5 Situasi yang Buat Karyawan Baru Merasa Canggung

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 1 Maret 2018 11:45
5 Situasi yang Buat Karyawan Baru Merasa Canggung
Kamu pernah mengalaminya?

Dream – Sahabat Dream, pernah merasa awkward di perusahaan baru ketika pertama kali berkantor? Misalnya, ingin berbaur dengan karyawan lama, tapi agak gimana gitu.

Tak menyapa juga nanti dikira sombong. Selain menyapa, ada juga, lo, situasi yang membuat Anda merasa salah tingkah di perusahaan baru.

Yang pertama, memahami budaya perusahaan. Ini bisa membuat Sahabat Dream merasa canggung, misalnya memahami jam kerja, etiket rapat, membayar e-mail kantor, bahkan sampai dress code.

Ke dua, berkata tidak. Biasanya karyawan baru mengatakan “ ya”, “ tentu”, “ saya akan mengerjakannya”. Berkata “ ya” tak melulu baik untuk pekerjaan Anda. Ada kalanya untuk berkata tidak. Namun, karyawan baru sulit untuk mengatakan ini karena ingin memberikan citra baik kepada perusahaan.

Ke tiga, memberikan umpan balik kepada bos. Ada kalanya pimpinan bertanya kepada karyawan untuk suatu masalah untuk perusahaan dan tim, termasuk kepada karyawan baru. Nah, untuk newbie, perasaan awkward biasanya merayap ketika pimpinan meminta solusi.

Ke empat, mengakui tak bisa bekerja sendiri akan membuat Anda seolah-olah membuat kesan yang tidak baik. Begitu pula dengan bekerja sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain. Itu juga tidak baik.

Ke lima itu, “ membela diri”. Karyawan baru akan merasa canggung ketika menjelaskan sesuatu buruk yang menimpa diri kepada atasan. Contohnya, membela diri ketika ada yang mencopet Anda ke dalam bus.

Sumber: The  Muse.

Beri Komentar