Manfaatkan Platform Digital, Pebisnis Fesyen Muslim Indonesia Go Internasional

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 26 Agustus 2021 08:35
Manfaatkan Platform Digital, Pebisnis Fesyen Muslim Indonesia Go Internasional
Yuk terus cintai produk anak bangsa untuk dukung pertumbuhan ekonomi Indonesia

Dream - Perkembangan fashion lokal semakin menjamur di Indonesia. Hadirnya berbagai platform online mulai dari e-commerce hingga media sosial mendorong brand lokal terus tumbuh dan dikenal banyak orang. 

Kini, banyak brand lokal yang berhasil mempertontonkan desain ciamik dan kualitas mumpuni pada produk-produknya. Termasuk brand fesyen muslim lokal.

“ Kategori fesyen muslim lokal menjadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat selama Q2-2021 dibanding Q2-2020,” jelas Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah pada konferensi virtual Tokopedia, 24 Agustus 2021.

Tokopedia© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream


Tingginya antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan fesyen muslim lokal mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis. Termasuk para pegiat UMKM lokal dengan menghadirkan kampanye Muslim Fash Forward selama 24 Agustus hingga 10 September 2021.

Muslim Fash Forward menghadirkan beragam produk fesyen muslim dari ratusan pegiat usaha dalam negeri, diantaranya Ederra Indonesia, ViviZubedi dan NRHxNabilia. Tidak hanya itu, sejumlah UMKM binaan Kemenparekraf RI juga digandeng dalam acara ini.
 
“ Kondisi ini membuat brand kami, Ederra, lebih memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk. Kini jumlah transaksi toko kami di Tokopedia meningkat 9x lipat jika dibandingkan dua tahun lalu,” jelas Indah W. Wardani, Pemilik Usaha Ederra Indonesia pada kesempatan yang sama.

1 dari 2 halaman

Brand Lokal Menembus Pasar Internasional

Ada beberapa orang yang memandang brand lokal kurang berkelas. Namun nyatanya banyak brand lokal telah berhasil menembus pasar internasional, Vivi Zubedi salah satunya.

Vivi Zubedi© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Saat melenggang di New York Fashion Week dulu, beberapa karya saya langsung dipinang oleh beberapa brand,” cerita Vivi pada kesempatan yang sama.

Ini membuktikan bahwa brand lokal juga pantas untuk dibanggakan. Selain penampilan makin kece, dengan memakai brand lokal, kamu juga mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tak heran jika makin banyak kampanye yang mengajak masyarakat mencinta hasil karya anak bangsa.

Bahkan masyarakat Papua yang letaknya lebih dekat ke Australia, lebih antusias membeli karya desainer-desainer di Jakarta loh.

“ Kini banyak pelanggan dari Papua pun bisa mendapatkan produk kami dengan mudah melalui online. Pemanfaatan teknologi ini sangat berpengaruh, bahkan omzet brand Vivi meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia pada Mei 2021,” tambah Vivi.

2 dari 2 halaman

Siap Belanja Brand Fesyen Lokal?

Selama kampanye Muslim Fash Forward berlangsung, merek fesyen muslim Indonesia akan memberikan banyak promo loh Sahabat Dream. Mulai dari diskon hingga 90%, flash sale mulai dari Rp15.000, rilisan spesial dan promo lainnya.

Tokopedia© Istimewa

Ada juga program ‘Bersatu dalam Kebaikan’ yang mana 10% dari hasil penjualan akan didonasikan melalui Tokopedia Salam untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM lokal.

Sudah siap belanja produk fesyen muslim lokal, Sahabat Dream? Jangan sampai ketinggalan promonya ya, dan terus dukung produk anak bangsa.

Beri Komentar