Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bekerja dari Rumah Lebih Melelahkan Daripada di Kantor, Ini Alasannya

Bekerja dari Rumah Lebih Melelahkan Daripada di Kantor, Ini Alasannya Ilustrasi Seorang Perempuan Yang Bekerja Dari Rumah (foto: Pexels.com)

Dream – Semula kamu mungkin salah satu yang berpikir bekerja dari rumah (Work from home/WFH) terasa lebih menyenangkan karena bisa mendapatkan quality time bersama keluarga. Namun seiring waktu, banyak orang mulai merasa bekerja dari rumah banyak lebih melelahkan daripada bekerja di kantor.

Kebijakan social distancing yang dianjurkan pemerintah memang mengubah kebiasaan dan aktivitas setiap orang. Selama masa pandemik virus corona, perubahan dan penyesuaian harus dilakukan oleh para pekerja. Mulai karyawan hingga guru sekalipun.

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan bekerja dari rumah terasa lebih melelahkan daripada di kantor? Tentu saja untuk menjawab pertanyaan tersebut menuai banyak alasan. Dilansir dari fimela, inilah alasan bekerja dari rumah terasa lebih melelahkan daripada di kantor:

Penyesuaian Perangkat Kerja

Nah biasanya ketika bekerja di tempat kerja semua peralatan kerja sudah siap digunakan. Akan tetapi karena ada perubahan aktivitas keseharian, membuat tubuh dan pikiran menjadi terasa lebih melelahkan.

Bayangkan, misalnya di kantor kamu dengan bebas menggunakan jaringan internet lancer, meja kerja yang nyaman, dan fasilitas kerja yang sudah memadai.

Akan tetapi ketika bekerja dari rumah, kamu harus menyiapkan segala kebutuhan untuk pekerjaanmu. Memang ini sedikit merepotkan. Kamu harus membeli paket data internet, memastikan ruang kerjamu jauh dari jangkauan keluarga, dan perlu koordinasi dengan teman sekantor melalui daring yang agak merepotkan.

Kondisi inilah yang membuatmu terasa lebih Lelah disaat bekerja dari rumah.

Sedikit Gerak dan Kurang Olahraga

Ilustrasi

Kurang gerak akan menyebabkan otot-otot tubuhmu menjadi kaku. Ketika masih bekerja di kantor, kamu perlu melakukan perjalanan pergi dan pulang yang membuat tubuhmu bergerak. Selain itu untuk ke toilet atau dapur kantor yang mungkin kamu harus naik turun tangga. Aktivitas tersebut membuat tubuhmu bergerak.

Sedangkan di rumah, jika kamu tidak mau mengegrakkan tubuhmu untuk olahraga dan peregangan otot, maka tubuhmu akan terasa sakit. Kurang gerak tersebut menyebabkan tubuhmu terasa letih dan lesu, dan tentu saja terasa lebih melelahkan.

Maka dari itu, Sahabat Dream harus tetap berolahraga ya, lari kecil atau sekedar pemanasan kecil-kecilan. Ini penting supaya tubuhmu tetap sehat dan tidak terasa pegal-pegal. Kalua bisa, setiap pagi kamu juga harus berjemur di bawah terik matahari pagi yang hangat sambal berolahraga. Hal ini akan terasa lebih baik untuk tubuhmu.

Jam Kerja yang Lebih Panjang

Jadwal di kantor sudah pasti, kapan kamu harus bekerja, kapan kamu harus istirahat, dan kapan kamu harus makan siang.  Jadi aktivitas kita di tempat kerja akan dikondisikan dengan jadwal yang sudah ada.

Hal ini berbeda disaat kamu harus bekerja dari rumah. Banyak tugas rumah yang juga menuntut untuk dikerjakan. Selain menyelesaikan pekerjaan, kamu juga perlu menyiapkan makan siang untukmu sendiri. Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, kamu juga menyiapkan kebutuhan makan mereka.

Banyak gangguan di rumah yang pada akhirnya pekerjaanmu terbengkalai. Akhirnya jam kerja pun tidak selesai dari waktu yang semestinya. Double jobs di rumah inilah yang bikin terasa lebih melelahkan.

Banjir Informasi yang Bikin Cemas

Ilustrasi

Selain hal-hal tentang pekerjaan, paparan berita-berita tentang virus corona di linimasa media sosial atau platform perpesananmu juga akan membuat was-was. Update data korban kasus virus corona yang berkeliaran membuat otakmu sulit mencerna dengan akal sehat karena terbentur dengan perasaan khawatir yang berlebihan.

