Bukan Uang, Ini Definisi Sukses Versi para Miliarder

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 24 Februari 2018 07:01
Bukan Uang, Ini Definisi Sukses Versi para Miliarder
Coba tebak...

Dream – Warren Buffet, Bill Gates, dan Richard Branson adalah tiga orang tajir melintir. Selain banyak duit, ketiga orang ini juga sukses berkarier.

Brandson sukses mengembangkan Virgin Group, Buffet dengan Berkshire Hathaway, dan Gates dengan Microsoft

Meskipun terbilang sukses (banget), mereka tak memandang kesuksesan dengan uang. Lalu dengan apa?

Dilansir dari CNBC, Sabtu 24 Februari 2018, menurut Buffet, Gates, dan Brandson, kesuksesan diukur dari seberapa bahagia diri Anda dan orang-orang di sekitar.

“ Warren Buffet selalu mengatakan ukuran sukses ini adalah orang-orang di sekitar bahagia dan mencintai Anda,” kata Gates di forum Ask Me Anything di Reddit.

Kemudian, Gates mengatakan komponen sukses kedua adalah Anda sukses membuat perbedaan. Misalnya menemukan sesuatu, menumbuhkembangkan anak, atau menolong orang-orang yang membutuhkan.

Inilah yang menjadi alasan suami dari Melinda Gates mendirikan yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation.

Definisi sukses Buffet juga serupa dengan Gates. Bersama dengan Gates, Buffet mendirikan organisasi amal yang bernama The Giving Pledge.

Bagaimana dengan Brandson? Bos maskapai Virginia Airlines ini mendefinisikan sukses sebagai seberapa bahagia dia.

“ Banyak orang mengukur kesuksesan dengan uang yang dimiliki atau hal-hal yang berkaitan dengan uang. Menurut saya, kesuksesan sejati seharusnya diukur dari seberapa bahagia Anda,” kata dia di akun LinkedIn tahun lalu.

Brandson juga mengatakan kekayaan akan mengikuti orang-orang yang berkarier untuk kebahagiaan. “ Saya tidak pernah berbisnis untuk menghasilkan uang. Setiap produk dan jasa Virgin harus bisa membuat perubahan yang positif dalam kehidupan,” kata dia.

Tak hanya itu, lanjut Brandson, perusahaan yang fokus untuk membangun kebahagiaan pelanggan, akan sukses di kemudian hari. “ Kalau Anda melakukan hal baik dan bersenang-senang, uang akan datang,” kata dia.

Kalau menurut Sahabat Dream, bagaimana definisi sukses?

Beri Komentar