Aturan Baru Tarif Tiket Pesawat Diumumkan Besok, Turun Harga?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 Maret 2019 18:44
Aturan Baru Tarif Tiket Pesawat Diumumkan Besok, Turun Harga?
Aturannya sedang dimatangkan.

Dream – Kementerian Perhubungan (Kemhub) tengah memfinalisasi aturan untuk menjaga harga tiket pesawat tetap terjangkau. Aturan ini masih difinalisasi dan disebut mengatur tentang subsclass pelayanan maskapai.

Aturan ini akan diputuskan dan diumumkan besok, Jumat 29 Maret 2019.

“ Jadi bukan soal batas tarif, regulasinya lebih banyak berkaitan sub-class,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis 28 Maret 2019, dikutip dari Liputan6.com.

Budi Karya mengatakan intervensi yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk menjaga harga tiket ini tetap terjangkau. Apalagi, pemerintah berhak melindungi konsumen penerbangan.

“ Dengan dasar itu, kami jadikan pijakan untuk membentuk aturan baru. Insya Allah bisa memberikan kondisi win-win antara penerbangan dan masyarakat,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Jadi Penengah

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan tengah menggodok aturan baru terkait tarif tiket pesawat. Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan.

“ Saat ini masih disusun oleh Biro Hukum Kemenhub bersama dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub. Kami belum bisa menjelaskan secara detail karena masih dalam proses penyusunan,” kata Hengki.

Dia menambahkan, aturan yang tengah dalam tahap finalisasi ini disusun dengan melibatkan masakapai dan setelah tercapai kesepahaman dengan maskapai.

Aturan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan tarif atau harga tiket pesawat yang banyak dikeluhkan masyarakat.

“ Tentunya dalam membuat regulasi, Pemerintah berada di tengah-tengah antara kepentingan masyarakat banyak dengan keberlangsungan industri penerbangan nasional,” ungkap Hengki.

Dia pun menngaku segera mengumumkan aturan baru ini setelah proses penyusunan aturan tersebut selesai dilakukan.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya) 

Beri Komentar