Lebaran, Begini Cara Meningkatkan Penjualan

Reporter : Ramdania
Jumat, 17 Juli 2015 10:00
Lebaran, Begini Cara Meningkatkan Penjualan
Ingin meningkatkan penjualan perlu perhitungan jitu agar tidak menjadi rugi.

Dream – Anda merupakan pengusaha yang terbilang sukses bagi pemula. Kemudian, Anda berencana untuk meningkatkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan. Apalagi di saat hari Lebaran.

Namun, langkah ini tidak semudah yang dipikirkan. Pasalnya, meningkatkan penjualan pastilah menyangkut dengan besarnya modal yang disediakan. Tidak jarang pula para pengusaha berpikir dua kali untuk menambah produk karena takut produk tambahan ini justru tidak habis terjual.

Untuk itu, seperti dikutip dari Enterpreneur, Jumat, 17 Juli 2015, agar penjualan dapat meningkat tetapi usaha Anda tidak mengalami kerugian, maka ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan atau dipersiapkan dengan baik.

Meningkatkan jumlah deal

Perusahaan penjualan yang sukses hanya bekerja untuk mendapatkan peluang yang tepat, dan membuang deal yang tidak sesuai. Pemilik bisnis meningkatkan jumlah deal dengan membuat profil pelanggan yang bernilai tinggi, menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis mereka dan menawarkan solusi yang unik untuk mengatasi tantangan mereka.

Anda juga bisa menyediakan manajemen pelanggan yang unggul, sehingga bisa memenangkan kompetisi. Manfaatkan e-Learning untuk meningkatkan pengetahuan tim penjualan, dan membekali mereka dengan tool laporan yang akan menyoroti titik-titik pemasaran yang terlepas atau kurang dieksploitasi.

Meningkatkan besarnya deal

Perusahaan penjualan yang sukses selalu memaksimalkan setiap transaksi dengan memahami kebutuhan pelanggan secara seksama sehingga bisa menawarkan setiap produk dan jasa yang sesuai. Untuk itu perusahaan harus melakukan segmentasi pelanggan dan mengembangkan pemahaman yang menyeluruh tentang tantangan bisnis mereka.

Perusahaan juga perlu secara jelas menyampaikan nilai bisnis yang unik, dan memaksimalkan sumber daya pemasaran serta mitra untuk menyampaikan nilai tersebut ke pasar. Selalu tingkatkan visibilitas dan kolaborasi, serta menggunakan analisis White Space untuk mengungkap dan mengekspos daerah baru yang potensial dari pendapatan.

Meningkatkan rasio deal yang sudah di tangan

Pemilik bisnis dapat meningkatkan rasio kemenangan mereka dalam setiap deal dengan menguji dan meningkatkan posisi tawar menawar. Anda juga bisa mengadopsi strategi hubungan yang benar, dan mendorong tim penjualan untuk mengikuti proses yang telah terbukti menghasilkan penjualan yang efektif. Bekerjalah untuk mencari kesempatan bernilai tinggi di mana terdapat nilai saling menguntungkan di dalamnya, dan ketahui kapan peluang itu berisiko hilang.

Mempersingkat siklus penjualan

Hanya mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh siklus penjualan sebesar 10 persen, dapat meningkatkan penjualan sebesar 47 persen. Perusahaan bisa mempersingkat siklus penjualan dengan mengajarkan pada tim penjualan untuk mengidentifikasi peluang nyata yang dimiliki dalam sebuah deal.

Anda juga bisa mempersingkat waktu proses pembelian dengan penjualan dengan sedikit biaya administratif. Penggunaan gadget dan mengadopsi e-Learning dalam jalur kerja sehari-hari juga mampu mengurangi siklus penjualan.

Beri Komentar