Bakal Jadi Tren 2022, The Goods Dept Luncurkan NFT The Goods Society

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 24 Desember 2021 17:34
Bakal Jadi Tren 2022, The Goods Dept Luncurkan NFT The Goods Society
NFT dari The Goods Dept tawarkan berbagai keuntungan tak hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata.

Dream - Non Fungible Token (NFT) sedang menjadi tren di Indonesia. Apalagi selebritas terkenal, seperti Syahrini dan Luna Maya, juga sudah meluncurkan NFT sendiri.

NFT menjadi instrumen menarik yang bisa mendigitalisasi aset karya seni atau lainnya. Tak hanya itu, NFT juga mirip dengan aset kripto yang dapat diperjualbelikan sehingga bisa berpeluang menjadi investasi di sistem blockchain.

Tapi, pembeda uang kripto atau cryptocurrency dengan NFT yakni pada limitasinya. Jika uang kripto berupa koin yang diperdagangkan dengan jumlah tertentu, NFT merupakan nilai karya seni digital dengan jumlah terbatas dibandingkan kripto. Tentu saja, pemiliknya mendapatkan eksklusivitas tersendiri terhadap karya seni digitalnya.

Mengikuti tren, The Goods Dept juga merilis The Goods Society yang merupakan koleksi NFT dengan jumlah 1100 karakter lucu serta unik yang merepresentasikan para pelanggan The Goods Dept. Koleksi NFT ini dibangun di atas basis blockchain Ethereum.

1 dari 2 halaman

Tapi uniknya, tidak seperti koleksi NFT pada umumnya yang menitik beratkan pada koleksi dan kegunaannya di dunia maya, pemilik aset The Goods Society akan dapat merasakan keuntungan asetnya di dunia nyata sebagai tanda pengenal dan menerima berbagai keuntungan di jaringan retail The Goods Dept.

" Pemilik aset The Goods Society bisa mendapatkan keuntungan di dunia nyata. Dari segelas kopi gratis setiap hari Senin-Rabu selama tahun 2022, diskon hingga 50 persen saat berbelanja di hari ulang tahun, hingga layanan premium seperti pengiriman gratis saat belanja online di situs The Goods Dept atau jalur bebas antrean saat datang ke acara kita," jelas Founder The Goods Dept Anton Wirjono, dalam acara konferensi pers The Goods Society, Kamis 23 Desember 2021.

Implementasi NFT ke dunia retail ini merupakan yang pertama di Indonesia. Keunikan lain dari NFT ini adalah pemilik aset dapat mengganti atribut karakter, dimana setiap karakter yang dibeli pada perkembangannya dapat mengganti pakaian atau aksesoris lain yang mereka pakai.

Untuk bisa mencapai hal ini Tim The Goods Dept berkolaborasi dengan dua pihak, yang pertama adalah Iman Waskito selaku ilustrator yang membuat 1100 karakter unik tersebut. Ke ua ada tim dari Gaspack, startup yang telah meluncurkan beberapa project NFT sebelumnya dan fokus pada pengembangan ekonomi digital di era WEB 3.0.

2 dari 2 halaman

Ketiga pihak ini memiliki harapan yang cukup besar untuk perkembangan sistem NFT hingga dapat membuka peluang inovasi digital yang lebih banyak lagi.

Sekjen Komite Ekraf Jakarta Novrizal Pratama mengatakan, sejumlah merek (brand) global telah membuat NFT lebih dulu. Menurutnya, NFT kelak akan menjadi tren di tahun 2022.

" Seperti brand Adidas yang membuat 30 ribu NFT, dan dalam hitungan menit langsung habis. Ini menandakan permintaannya besar. Kita percaya aset digital seperti kripto dan NFT bakal jadi tren besar di 2022," ujar Novrizal.

The Goods Society akan dirilis resmi untuk umum dengan jumlah sangat terbatas mulai hari selasa 28 Desember 2021 pukul 13.00 WIB melalui situs https://nft.thegoodsdept.com/ dan semua fitur dapat dinikmati mulai tahun 2022.

Beri Komentar