4 Bisnis Jelang Idul Adha yang Patut Kamu Jajal

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 8 Agustus 2018 09:42
4 Bisnis Jelang Idul Adha yang Patut Kamu Jajal
Lumayan untuk menambah tabungan.

Dream – Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada 22 Agustus 2018. Saat “ Hari Raya Haji”, ada tiga hal yang tak bisa dipisahkan, yaitu sholat Idul Adha, pelaksanaan ibadah haji, dan berkurban bagi yang mampu.

Menjelang perayaan Idul Adha, tak jarang melihat penjual dadakan.

Ya, momentum Idul Adha ini bisa memberikan rezeki yang melimpah bagi banyak orang. Ada beragam peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi tabungan.

Kalau kamu jeli, ada empat bisnis yang bisa kamu garap menjelang Lebaran Haji, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 8 Agustus 2018.

1 dari 4 halaman

Jual Beli Hewan Kurban

Bisnis yang pertama ini cukup menjanjikan. Banyak orang yang mencarti hewan ternak untuk dikurbankan. Nah, kamu bisa menjual sapi, kambing, domba, atau kerbau. Carilah peternakan yang hewannya sehat dan tidak cacat.

Modalnya lumayan banyak. Satu ekor kambing modalnya bisa mencapai Rp2 juta, sedangkan sapi atau kerbau bisa Rp20 juta per ekor (bergantung ukuran). Tapi, keuntungannya juga lumayan.

Kalau tak punya lahan kosong atau halaman untuk menampung hewan kurban, kamu bisa menjadi broker alias pemasar hewan kurban. Kamu akan mempertemukan penjual dan pembeli.

2 dari 4 halaman

Perlengkapan Ibadah dan Baju Muslim

Nah, bisnis kedua yang menjanjikan adalah perlengkapan ibadah dan busana Muslim. Kamu bisa menjual perlengkapan sholat seperti sarung, mukena, sajadah, atau kopiah. Untuk baju Muslim, kamu bisa menjual baju Muslim keluarga yang punya warna seragam.

Baju keluarga ini lebih laku di pasar karena harganya lebih murah. Misalnya 1 keluarga ada 4 orang, yaitu 1 koko untuk suami, 1 baju gamis untuk istri, dan 2 baju koko untuk anak laki-laki. Sebelum jualan, lebih baik kamu berburu model terkini yang sedang hits.

3 dari 4 halaman

Peralatan Sate

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa Idul Adha identik dengan olahan daging kurban, misalnya mengolah daging kambing menjadi sate. Melihat peluang ini, biasanya 1-2 minggu sebelum hari-H, banyak orang menjual peralatan sate, seperti arang, batok kelapa, dan tusuk sate.

Sahabat Dream bisa memanfaatkan peluang ini. Selain banyak dicari orang, bisnis peralatan sate juga murah meriah. Agar lebih murah, kamu bisa mencari dalam jumlah grosiran. Supaya lebih menarik, bisa juga jualan dengna menawarkan paket peralatan sate yang lengkap—jangan lupa didiskon ya.

4 dari 4 halaman

Bumbu Masak Siap Pakai

Buat kamu yang jago masak, jangan lewatkan peluang ini. Kamu bisa menggunakan keterampilan memasak untuk membuat bumbu makanan sajian Idul Adha, seperti gulai, tongseng, dan rendang. Dengan bumbu masakan buatanmu, kamu bisa menyasar ibu rumah tangga yang tak mau repot untuk membuat bumbu masakan.

Gunakanlah siste preoder untuk jualan bumbu masak siap pakai karena racikan bumbu masak ini harus menggunakan bahan-bahan segar. Meskipun sudah dimasukkan ke lemari pendingin, bumbu masak tidak bisa bertahan lama.


(ism, Sumber: Liputan6.com/Fitriana Monica Sari)

 

Beri Komentar