila kerja, ya, Pak Jokowi?” balik Najwa bertanya pada Erick.

“ Saya rasa, ya,” jawab Erick.

“ Gila?” tanya Najwa sekali lagi untuk menegaskan jawaban dari Erick Thohir.

Mendengar pertanyaan itu, penonton tertawa. Nadiem juga menggelengkan kepala sambil tertawa, “ Nggak.”

3 dari 6 halaman

Lho, Ada Suara Jokowi?

Di tengah perbincangan seriu tersebut, sempat terdengar suara Joko Widodo (Jokowi) tertawa. “ Mosok begitu."

Suara tersebut ternyata tidak disadari oleh Erick. Dia melanjutkan jika rapat terbatas selama empat bulan terakhir sering dilakukan presiden. Bahkan, Kementerian BUMN hampir selalu diundang mengikuti rapat ini.

 Mendadak muncul suara `Jokowi`© Akun Youtube Mata Najwa

 “ Bayangkan saja, empat bulan berapa ratas. Apalagi kita, Kementerian BUMN, setiap ratas ikut. Mas Menteri ini (mengacu ke Wishnutama) lumayan,” kata Erick.

" Jadi, nggak enak, ya, kerja sama Pak Jokowi?” tanya Najwa.

“ Saya rasa… Hahahaha,” jawab Erick.

“ Enak nggak kerja sama Pak Jokowi?” tanya Najwa sekali lagi.

Tidak menjawab, Erick justru mencolek Wishnutama. “ Beliau nonton, lho. Tadi bukannya left?” kata dia berusaha mencairkan ketegangan.

4 dari 6 halaman

Wah, Erick Kena Hukum dan Diberi Kuis

Tiba-tiba Najwa mengatakan bahwa timnya telah menghubungkan sambungan telepon dengan Presiden Jokowi. Mendengar perkataan wanita yang akrab dipanggil Nana, Erick terkejut sampai-sampai mulutnya ternganga.

“ Karena kita sudah terhubung dengan sosok suara yang mau kita klarifikasi. Selamat malam. Menterinya bilang capek, gila kerja, ratas terus-menerus, Pak,” kata Najwa.

“ Hehehe, masak gitu sih,” jawab Jokowi sambil terkekeh. 

 Erick Thohir terkejut ada suara `Jokowi`© Akun Youtube Mata Najwa

“ Ini dari tadi rusuh di grup WhatsApp dan Satu Dekade Mata Najwa mas-mas bro menteri ini. Enaknya diapain, ya, Pak?” tanya Najwa.

“ Gini aja, sebutkan masing-masing, sebutkan saja tiga nama ikan. Tiga saja hayoo,” kata dia.

“ Nama ikan, ya, Pak?” tanya Najwa.

Kemudian, Erick ditunjuk untuk menyebutkan tiga nama jenis ikan. “ Ikan cupang, ikan koki, ikan gurame,” jawab dia santai.

Menjawab tepat pertanyaan presiden, Erick dijanjikan hadiah sebuah sepeda.

5 dari 6 halaman

Eh Nggak Tahunya Kena Prank

Usai jawaban tersebut, Najwa mempersilakan Jokowi untuk bergabung ke atas panggung. Sosok pemilik suara Jokowi ternyata bukan presiden yang selama ini dikenal ketiga menteri muda tersebut. 

Sepanjang acara tersebut, suara Jokowi dicapkan seorang anak SMA bernama Febrian. Dia adalah siswa SMAN 4 Jakarta Pusat yang dikenal bisa menirukan suara Jokowi dengan mirip.

 Ini sosok di balik suara Jokowi© Akun Youtube Mata Najwa

Melihat “ Jokowi” masuk, ketiga menteri dan penonton tertawa. Febrian langsung menyalami Nadiem, Wishnutama, dan Erick. Saat bersalaman dengan Erick, Febrian ditanya asal sekolahnya.

“ Sekolah di mana?” tanya dia.

X

6 dari 6 halaman

Deg-degan

Najwa bertanya kepada Febrian soal perasaannya menirukan suara Jokowi. Pelajar ini mengaku berdebar-debar.

“ Deg-degan,” kata dia.

“ Kalau Pak Jokowi gila kerja. Kalau kamu, gila belajar?” tanya Najwa.

“ Ya lumayan,” kata dia.

Najwa meminta Febrian untuk memberikan pesan kepada tiga orang menteri. “ Pak Nadiem, Pak Keren. Pak Wishnu, mantap, Pak. Pak Erick, jangan lupa pakai akhlak,” kata Febrian.(Sah)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair