10 Pencakar Langit Termahal Sejagat (I)

Reporter : Syahid Latif
Senin, 8 Desember 2014 08:08
10 Pencakar Langit Termahal Sejagat (I)
Bukan Burj Al Khalif atau menara Petronas. Siapa pemeganug rekor pencakar langit termahal dunia?

Dream - Semua penduduk bumi dapat langsung menjawab Burj Al Khalifa sebagai menara pencakar langit tertinggi di dunia. Namun coba jawab mana gedung tertinggi dunia termahal di dunia?

Semakin tinggi gedung pencakar langit, biaya untuk membangunnya pun meningkat. Namun tak selama gedung tertinggi menjadi bangunan termahal di dunia.

Beberapa gedung pencakar langit terbaru di dunia tidak hanya semakin tinggi, mereka juga lebih menarik dan dilengkapi teknologi terbaru, dibangun dengan bahan terbaru, dan dirancang menggunakan konsep berkelanjutan.

Emporis, sebuah perusahaan database informasi tentang bangunan dan konstruksi terkenal yang berbasis di Jerman, mengumpulkan daftar 10 gedung pencakar langit yang paling mahal di dunia.

Mengutip laporan Businessinsider, Senin, 8 Desember 2014, berikut adalah 10 menara pencakar langit termahal di dunia:

1 dari 5 halaman

10. Chifley Tower

10. Chifley Tower

Lokasi: Sydney, Australia

Chifley Tower digunakan untuk kantor dan ritel dan merupakan salah satu gedung 'paling bergengsi' di Australia. Sebuah bandul baja 400 ton tergantung di lantai atas bangunan yang berfungsi menahan bangunan agar tidak bergoyang saat angin besar. Chifley Tower selesai pada tahun 1992 dan tingginya 800,85 ft. Pembangunan Chifley Tower menelan dana US$1 miliar. (Ism)

2 dari 5 halaman

9. Bank of America Tower

9. Bank of America Tower

Lokasi: New York, Amerika Serikat 

Dengan tinggi 1.2000,01 ft, gedung ini selesai pada 2009 dan menelan dana US$1 miliar. Bank of America Tower adalah bangunan tertinggi ke-4 di NYC dan digunakan sebagai kantor komersial. Bangunan ini memiliki fasilitas pengolah air hujan dan memiliki sistem untuk mematikan lampu siang hari otomatis. (Ism)

3 dari 5 halaman

8. Elbphilharmonie

8. Elbphilharmonie

Lokasi: Hamburg, Jerman

Gedung yang masih dalam pembangunan ini menelan dana US$1,03 miliar. Dengan tinggi 360,89 ft, Elbphilharmonie diperkirakan selesai pada 2016. Elbphilharmonie dibangun di atas bekas fasilitas penyimpanan dan menggunakan basis struktur asli. Bangunan ini akan memiliki perumahan, hotel, dan ruang konser. (Ism)

4 dari 5 halaman

7. Capital Green

7. CapitaGreen

Lokasi: Singapura

Dibangun dengan dana US$1,4 miliar, CapitaGreen selesai pada tahun 2014 dan tingginya 793,96 ft. Sebagian besar fasad bangunan ini ditutup oleh tanaman. Sementara atapnya memiliki 'hutan angkasa'. Udara sejuk yang dihasilkan hutan buatan tersebut akan disebarkan di ruang-ruang di bawahnya sebagai pendingin alami. (Ism)

5 dari 5 halaman

6. Sheraton Huzhou Hot Spring Resort

6. Sheraton Huzhou Hot Spring Resort

Lokasi: Huzhou, Tiongkok

Tingginya hanya 330 ft, resort ini selesai dibangun pada tahun 2013 dan menelan biaya US$1,5 miliar. Resort, yang dirancang oleh MAD Architects, akan menyala di malam hari dan dimaksudkan untuk menyerupai bulan terbit di atas Danau Tai. Setiap kamar di hotel ini dirancang untuk mendapatkan sinar sepanjang waktu dari segala arah. (Ism)

Beri Komentar