Berkat Lebaran, Matahari Laporkan Penjualan Rp3,7 Triliun

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 1 Mei 2024 15:01
Berkat Lebaran, Matahari Laporkan Penjualan Rp3,7 Triliun
Matahari mengungkap peningkatan penjualan juga didorong oleh musim Lebaran yang lebih awal dibandingkan tahun lalu.

1 dari 10 halaman

Berkat Lebaran, Matahari Laporkan Penjualan Rp3,7 Triliun

Berkat Lebaran, Matahari Laporkan Penjualan Rp3,7 Triliun © Matahari Bukukan Penjualan Rp9,6 Triliun Shutterstock

2 dari 10 halaman

© Matahari Bukukan Penjualan Rp9,6 Triliun Shutterstock

Dream - Platform ritel Matahari melaporkan penjualan Rp3,7 triliun, menunjukkan peningkatan sebesar 35,9% pada kuartal 1 2024 dibandingkan tahun lalu (year on year), dengan Pertumbuhan Penjualan Gerai yang Sama (SSSG) sebesar 34,3 persen.

3 dari 10 halaman

© Berkat Lebaran, Matahari Laporkan Penjualan Ro3,7 Triliun Shutterstock

Matahari mengungkap peningkatan itu juga didorong oleh musim lebaran yang lebih awal dibandingkan tahun lalu.

4 dari 10 halaman

© Matahari Bukukan Penjualan Rp9,6 Triliun Shutterstock

Sementara itu, EBITDA perseroan pada kuartal 1 2024 mencapai Rp519 miliar dan  laba bersih mencapai Rp326 miliar, hampir separuh dari angka total tahun lalu.

5 dari 10 halaman

Kinerja dua bulan pertama menghasilkan SSSG 0,7 persen, sementara di periode lebaran mencapai SSSG -2,4%.

Meskipun terjadi penurunan margin kotor di kuartal 1 2024 menjadi 34,9 persen dari 35,4 persen tahun lalu karena aktivitas penghabisan stok di Januari dan Februari, margin kotor selama lebaran tahun ini meningkat 0,2 persen dari periode yang sama tahun lalu.

6 dari 10 halaman

Strategi pembelian yang efektif dan jadwal terkait musim lebaran memungkinkan perseroan untuk menutup kuartal ini dengan stok yang 27 persen lebih rendah dibanding kuartal 1 di tahun sebelumnya. 

Matahari menilai hal itu dapat menempatkan bisnis perseroan di dalam posisi yang lebih baik dari sudut pandang penyelesaian stok.

7 dari 10 halaman

“Kinerja kami selama musim lebaran ini telah terkena dampak oleh faktor-faktor makroekonomi seperti penurunan pengeluaran di segmen menengah ke bawah. Kami terus secara aktif mengidentifikasi area-area di mana kami dapat meningkatkan operasional bisnis ka

ungkap CEO Matahari, Monish Mansukhani.

8 dari 10 halaman

Matahari juga mengatakan pembukaan gerai dengan konsep baru di AEON Deltamas telah mendapat tanggapan positif dari konsumen.

Pendekatan yang lebih selektif terkait pembukaan gerai baru telah mengubah target pembukaan gerai menjadi 3 sampai 4 gerai baru di 2024.

9 dari 10 halaman

Progres pembaruan gerai juga berjalan sesuai rencana, dengan rencana penutupan 8 dari 10 gerai pada 2024 sudah difinalisasi dengan para pemilik gedung.

Di sisi lain, kanal digital terus dikembangkan dengan terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan teknologi melalui penawaran lebih banyak pilihan produk, strategi pemasaran dan rewards yang dipersonalisasi, serta meningkatkan fitur UI/UX.

10 dari 10 halaman

© Matahari Bukukan Penjualan Rp9,6 Triliun Shutterstock

Selain itu, lebih dari 30 merek pihak ketiga baru telah diperkenalkan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen berpendapatan lebih tinggi.

Beri Komentar