Bagaimana Caranya Membuat Suasana Kantor Menjadi Lebih Nyaman? (Foto: Shutterstock)
Dream – Lingkungan kerja atau kantor menjadi rumah ke dua bagi setiap karyawan. Suasana yang nyaman di tempat kerja tentu bisa mempengaruhi produktivitas.
Tapi, yang namanya kerja, masalah ada saja. Mulai dari atasan yang kurang bersahabat, rekan kerja kurang kooperatif, sampai banyaknya tugas tambahan dan memaksamu lembur.
Kunci untuk selalu merasa senang adalah semangat dan tetap profesional. Kamu juga bsia mengubah sedikit kebiasaan di kantor dengan cara-cara berikut ini, dikutip dari CekAja, Senin 2 September 2019.
Buatlah suasana tempat kerja senyaman berada di rumah sendiri. Pertama, mulai dengan menata ulang meja kantor. Meja kerja atau kubikel adalah tempat kita menghabiskan waktu hampir seharian ketika bekerja.
Untuk menjadikannya terasa lebih homey, kamu bisa memajang foto anak, pasangan, keluarga, teman, ataupun hewan peliharaan di meja kerjamu tersebut.
Letakkan beberapa souvenir khas kota/negara yang pernah kamu kunjungi saat liburan. Dengan begitu, semangat bekerja secara tidak langsung bisa terbangun kembali.
Selain ditata ulang, meja kerja pun jangan sampai berantakan. Banyak orang yang sibuk, membuat meja kerjanya berantakan. Semua hal yang tak tertata rapi, akan berpengaruh terhadap mood, termasuk meja kerja yang berantakan.
Kamu bisa memasukkan dokumen-dokumen pada organizer khusus. Bersihkan meja dengan lap atau tisu basah jika berdebu dan buang sampah di tempatnya.
Jika punya cukup ruangan, papan tulis kecil juga bisa membantu kamu untuk mencatat to do list agar semua pekerjaan sesuai target.
Walau masih banyak kerjaan yang perlu diselesaikan, beristirahat sejenak akan membuat perasaanmu lebih rileks terutama jika dilakukan di luar kantor. Pergilah bersama teman kantormu untuk coffee break sejenak.
Cara ini juga membuka kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang kantor. Hindari membicarakan pekerjaan selama jam istirahat. Biarkan pikiranmu santai sejenak melalui topik-topik ringan.
Jika tak bisa pergi keluar, cobalah untuk berjalan mengelilingi ruangan atau lakukan beberapa kali strecthing di meja untuk mengembalikan mood seperti semula.
Bagi sebagian orang, rasa lapar dapat membuat dirinya cenderung lebih emosional. Dari sisi kesehatan, perut kosong bisa mempengaruhi kerja otak.
Jika keduanya terjadi, pastinya ini akan berpengaruh terhadap kinerja di kantor.
Untuk menghindari hal tersebut, bawa selalu cemilan sehat di tasmu, seperti oat bar, roti gandum, buah pisang, yogurt, atau kacang-kacangan. Jadi walau belum masuk jam makan siang, kamu bisa ‘mengganjal perut’ lebih cepat dengan cemilan ini. Membawa camilan sehat juga dapat menghemat pengeluaranmu untuk jajan-jajan, lho.
Selanjutnya, kamu bisa membawa barang-barang yang disukai dari rumah. Semisal boneka, tumbler, bantal leher, atau headphone untuk mendengarkan musik. Letakkan di sekitar meja kerjamu untuk membuat suasana kantor nyaman.
Jika perlu, bawa aromaterapi agar membuat pikiran dan tubuh lebih rileks setiap hari. Terapi ini bisa dilakukan dengan menghirup wangi lilin atau minyak esensial.
Ada banyak sekali jenis-jenis wangi aromaterapi yang bisa kamu pakai. Untuk menenangkan pikiran, pilih wangi lavender. Aroma cedarwood juga bagus sebagai relaksasi. Ajaibnya, kayu cendana ini bisa meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasimu.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN