16 Manfaat Perdagangan Internasional yang Sama-Sama Menguntungkan bagi Setiap Negara

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 7 Desember 2021 16:35
16 Manfaat Perdagangan Internasional yang Sama-Sama Menguntungkan bagi Setiap Negara
Manfaat perdagangan internasional tidak hanya berdampak pada pendapatan negara saja, namun juga turut membuka peluang kerja dan menjaga hubungan baik antarnega.

Dream - Manfaat perdagangan internasional sangat penting untuk diketahui bersama agar sektor ekonomi suatu negara mampu berjalan secara maksimal. Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan jual-beli antara dua negara atau lebih. Aktivitas perdagangan internasional menjadi satu di antara sektor yang mampu meningkatkan sektor ekonomi suatu negara.

Perdagangan internasional bisa dijadikan motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sebab, manfaat perdagangan internasional tidak hanya berdampak pada pendapatan negara saja. Namun manfaat perdagangan internasional juga turut membuka peluang kerja, menjaga hubungan baik antarnegara, serta meningkatkan kemakmuran masyarakatnya.

Selain itu, manfaat pedagangan internasional juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada di negara yang menjalin hubungan kerja sama. Hal ini menunjukkan manfaat perdagangan internasional akan sama-sama menguntungkan bagi pihak-pihak yang bergabung dan bekerja sama.

Dilansir materiips.com, berikut beberapa manfaat dari perdagangan internasional bagi ekonomi suatu negara.

1 dari 6 halaman

1. Mempererat Hubungan Antarbangsa

Manfaat dari perdagangan internasional yang pertama adalah mempererat hubungan antarbangsa. Setiap negara yang tergabung dalam kerja sama pedagangan internasional akan mempunyai rasa membutuhkan satu sama lain sehingga rasa persahabatan pun akan tumbuh.

Akibatnya, hubunga antar negara pun akan menjadi semakin harmonis karena antar negara saling memberikan keuntungan bagi negara yang tergabung dalam kerja sama tersebut.

2. Negara Semakin Makmur

Manfaat dari perdagangan internasional yang perlu kamu ketahui adalah membuat negara yang tergabung semakin makmur.

Hal ini terjadi lantaran jika terdapat suatu negara yang kekurangan atau kelebihan barang maka yang kekurangan akan membeli dan yang kelebihan akan menjual sehingga pendapatan negara menjadi meningkat. Perlu diketahui bersama, satu di antara ukuran kemakmuran suatu negara terletak dari kesejahteraan ekonominya.

3. Memperluas Kesempatan Kerja

Perdagangan internasional juga bermanfaat bagi pemasaran barang. Sebab dengan adanya perdagangan internasional, pemasaran barang suatu negara akan semakin luas. Hal ini menjadi penyebab naiknya permintaan barang untuk diekspor ke berbagai negara.

Naiknya permintaan jumlah produksi, tentu saja akan makin banyak membutuhkan sumber daya manusia sehingga tercipta kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat.

2 dari 6 halaman

4. Menambah Devisa Negara

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya adalah akan meningkatkan devisa negara. Ketika suatu perusahaan mengekspor barang maka akan mendapatkan bayaran berupa mata uang asing dari negara pembeli.

Nah, mata uang asing itulah yang disebut sebagai devisa negara. Semakin luas pemasaran barang suatu negara maka akan semakin banyak pula devisa yang akan didapatkan.

5. Memperoleh Barang yang Tidak diproduksi di Negeri Sendiri

Manfaat dari perdagangan internasional yang tak kalah penting adalah suatu negara bisa mendapatkan barang yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh negaranya. Sebab setiap negara pasti memiliki kondisi SDM dan SDA yang berbeda-beda. Tentu saja hal itu akan berdampak pada produksi suatu negara. Dengan adanya perdagangan internasional, kegiatan ekspor-impor barang yang tidak bisa dipoduksi oleh negara sendiri dapat diperoleh dari negara lain. Hal ini akan mempermudah suatu negara dalam memnuhi kebutuhan masyarakatnya.

6. Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan

Terkadang produsen dalam negeri tidak mampu mengotimalkan produksi karena takut kelebihan barang produksi yang tidak laku.

Akan tetapi dengan adanya perdagangan internasional, hal itu tidak akan terjadi. Karena kelebihan produksi tersebut akan dikirim ke negara-negara yang masih kekurangan produksi. Sehingga para pengusaha bisa memperluas pasar dan memroduksi barang sebanyak-banyaknya tanpa takut rugi.

3 dari 6 halaman

7. Transfer Teknologi Modern

Manfaat dari perdagangan internasional juga bisa membuat produsen mempelajari teknik produksi yang lebih efisien yaitu dengan memakai teknologi modern. Alhasil, manfaat dari perdagangan internasional dapat menjadi unsur-unsur budaya dalam pelajaran atau masukan bagi pengusaha yang belum memiliki teknologi modern.

8. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Persaingan dalam perdagangan internasional merupakan hal yang lumrah. Hal itu justru menjadikan setiap negara ingin menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

Sehingga akan mendorong suatu negara untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi menciptakan produk yang berkualitas tinggi dibanding negara lain.

9. Mudah Memperoleh Barang dengan Harga Lebih Murah

Melalui perdagangan internasional, pembeli bisa mendapatkan berbagai barang yang harganya sangat murah, tetapi memiliki kualitas yang baik. Jika bisa mendapatkan barang bagus dengan harga murah tanpa memroduksi sendiri, tentu mengimpor barang dari luar bisa menjadi pilihan.

4 dari 6 halaman

10. Mendorong Kegiatan Ekonomi Dalam Negeri

Ilustrasi© Unsplash.com

Adanya perdagangan internasional membuat produksi dalam negeri akan meningkat supaya hasil ekspor bisa semakin meningkat pula. Dengan begitu, para pengusaha dalam negeri akan berlomba dalam memproduksi barang dan akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

11. Meningkatkan Investasi

Selain itu, adanya perdagangan internasional, suatu negara bisa menarik para investor untuk menanamkan saham. Dengan menunjukkan hasil produksi berkualitas tinggi, akan banyak investor yang ingin menginvestasikan modalnya.

Semakin banyak investor yang menanamkan saham maka akan semakin meningkat pula pembangunan dan perekonomian. Dengan banyaknya investor, dapat juga menambah lapangan kerja. Dengan banyak lapangan kerja maka pengangguran akan makin berkurang.

12. Mencegah Perdagangan Barang yang Membahayakan

Manfaat dari perdagangan internasional juga bisa mencegah terjadinya penjualan barang-barang yang membahayakan, seperti senjata, obat-obatan terlarang, hewan langka, atau barang lain yang membahayakan.

Maka dari itu setiap negara di dunia memiliki bea cukai, hal ini untuk memeriksa setiap barang yang datang, apakah barang tersebut aman atau membahayakan. Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk melihat pajak barang tersebut, dan untuk memastikan apakah barang itu legal atau ilegal.

5 dari 6 halaman

13. Menciptakan Harga yang Stabil

Manfaat dari perdagangan internasional juga bisa menstabilkan harga dan ketersediaan barang demi kebutuhan negara-negara yang tergabung dalam kerja sama. Sebab ada fenomena jika suatu negara tidak bisa memroduksi suatu barang atau barnag tersebut sulit didapatkan maka harganya cenderung akan naik.

Adanya perdagangan internasional, situasi tersebut tidak akan terjadi karena barang yang sulit didapatkan, bisa diimpor dari negara lain sehingga harga menjadi tetap stabil.

14. Mempererat Hubungan Politik

Selain bermanfaat pada berbagai bidang ekonomi, perdagangan internasional juga memiliki manfaat pada bidang politik. Sebab, perdagangan internasional dapat mempererat hubungan politik setiap negara. hal ini menyebabkan rasa persahabatan makin erat.

6 dari 6 halaman

15. Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat dari perdagangan internasional juga sangat membantu meningkatkan daya saing ekonomi. Perdagangan internasional akan menciptakan persaingan setiap negara yang tergabung dalam kerja sama internasional. Persaingan yang tercipta haruslah persaingan yang sehat. Persaingan ini dapat dilakukan melalui meningkatnya kemampuan produsen bagi setiap negara.

16. Mengenal Berbagai Mata Uang Negara Lain

Perdagangan internasional tentu akan memunculkan proses ekspor-impor. Dengan adanya kegiatan tersebut suatu negara akan mengetahui berbagai macam mata uang dari negara lain yang tergabung dalam kerja sama.

Beberapa mata uang yang dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan internasional, di antaranya dolar Amerika Serikat dan poundsterling Inggris.

Beri Komentar