Viral Kabar Struk Bayar Tol Buat Klaim Asuransi, Ini Kata Jasa Marga

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 8 Juni 2019 17:45
Viral Kabar Struk Bayar Tol Buat Klaim Asuransi, Ini Kata Jasa Marga
Beredar hoax tentang struk pembayaran tol di media sosial.

Dream – Para penggguna jalan tol selama musim mudik dan balik tahun ini mendapat cobaan ganda. Selain kemacetan yang cukup panjang, mereka juga dibuat heran dengan kabar viral tentang bukti struk transaksi jalan tol.

Dari kabar yang beredar, struk bukti transaksi tol itu bisa digunakan untuk klaim asuransi.

Tak ingin pelanggan jalan bebas hambatan itu dibuat bingung dengan kabar yang beredar, pengelola jalan tol PT Jasa Marga Tbk (Persero) memberikan klarifikasi.

Dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga, Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, menjelaskan jika telah terjadi kesalahan informasi yang menyebut struk bukti transaksi tol menjadi jaminan pengguna jalan berhak untuk mendapatkan asuransi.

Menurut Irra mengatakan biaya tol yang dibayar pengguna hanya untuk membayar jasa jalan tol. Biaya ini tidak dibebankan tambahan premi asuransi.

“ Tidak ada manfaat asuransi yang dapat diklaim oleh pengguna jalan tol dengan menunjukkan struk bukti transaksi tol,” kata dia di Jakarta.

1 dari 2 halaman

Beredar Juga Kabar Derek Gratis Pakai Struk Tol

Selain untuk klaim asuransi, masyarakat juga diterpa oleh kabar kola struk transaksi jalan itu harus disimpan untuk digunakan kala harus menggunakan derek gratis.

Terkait kabar tersebut, Irra kembali menegaskan jika seluruh pengguna jalan tol berhak atas fasilitas yang diberikan oleh Jasa Marga, termasuk derek gratis.  Fasilitas ini disiapkan perusahaan untuk menderek kendaraan hingga pintu keluar terdekat kalau pengguna jalan tol mengalami masalah dengan kendaraannya.

Fasilitas derek gratis ini bisa dimanfaatkan tanpa harus menunjukkan struk bukti transaksi tol.

“ Jika pengguna jalan memiliki kebutuhan untuk diantar sesuai preferensi pengguna jalan, kami akan mengenakan tarif resmi yang info besarannya terdapat dalam setiap mobil derek yang kami operasikan, dan pembayaran yang dilakukan dilengkapi bukti pembayaran resmi (kuitansi),” kata dia.

2 dari 2 halaman

Ini Fungsi Struk Bukti Transaksi Tol yang Sebenarnya

Irra menjelaskan struk bukti transaksi tol merupakan bukti penelusuran informasi. Jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, badan usaha jalan tol (BUJT) bisa menanganinya dengan baik dan cepat.

“ Diperlukan bukti ruas tol yang dilewati beserta waktunya yang dapat diketahui dari struk bukti transaksi tol,” kata dia.

Irra menyarankan pengguna jalan untuk mengetahui dengan baik ruas jalan dan mencatat baik nomor call center BUJT.

“ Nomor call center Jasa Marga adalah 14080 (24 jam),” kata dia.

Irra mengatakan pengguna tol menghubungi call center kalau terjadi hal yang darurat. Nantinya petugas akan datang ke lokasi untuk mengecek dan memverifikasi kondisi di lapangan dan melakukan tindak lanjut penanganan sesuai standar operasi yang telah ditetapkan. (Sah)

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang