5 Pertanyaan Pindah KPR ke Bank Syariah Paling Sering Diajukan, Ini Jawabannya!

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 25 September 2018 15:15
5 Pertanyaan Pindah KPR ke Bank Syariah Paling Sering Diajukan, Ini Jawabannya!
Salah satunya jadi pertanyaan kamu selama ini?

Dream - Mau membeli rumah tapi khawatir tak sanggup membayar cicilannya? Sudah punya rumah tapi selalu cemas tingkat suku bunga terus naik? Sahabat Dream pernah atau sedang mengalami hal yang sama.

Tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia memang terus naik bahkan sudah kembali ke posisi dua tahun yang lalu. Catatan Bank Indonesia menunjukan tingkat BI 7-day Repo Rate, yang kini jadi acuan suku bunga, berada di level 5,50 persen. Angka yang sama pernah diberlakukan pada 21 April 2016.

Melihat situasi itu tak heran jika masyarakat menunda membeli rumah sampai bunga kembali turun. Tapi sampai kapan? Solusi lain adalah mencari pinjaman dengan mengajukan pembiayaan ke bank syariah.

Berbeda dari bank konvensional, bank syariah tak memberlakukan bunga. Hal yang diharamkan karena termasuk riba. Nasabah bank syariah bertransaksi menggunakan prinsip akad murabahah.

Dengan sistem ini, nasabah dikenakan cicilan tetap selama masa tenor. Bank juga tak mengenakan pinalti jika nasabah terlambat atau menunggak pembayaran.

Meski menguntungkan karena hati lebih tenang, ternyata masih banyak nasabah yang belum memahami pembiayaan syariah.

 Rumah KPR Syariah

Dream bersama CIMB Niaga Syariah sejak pertengahan bulan ini telah membuka pertanyaan untuk Sahabat Dream yang penasaran dengan pembiayaan pemilikan rumah lewat bank syariah.

Berikut lima pertanyaan yang paling banyak diajukan dan jawaban dari tim CIMB Niaga Syariah:

Pertanyaan I: Apakah KPR di bank konvensional bisa dipindahkan ke KP Syariah? Bisakah sekalian mengajukan Top up?

Jawaban: Tentu saja Bisa, Namun hanya terbatas KPR Konvensional dari Bank lain saja, bukan dari KPR Konvensional CIMB Niaga.

Bisakah sekalian mengajukan top up?

Jawaban: Bisa, saat pengajuan awal Nasabah langsung mengisi form aplikasi untuk Takeover dan sekaligus pengajuan Top Up.

Ilustrasi Perhitungan Top Up :
KPR Sebelumnya
Harga Rumah : 1.000.000.000
Plafond KPR : 800.000.000
O/S KPR : 600.000.000

Saat Pengajuan
Harga Rumah saat ini (berdasarkan appraisal) : 1.200.000.000
Plafond Maksimal yg bisa diberikan (LTV 80%) : 840.000.000
Top Up yang diberikan : 960.000.000 - 600.000.000 = 360.000.000

Pertanyaan II: Bagaimana prosedur dan biaya memindahkan KPR konvensional ke syariah?

Jawaban: Pemindahan KPR bisa di awali dengan mengisi aplikasi KPR Take Over, kemudian menyiapkan dokumen persyaratan sbb :
1. Data Pribadi (Copy KTP,KK, Akte Nikah, NPWP Pribadi)  
2. Data Penghasilan (Surat keterangan kerja, Slip Gaji 3 Bulan dan Copy rekening Gaji 3 Bulan)
3. Data Jaminan ( Copy Sertifikat Jaminan SHGB/SHM, Copy IMB, Copy PBB Tahun 2018 dan juga Konfirmasi sisa Outstanding/ Hutang dari Bank yang akan ditakeover

Apakah ada jangka waktunya?

Jawaban: Minimal Tenor 2 Tahun dan Maksimal Tenor bisa sampai 25 Tahun atau Usia Pensiun 55 Tahun untuk karyawan dan 65 Tahun untuk pengusaha

1 dari 1 halaman

Bisakah Ajukan KPR Syariah Tanpa Uang Muka?

Pertanyaan III: Bisakah wiraswasta mengajukan KPR Syariah tetapi tidak punya uang muka?

Jawaban: Untuk pembelian property wajib ada minimal uang DP (downpayment) mulai dari 5% untuk developer kerjasama atau mulai DP 15% untuk pembelian di Developer Non-Kerjasama atau Secondary

 KPR Syariah CIMB Niaga Syariah

Pertanyaan IV: Dapatkan memindahkan KPR konvensional tanpa melunasi KPR di bank sebelumnya?

Jawaban: Bisa, Untuk memindahkan KPR melalui pengajuan Takeover, pelunasan KPR dibank sebelumnya akan dilunasi dari uang pencairan pembiayaan Bank Cimb Niaga Syariah, sehingga Nasabah tidak perlu Melunasi Hutang KPR menggunakan dana Nasabah.

Pertanyaan V: Dapatkan mengajukan KPR di luar kota domisili sesuai KTP?

Jawaban: Bisa, Selama domisili Rumah dan Kantor debitur berada di Kota Besar atau berada diwilayah coverage Cabang KPR Cimb Niaga

Masih punya pertanyaan lain yang masih mengganjal, ajukan saja pertanyaan kamu di sini. Lima orang penanya terbaik akan mendapatkan hadiah dengan total Rp3 juta dari CIMB Niaga Syariah. Pertanyaan diterima maksimal sampai tanggal 28 September 2018.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone