5 Trik Bikin Suasana Kantor Lebih Nyaman

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 2 September 2019 13:13
5 Trik Bikin Suasana Kantor Lebih Nyaman
Suasana kantor yang nyaman akan membuatmu semangat bekerja, lho.

Dream – Lingkungan kerja atau kantor menjadi rumah ke dua bagi setiap karyawan. Suasana yang nyaman di tempat kerja tentu bisa mempengaruhi produktivitas.

Tapi, yang namanya kerja, masalah ada saja. Mulai dari atasan yang kurang bersahabat, rekan kerja kurang kooperatif, sampai banyaknya tugas tambahan dan memaksamu lembur.

Kunci untuk selalu merasa senang adalah semangat dan tetap profesional. Kamu juga bsia mengubah sedikit kebiasaan di kantor dengan cara-cara berikut ini, dikutip dari CekAja, Senin 2 September 2019.

1 dari 5 halaman

Menata Ulang Meja Kerja

Buatlah suasana tempat kerja senyaman berada di rumah sendiri. Pertama, mulai dengan menata ulang meja kantor. Meja kerja atau kubikel adalah tempat kita menghabiskan waktu hampir seharian ketika bekerja.

Untuk menjadikannya terasa lebih homey, kamu bisa memajang foto anak, pasangan, keluarga, teman, ataupun hewan peliharaan di meja kerjamu tersebut.

Letakkan beberapa souvenir khas kota/negara yang pernah kamu kunjungi saat liburan. Dengan begitu, semangat bekerja secara tidak langsung bisa terbangun kembali.

2 dari 5 halaman

Meja Kerja Harus Selalu Bersih

Selain ditata ulang, meja kerja pun jangan sampai berantakan. Banyak orang yang sibuk, membuat meja kerjanya berantakan. Semua hal yang tak tertata rapi, akan berpengaruh terhadap mood, termasuk meja kerja yang berantakan.

Kamu bisa memasukkan dokumen-dokumen pada organizer khusus. Bersihkan meja dengan lap atau tisu basah jika berdebu dan buang sampah di tempatnya.

Jika punya cukup ruangan, papan tulis kecil juga bisa membantu kamu untuk mencatat to do list agar semua pekerjaan sesuai target.

3 dari 5 halaman

Istirahat Sejenak dari Kantor

Walau masih banyak kerjaan yang perlu diselesaikan, beristirahat sejenak akan membuat perasaanmu lebih rileks terutama jika dilakukan di luar kantor. Pergilah bersama teman kantormu untuk coffee break sejenak.

Cara ini juga membuka kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang kantor. Hindari membicarakan pekerjaan selama jam istirahat. Biarkan pikiranmu santai sejenak melalui topik-topik ringan.

Jika tak bisa pergi keluar, cobalah untuk berjalan mengelilingi ruangan atau lakukan beberapa kali strecthing di meja untuk mengembalikan mood seperti semula.

4 dari 5 halaman

Bawa Camilan

Bagi sebagian orang, rasa lapar dapat membuat dirinya cenderung lebih emosional. Dari sisi kesehatan, perut kosong bisa mempengaruhi kerja otak.

Jika keduanya terjadi, pastinya ini akan berpengaruh terhadap kinerja di kantor.

Untuk menghindari hal tersebut, bawa selalu cemilan sehat di tasmu, seperti oat bar, roti gandum, buah pisang, yogurt, atau kacang-kacangan. Jadi walau belum masuk jam makan siang, kamu bisa ‘mengganjal perut’ lebih cepat dengan cemilan ini. Membawa camilan sehat juga dapat menghemat pengeluaranmu untuk jajan-jajan, lho.

5 dari 5 halaman

Bawa Barang Kesukaan dan Aroma Therapy

Selanjutnya, kamu bisa membawa barang-barang yang disukai dari rumah. Semisal boneka, tumbler, bantal leher, atau headphone untuk mendengarkan musik. Letakkan di sekitar meja kerjamu untuk membuat suasana kantor nyaman.

Jika perlu, bawa aromaterapi agar membuat pikiran dan tubuh lebih rileks setiap hari. Terapi ini bisa dilakukan dengan menghirup wangi lilin atau minyak esensial.

Ada banyak sekali jenis-jenis wangi aromaterapi yang bisa kamu pakai. Untuk menenangkan pikiran, pilih wangi lavender. Aroma cedarwood juga bagus sebagai relaksasi. Ajaibnya, kayu cendana ini bisa meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasimu.

Beri Komentar