Barang Tertinggal di Kereta Cepat Whoosh Capai Rp500 Juta, Begini Cara Lapornya

Reporter : Editor Dream.co.id
Selasa, 16 Januari 2024 12:46
Barang Tertinggal di Kereta Cepat Whoosh Capai Rp500 Juta, Begini Cara Lapornya
Begini cara lapor barang tertinggal di Kereta Cepat Whoosh

1 dari 10 halaman

Barang Tertinggal di Kereta Cepat Whoosh Capai Rp500 Juta, Begini Cara Lapornya

Barang Tertinggal di Kereta Cepat Whoosh Capai Rp500 Juta, Begini Cara Lapornya © Transaksi makin gampang dengan BRImo, traveling makin nyaman! 2023 maverick

2 dari 10 halaman

Dream - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengungkap, barang-barang milik penumpang yang tertinggal di kereta cepat Whoosh, nilainya mencapai Rp500 juta.


General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mencatat, sejak pertama kali Kereta Cepat Whoosh dioperasikan pada 2 Oktober 2023, ada 582 barang yang tertinggal di stasiun maupun di dalam kereta cepat Whoosh.

3 dari 10 halaman

Barang yang Tertinggal

Barang yang Tertinggal © Transaksi makin gampang dengan BRImo, traveling makin nyaman! 2023 maverick

Adapun barang yang tertinggal mulai dari laptop, handphone, uang tunai, perhiasan, aksesoris, koper, tas, alat makan dan minum, hingga dokumen pribadi seperti kartu identitas dan paspor.

4 dari 10 halaman

© Kereta Cepat Whoosh Jakarta Bandung 2023 maverick

" Secara keseluruhan nilai total barang-barang tersebut diperkirakan mencapai Rp500 juta," kata Eva dalam keterangannya, dikutip dari laman PasarDana, Selasa, 16 Januari 2024.

5 dari 10 halaman

© Kereta Cepat Whoosh 2023 maverick

Eva menjelaskan pengembalian barang ke penumpang rata-rata hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam sejak dilaporkan. Hal ini bisa dilakukan karena sistem yang dibangun dan kerja petugas yang profesional.

6 dari 10 halaman

" Namun tentunya kami juga membutuhkan kerjasama dari penumpang agar segera melaporkan jika terdapat barang tertinggal," beber Eva.


Eva menegaskan, bahwa KCIC memastikan semua barang yang tertinggal yang diamankan oleh petugas akan disimpan pada lost and found yang ada di stasiun.

7 dari 10 halaman

Melalui sistem lost and found, SDM yang profesional, serta perangkat keamanan seperti CCTV di kereta dan di stasiun, barang tertinggal ini akan langsung diamankan petugas melalui proses pendataan dan penyimpanan pada sistem lost and found.


Sistem tersebut, lanjut Eva, akan memudahkan proses pencarian dan pengembalian saat ada penumpang yang melaporkan barang tertinggal.

8 dari 10 halaman

© Kereta Cepat Whoosh Jakarta Bandung 2023 maverick

Selain itu, KCIC juga memanfaatkan sistem pengamanan berupa perangkat CCTV yang telah tersebar di sejumlah titik baik di stasiun dan kereta, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk proses penanganan barang tertinggal.

9 dari 10 halaman

Cara Lapor Barang Tertinggal di Whoosh

Penumpang yang barangnya ketinggalan dapat menghubungi cs@kcic.id atau langsung bertemu petugas yang ada di stasiun maupun di kereta.

Lalu sampaikan deskripsi barang yang hilang, waktu kejadian, dan nomor tiket jika yang bersangkutan merupakan penumpang.

10 dari 10 halaman

KCIC meyakinkan bahwa barang penumpang yang tertinggal dan ditemukan oleh petugas akan diamankan dan proses pengembalian akan dilakukan dalam waktu yang cepat.


Adapun seluruh petugas dilatih untuk menangani barang-barang yang tertinggal dengan hati-hati dan disimpan di ruangan yang aman serta dijaga dengan baik.

Beri Komentar