7 Tips Agar Tetap Perform Selama Ramadan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 5 April 2021 17:13
7 Tips Agar Tetap Perform Selama Ramadan
Ramadhan bukan penghalang bagimu untuk beraktivitas.

Dream – Tak lama lagi umat Muslim di dunia akan berjumpa dengan Ramadan. Dengan kehadirannya, umat Muslim akan menjalankan serangkaian ibadah, mulai dari puasa hingga sholat tarawih.

Namun, berpuasa selama Ramadan seharusnya tidak menghalangimu dalam beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja.

Dikutip dari www.britishcouncilfoundation.id, Senin 5 April 2021, ada tujuh hal yang bisa memotivasi Sahabat Dream agar tetap semangat saat bekerja selama Ramadan.

Pertama, memiliki tekad. Kamu harus bekerja dengan semangat dan penuh energi, meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan, seperti menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan kamu melakukannya dengan niat penuh.

Ke dua, makan sahur secukupnya. Ingat saat kamu mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, kamu tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur, karena makan berlebihan akan membuat kamu merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Pilih menu seimbang yaitu karbohidrat, protein, dan serat dalam asupan kamu, makanan yang mengandung serat membantu kamu kenyang lebih lama, juga makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

1 dari 2 halaman

Ke tiga, sesuaikan waktu tidur. Ada dua jadwal yang harus diperbaiki. Pertama, jadwal malam. Kalau punya kebiasaan tidur larut malam, sebaiknya mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu harus bangun lebih awal pada bulan-bulan lain selain Ramadhan.

Yang kedua, jadwal setelah sahur dan subuh. Lebih baik kamu tidak trus tidur karena ini akan membuatmu lesu. Kamu bisa melanjutkan olahraga atau beraktivitas agar bisa memberikan energi.

Ke empat, menyertakan aktivitas lain selama bekerja agar tetap bersemangat dan berenergi. Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuat kamu segar dan rileks. Misalnya, berolahraga, jalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja.

Jika kantor kamu dilengkapi dengan meja biliar, TV, dan video game, manfaatkan semuanya, kamu juga dapat menggunakan istirahat makan siang kamu untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit, aktivitas ini akan membantu kamu merasa segar dan siap bekerja kembali.

© Dream
2 dari 2 halaman

Kelima, menghindari kafein. Pada hari-hari biasa, kafein bisa membantu kita merasa waspada, terutama saat merasa mengantuk. Saat bulan puasa, kita tidak disarankan mengkonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa. Ini bisa membuatmu merasa mual.

Keenam, menjaga kesehatan. Tubuh kamu adalah milik kamu kenali itu, hindari makanan tidak sehat, aktivitas non produktif dan sejenisnya. Jika sehat, kamu dapat mengatasi semua tantangan dan bekerja dengan optimal.

Ketujuh, mengamati ritual ibadah. Bagian penting dari Ramadhan adalah ketaatan pada ritual ibadah, Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan berkah, Ramadhan adalah momen untuk kamu meningkatkannya, yang terakhir beribadah dengan ketulusan.

Laporan Radhika Nada

Beri Komentar