10 Trik Psikologis yang Bisa Bikin Kamu Jadi Rekan Kerja Menyenangkan

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 22 Maret 2022 08:35
10 Trik Psikologis yang Bisa Bikin Kamu Jadi Rekan Kerja Menyenangkan
Padahal, dengan menerapkan trik psikologis ini dapat membantu menciptakan hubungan yang lancar dengan orang-orang di sekitar.

Dream - Berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain terkadang menjadi suatu tantangan bagi beberapa orang. Terkadang intelegensi yang di atas rata-rata tak lantas membuat hubungan seseorang dengan teman atau rekan kerja bisa terjalin dengan baik.

Banyak orang yang berpikir kunci dari menjalin hubungan adalah dengan menampilkan prestasi atau cara berbicara yang telah terlatih. Padahal gesture tubuh juga ikut menentukan apakah seseorang berhasil menciptakan orang di sekitarnya menjadi nyaman. 

Terkadang cara kita berdiri atau posisi duduk bisa menentukan bagaimana orang akan menilai diri kita. Trik psikologis inilah yang harus juga diketahui agar dapat membantu menciptakan hubungan yang lancar dengan orang-orang di sekitar Sahabat Dream

Melansir dari Bright Side, berikut adalah beberapa trik yang dapat membantu Sahabat Dream dalam menciptakan komunikasi yang baik dengan orang lain.

1. Duduklah di Sampingnya

Jika Sahabat Dream ingin bertemu seseorang, tempatkan diri kalian di samping orang tersebut. Kesan menantang dapat diantisipasi dengan hal ini. Hindari duduk di seberang atau di depan seseorang, terutama di ruang konferensi atau meja kantor, karena dapat membuat orang lain merasa terancam.

Sahabat Dream dapat menerapkan ini tidak hanya di tempat kerja tetapi juga dalam pertemuan keluarga, seperti jamuan makan malam.

1 dari 5 halaman

2. Pertahankan postur tubuh

Power Posture atau pose adalah bahasa tubuh yang mengatur bagaimana kita berpikir dan merasa tentang diri kita sendiri. Dengan mengambil ruang dan membuat sikap yang kuat yang didasari pemikiran positif, dapat membuat diri kita merasa kuat dan percaya diri.

Penelitian menunjukkan bahwa sudah banyak orang yang mengambil pose yang kuat akan merasa lebih percaya diri dan tampil lebih baik dalam wawancara dibanding mereka yang tidak. 

3. Pilih warna pakaian yang tepat

Simpel Minimalis, Padu Padan Outfit Navy ala Dian Ayu Lestari© MEN

Warna pakaian yang Sahabat Dream kenakan mencerminkan kepribadian. Warna Navy atau warna biru dongker mampu hadirkan nuansa wibawa, kehangatan dan kepercayaan diri yang tinggi.

Sementara warna abu-abu memberi kesan elit, berkelas dan dapat diandalkan, dan warna hitam biasanya mewakili kalangan kelas atas dan berkelas.

2 dari 5 halaman

4. Tatap mata lawan bicara

Dalam percakapan, menatap mata lawan bicara merupakan tanda yang menunjukan perhatian kita pada obrolan tersebut. Tapi ingat, sebagian orang ada yang merasa tidak nyaman ketika lawan bicaranya melakukan kontak mata.

Menurut sebuah penelitian, Sahabat Dream dapat mencoba seakan sedang menilai warna mata orang lain saat menatapnya. Ini akan membuatnya terasa natural dan tidak canggung.

5. Ingat nama lawan bicara

5 Tips dan Trik Memperkuat Daya Ingat Anak© MEN

Ada sebagian orang yang daya ingatannya buruk terutama dalam mengingat sebuah nama. Hal ini tentu menimbulkan kesan tidak nyaman dalam percakapan. Jika Sahabat Dream lupa akan nama seseorang, cobalah mengingatnya terlebih dahulu sebelum menanyakannya.

Dengan mengetahui nama lawan bicara, ini merupakan tanda bahwa seseorang memperhatikan apa yang kalian katakan dan bahwa mereka mengingat kalian. Sikap semacam ini akan membuat Sahabat Dream lebih disukai dan populer di kalangan orang yang ditemui.

3 dari 5 halaman

6. Amati arah mata lawan bicara saat tertawa

Meniru Bahasa Tubuh Lawan Bicara, Tanda Berbohong© MEN

Dengan mengamati arah mata lawan bicara ketika dia tertawa dapat mengungkapkan sebuah rahasia. Saat kalian sedang berbaur dalam sebuah kelompok dan ingin tahu siapa saja yang sudah saling kenal, coba amati dengan siapa mereka tertawa.

Kuncinya adalah memperhatikan siapa yang mereka lihat pertama kali ketika mereka tertawa. Dengan mengetahui hal ini, Sahabat Dream tentu bisa memetakan dengan siapa kalian harus berbicara dan topik apa yang boleh dibicarakan dan yang tidak.

7. Kurangi pilihan jika tidak bisa memilih

Sebagian orang mungkin merasa lebih baik ketika memiliki banyak pilihan, namun kenyataannya hal itu justru membuat Sahabat Dream kesulitan dalam memutuskan sesuatu.

Untuk membantu dalam membuat keputusan yang baik, cobalah kurangi pilihan hingga maksimum 4. Cara seperti ini akan memungkinkan Sahabat Dream untuk mempertimbangkan setiap opsi dengan hati-hati dan memastikan bahwa kalian telah membuat keputusan yang tepat.

4 dari 5 halaman

8. Meminta bantuan seseorang

Membantu atau melakukan kebaikan untuk orang lain adalah hal yang baik. Semua kita tentu paham akan hal ini. Nah, kali ini ada satu trik sederhana untuk mengetahui seseorang itu menyukai kita atau tidak.

Cobalah meminta bantuan kecil dari mereka. Melakukan hal itu menunjukkan bahwa kalian cukup memercayai dan menghargai mereka, dan pada gilirannya akan membuat mereka senang karena telah membantu Sahabat Dream.

9. Menyilangkan tangan dan kaki

Bahayakah Duduk dengan Menyilangkan Kaki?© MEN

Menyilangkan tangan dan kaki memiliki dua makna. Pertama, ketika Sahabat Dream ingin mencegah seseorang untuk mendekat. Makna yang kedua, menyilangkan tangan dan kaki untuk membentuk penghalang antara kalian dan lawan bicara.

5 dari 5 halaman

10. Berjabat tangan

Tips Memilih Warna Busana yang Tepat untuk Wawancara Kerja, Jangan Sampai Salah Pilih© MEN

Fakta mengugkapkan bahwa tidak ada orang yang ingin memulai percakapan dengan perasaan dingin. Nah biasanya, orang-orang selalu berjabat tangan saat bertemu atau mengobrol dengan orang asing. Untuk memberi kesan hangat, gosoklah telapak tangan agar terasa panas ketika berjabat tangan.

Salah satu kualitas jabat tangan yang baik adalah tangan yang hangat. Hal ini menunjukkan suasana yang bersahabat, sedangkan jabat tangan yang dingin dapat menimbulkan suasana ketidakpercayaan.

Beri Komentar