Bayar Uang Sekolah Pakai Pinjaman Syariah, Ini Bedanya!

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 31 Januari 2017 13:16
Bayar Uang Sekolah Pakai Pinjaman Syariah, Ini Bedanya!
Dengan multijasa iB, kamu tak hanya bisa mengajukan pembiayaan untuk biaya sekolah

Dream - Produk perbankan syariah tak melulu tabungan. Seiring perkembangan waktu dan gaya hidup, bank syariah juga mulai membuat produk baru seperti kartu kredit syariah.

Masih khawatir tak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit, masyarakat kini juga bisa memanfaatkan produk pembiayaan dengan prinsip syariah. Tak cuma untuk kebutuhan konsumtif, kamu juga bisa mengajukan pembiayaan untuk biaya sekolah.

Meski tahun ajaran baru masih sekitar 5 bulan lagi, Sahabat Dream pasti sudah mulai berhitung. Pasti kamu juga tahu jika biaya sekolah kini tak lagi murah. Ada yang sampai jutaan bahkan belasan dan puluhan juta rupiah.

Kamu beruntung jika sudah punya tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Namun bagi yang tak punya, masalah biaya sekolah ini pasti bikin pusing kepala.

Salah satu solusi yang bisa dicari adalah mengajukan pinjaman untuk biaya sekolah. Dan buat kamu yang ingin tetap meminjam sesuai syariah, bank syariah kini juga sudah menghadirkan pembiayaan multijasa iB (Islamic Bank).

Multijasa iB sebenarnya bukan hanya untuk membiayai pendidikan saja, namun ada juga untuk kesehatan, pernikahan, dan lain-lain. Selain prinsip syariah, apa saja perbedaan pembiayaan multjasa syariah ini?

Dikutip dari laman Bank Indonesia, Selasa, 31 Januari 2017, bank syariah umumnya telah memiliki kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan. Biasanya kerja sama itu untuk menerima pembayaran uang sekolah atau kuliah.

Dengan lembaga pendidikan yang telah ada kerjasama seperti ini, bank syariah menawarkan pembiayaan bagi para orang tua murid atau mahasiswa yang kesulitan membayar biaya pendidikan bagi anaknya yang diterima atau sedang menempuh pendidikan di lembaga tersebut.

Bagaimana skema pembiayaan syariah ini?

Orangtua siswa atau mahasiswa mengajukan pembiayaan multijasa iB pendidikaan kepada bank syariah. Bank syariah akan membantu mengurus biaya pendaftaran masuk sekolah yang harus dibayar kepada lembaga pendidikan.

Contohnya. Kamu mengajukan pinjaman sebesar Rp 20 juta. Jika disetujui, biaya itu langsung ditransfer oleh bank syariah ke rekening lembaga pendidikan. Atas jasa tersebut, bank syariah mengenakan fee atau biaya sewa kepada nasabah sebesar misalnya Rp1 juta.

Apabila nasabah akan mengangsur biaya pendidikan kepada bank syariah selama 1 tahun, maka angsuran yang harus dibayar oleh nasabah adalah sebesar Rp 21 juta dibagi 12 atau sebesar Rp1,75 juta per bulan.

Dengan Multijasa iB Pendidikan, biaya masuk sekolah atau perguruan tinggi yang relatif besar tidak menjadi masalah lagi. Orangtua tidak dibebani dengan biaya besar karena dapat mengangsur.

Bagaimana, tertarik mencobanya?

(Sah)

Beri Komentar