Sementara itu kita juga mesti menyelesaikan pekerjaan yang terkadang membuat kewalahan. Sehingga banyak pikira yang menumpuk di otak untuk segera diatasi. Akibatnya otak menjadi lebih berat. Imbasnya tubuh pun akan menjadi lebih terasa Lelah.

Berbagi Dengan Urusan Domestik

Seperti diulas sebelumnya, disaat bekerja di kantor, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu tanpa membagi fokus. Sementara jika bekerja dari rumah, yang mungkin tidak terbiasa work from home, urusan domestic menjadi hal yang melelahkan.

Kamu harus membagi waktu sedemikian rupa untuk semua urusanmu. Baik itu urusan domestik (memasak,mencuci, mengurus anak yang juga belajar dari rumah, dan berbagai pekerjaan domestik lainnya), serta menyelesaikan urusan kantormu seperti rapat koordinasi, video call, dan banyak urusan kantor lainnya.

Semua aktivitas itu akan membuat stress yang akhirnya berdampak pada kesehatan tubuhmu. Mungkin bagi sebagian orang sudah terbiasa bekerja dari rumah (freelancer). Namun bagi apra freelancer pun juga tidak menutup kemungkinan terkena dampaknya.

Karena mungkin keluarga berkumpul di rumah dan sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Rumah terasa lebih penuh. Belum lagi jika kamu memiliki anak yang masih sekolah. Kamu juga perlu membantunya belajar dari rumah.

Namun, kamu perlu beradaptasi dengan kondisi ini. lakukanlah dengan hati yang bahagia dan jangan lupa berolahraga. Olahraga dan paparan sinar matahari pagi bisa mengurangi rasa lelahmu ketika bekerja dari rumah. Percayalah, aktivitasmu akan kembali seperti semula ketika wabah virus corona ini sudah berakhir.

Tetap semangat buat kita semua yang sedang berjuang melawan pandemi global ini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Australia Bakal Izinkan Pekerja Abaikan Telepon Bos di Luar Jam Kerja

Australia Bakal Izinkan Pekerja Abaikan Telepon Bos di Luar Jam Kerja

Demi menciptkan work life balance, Australia bakal bolehkan pekerja tak angkat telepon dari bos di luar jam kerja

Baca Selengkapnya
Kerja di Laptop Berjam-jam, Awas Gangguan Computer Vision Syndrome

Kerja di Laptop Berjam-jam, Awas Gangguan Computer Vision Syndrome

Salah satu pemicu CVS adalah cahaya biru intens yang dihasilkan oleh layar komputer dan perangkat digital lainnya.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Kebiasaan telat makan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Intip beberapa dampak buruknya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dari Penulis hingga Desainer Grafis, Ini 5 Rekomendasi Pekerjaan Buat Si Kaum Introvert

Dari Penulis hingga Desainer Grafis, Ini 5 Rekomendasi Pekerjaan Buat Si Kaum Introvert

Ini lho deretan jenis pekerjaan yang cocok buat kamu yang introvert.

Baca Selengkapnya
7 Posisi Pintu Rumah yang Membawa Berkah, agar Rezeki Kamu yang akan Datang Tidak Terhalang

7 Posisi Pintu Rumah yang Membawa Berkah, agar Rezeki Kamu yang akan Datang Tidak Terhalang

Mendesain sebuah rumah sangat penting memerhatikan posisi setiap pintunya.

Baca Selengkapnya
Istri Unggah Kebiasaan Suami yang Tak Biarkan Dirinya Keluar Rumah, Pintu Sampai Dikunci

Istri Unggah Kebiasaan Suami yang Tak Biarkan Dirinya Keluar Rumah, Pintu Sampai Dikunci

TikToker unggah kebiasaan suami mengunci dirinya di dalam rumah saat pergi bekerja. Warganet pun memberi beragam respon.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
Pegawai Racuni Teman Kerja yang Lagi Hamil Agar Tak Kelimpahan Pekerjaan Saat Cuti Melahirkan

Pegawai Racuni Teman Kerja yang Lagi Hamil Agar Tak Kelimpahan Pekerjaan Saat Cuti Melahirkan

Rencana jahat itu terungkap ketika korban menyadari bahwa air minumnya terasa aneh, tidak peduli dari mana sumbernya.

Baca Selengkapnya