10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 15 Juli 2019 10:36
10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik
Membuat surat lamaran, tidak boleh sembarangan!

Dream - Menulis surat lamaran kerja bisa jadi sangat membingungkan bagi sebagian orang. Namun, di sisi lain jadi hal yang mudah bagi sebagian lainnya. Apa cara membuat surat lamaran kerja sesulit itu?

Membuat surat lamaran kerja tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan kaidah-kaidah Bahasa yang digunakan. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa format surat lamaran setiap perusahaan bisa jadi berbeda.

Terlebih kalau lamaran untuk pekerjaan di bidang pemerintahan, seperti CPNS, dan BUMN. Biasanya format surat lamaran dan prosedur yang digunakan akan ditentukan dari setiap instansi tersebut.

Berbeda dengan perusahaan swasta, format untuk surat lamaran dan pengiriman berkasnya lebih fleksibel. Namun, Sahabat Dream harus mengecek terlebih dahulu, apa perusahaan tersebut memiliki standar khusus dalam membuat surat lamaran atau tidak.

Berikut cara membuat surat lamaran yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, lengkap dengan tahap-tahapnya: 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tahap Pertama

 Lamaran Kerja© Pixabay

Tahap pertama dalam cara membuat surat lamaran kerja yang benar, menyiapkan berkas yang dibutuhkan, dengan mengecek informasi lowongan pekerjaan dari situs web resmi perusahaan yang akan dilamar. Setelah itu ikuti tahap berikut ini:

1.    Menuliskan Informasi Kontak
Menuliskan informasi kontak kita di awal paragrap atau di bagian atas surat lamaran kerja, akan membuat pihak perusahaan mudah untuk menghubungi kita lagi, apabila kita lolos di tahap berikutnya.

Jangan lupa untuk menambahkan, nama, alamat lengkap terbaru, nomor telepon, alamat email, dan informasi kontak lainnya yang sekiranya bisa dihubungi.

2.    Menuliskan Informasi Perusahaan yang Dilamar
Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika akan membuat surat lamaran adalah informasi perusahaan yang akan dilamar. Tulis lengkap informasi perusahaan yang dilamar, seperti mencantumkan pekerjaan yang akan dilamar, posisi, dan alamat perusahaan.

Dengan mencantumkan informasi perusahaan dengan jelas, pihak perusahaan akan tahu keseriusan kita dalam melamar posisi tersebut.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tahap Kedua

Tahap selanjutnya dalam cara membuat surat lamaran kerja adalah dengan memperhatikan dua hal berikut ini:

 Lamaran Kerja© Shutterstock


3.    Paragraf Pertama yang Menarik
Setelah melewati tahap pertama, Sahabat Dream diharuskan untuk memulai paragraf pertama untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik. Buat paragraf pertama Anda seperti artikel berita, jelas, padat dan tidak berbilit-bilit.

Tuliskan juga pada paragraf pertama tentang ketertarikan Anda untuk melamar posisi yang pilih. Usahakan tetap menggunakan Bahasa yang sopan dan sesuai dengan EYD.

4.    Tulis Posisi yang Dilamar dengan Jelas
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah menuliskan posisi yang dilamar dengan benar. Terkadang, ketika membuat surat lamaran kita terlalu fokus pada kelebihan diri kita dengan mempromosikan diri berlebihan.

Padahal, yang sangat wajib untuk dituliskan adalah posisi pekerjaan yang dilamar. Ketika lupa menuliskan posisi yang dilamar, akan membuat pihak perusahaan kebingungan untuk melakukan penyaringan kandidat yang sesuai.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tahap Ketiga

Tahap ketiga, isi penjelasan surat lamaran Anda dengan kalimat yang jelas dan padat. Namun, jangan sampai lupa menuliskan dua hal ini:

 Lamaran Kerja© Shutterstock


5.    Menjelaskan Kelebihan
Cara membuat surat lamaran kerja yang menarik adalah dengan menuliskan kelebihan yang kita miliki dengan jelas dan singkat. Kalau bisa, beri contoh setidaknya dua kalimat.

6.    Menjabarkan Pengalaman
Tidak hanya menuliskan kelebihan saja, untuk memperkuat surat lamaran Anda, tulis beberapa kalimat yang menceritakan pengalaman Anda. Namun, jangan buat bertele-tele dan tidak relevan dengan posisi yang dilamar.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tahap Keempat

 Lamaran Kerja© Shutterstock

7.    Jangan Menggambarkan Diri Berlebihan
Selesai dengan menuliskan kelebihan dan pengalaman, cek kembali apakah penjabaran singkat kelebihan dan pengalaman cukup atau cenderung berlebihan. Pihak perusahaan tidak mau menghabiskan waktu hanya dengan membaca cerita panjang seseorang yang belum dikenal.

8.    Menjelaskan Keuntungan yang Akan Didapat Perusahaan
Selain jangan bertele-tele, ada satu lagi yang harus diimbuhakan untuk melengkapi surat lamaran kerja. Yaitu menuliskan satu kalimat, apa keuntungan yang akan didapat perusahaan apabila menerima Anda sebagai pegawai.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tahap Terakhir

Tuntas dengan semua tahap sebelumnya, cara membuat surat lamaran siap memasuki tahapan terakhir, yaitu:

9.    Tuliskan Ajakan untuk Menghubungi Kita
Untuk menambah penilaian lebih pada kita, jangan lupa untuk menuliskan ajakan untuk menghubungi kembali Anda. Seperti, “ Saya menantikan balasan dan kabar baik dari perusahaan Anda” misalnya.

 Informasi Kontak© Pixabay


10.    Tanda Tangan
Dan, yang terakhir. Tambahkan tanda tangan, bahkan kalau surat lamaran dalam bentuk softfile, jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan digital. Karena tanpa tanda tangan, akan membuat perusahaan ragu dengan surat lamaran kerja Anda.

Terakhir, jangan lupa periksa kembali! (ism, sumber: Wiki How)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair