Ada Diskon Pajak Mobil Baru, Beli Sekarang atau Tunda?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 Maret 2021 17:33
Ada Diskon Pajak Mobil Baru, Beli Sekarang atau Tunda?
Diskon pajak memang membuat harga kendaraan baru turun hingga 30 persen.

Dream – Pemerintah dan regulator keuangan telah memberikan relaksasi pajak untuk pembelian kendaraan baru. Insenti ini diharapkan bisa membantu indsustri otomotif sekaligus menggenjot konsumsi untuk sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di tengah kelesuan akibat pandemi COVID-19.

Dengan kebijakan itu pemotongan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), harga kendaraan baru kini bisa dibeli dengan potongan antara 20-30 persen.

Meskipun harga mobil turun, masyarakat diminta untuk tidak gelap mata. Langsung membeli kendaraan yang diinginkan mumpung turun harga.

Perencana Keuangan di Advisor Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyarankan agar masyarakat tidak tergiur harga murah saja. Lebih dari itu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kendaraan baru dengan cara kredit atau membeli tunai.

“ Kebijakan itu bikin harganya berkurang 20-30 persen tapi saya pikir jangan buru-buru dulu, walaupun harganya murah,” kata Andy kepada Merdeka.com, dikutip Sabtu 13 Maret 2021.

1 dari 2 halaman

Pikirkan Kembali

Dia menyarankan masyarakat yang memilik dana terbatas atau kelebihan uang, sebaiknya memikirkan kembali untuk membeli kendaraan baru. Andy mengatakan membeli kendaraan bukan hanya sekadar sanggup membayar cicilan atau tidak.

Lebih dari itu, harus memiliki anggaran yang cukup untuk kebutuhan operasional seperti bensin, tol, pajak tahunan hingga biaya perawatan.

“ Kita pikirkan juga biaya operasional hari-hari seperti bensin, parkir, tol. Jangan sampai mampu beli tapi karena tidak terpakai karena bensinnya boros atau uangnya habis untuk keperluan mobil,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Mendesak Atau Tidak?

Masyarakat juga perlu mempertimbangkan urgensi membeli kendaraan baru. Di masa pandemi ini, banyak karyawan yang justru bekerja dari jarak jauh atau tidak perlu ke kantor atau mengantarkan anak pergi ke sekolah.

“ Seberapa perlu beli mobil ini. Walaupun murah tapi benar enggak nih butuh? Jangan sampai kalap juga karena itu kendaraan yang sudah jadi incaran,” kata dia.

Andy menambahkan, bila pembelian kendaraan baru hanya untuk kebutuhan reaksional, sebaiknya dipertimbangkan lagi. Bandingkan biaya cicilan dan kebutuhan operasional lainnya dengan menggunakan transportasi umum seperti taksi online atau yang lainnya.

Namun dari semua itu dikembalikan kepada kemampuan dan kebutuhan tiap orang. " Kembali lagi ke keperluan dan kemampuan,” kata dia.

Beri Komentar