Bank Cuma Didatangi Nasabah Tiga Kali Setahun

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 18 November 2015 18:46
Bank Cuma Didatangi Nasabah Tiga Kali Setahun
Bank syariah dituntut untuk berinovasi mengingat era digital sudah menguasai masyarakat dunia

Dream - Kalangan bankir dan ahli mendesak kalangan perbankan syariah meningkatkan kemampuannya dengan layanan yang lebih cerdas.

Hasil analisis menemukan, bank syariah perlu mengeksplorasi inovasi, pemanfaatan teknologi yang lebih maju serta strategi bersaing lebih baik. Tujuannya, nasabah bank syariah bisa mendapatkan layanan bank syariah yang lebih baik.

Head of Consumer Banking dari Bank NIzwa, Asad Batla menjelaskan dunia saat ini sebetulnya penuh hierarki dan dikelola secara terpusat. 

Asad mengambil contoh fenomena Bitcoin dan Blockchain yang semakin populer. Mata uang virtual ini telah berkembang dan semakin maju.

" Blockchain mulai diadaptasi tak cuma dalam bisnis ritel bank, namun juga corporate bank dan pembiayaan perdagangan," kata Asad mengutip laman khaleejtimes.com, Rabu, 17 November 2015.

Menurut Asad, media sosial, transaksi antara sesama, dan saran penampung sumbangan (crowdfounding) telah menjadi fenomena nyata.

Sementara itu, Associate VP and Global Head of Product Strategu & Pre-Sales dari Infosys Finacle, Rajashekara V Maiya mengingatkan, dunia telah berubah pesat. Dunia digital diakui telah mengancam bisnis perbankan.

Di masa depan, Maiya mengatakan digitalisasi bank syariah menjadi hal penting. Pendekatan yang lebih berfokus pada kebutuhan nasabah harus menjadi hal utama.

" Kenyamanan, kecepatan, dan personalisasi semua dibutuhkan. Kini nasabah mencari mitra bukan penyedia jasa," ujar Maiya.

Mengutip survei terbaru, nasabah biasanya hanya mendatangi kantor cabang bank syariah tiga kali sebulan. (Ism) 

Beri Komentar