Kesuksesan Bagi Bill Gates Bukan Soal Harta, Tapi...

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 7 Januari 2019 10:41
Kesuksesan Bagi Bill Gates Bukan Soal Harta, Tapi...
Kesuksesan bagi Bill Gates bukan bicara tentang harta, melainkan soal hal yang dinilai lebih penting dari itu.

Dream – Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, punya cerita di balik kisah sukses hidupnya. Gates terinspirasi dari CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 7 Januari 2019, Gates mengungkapkan kesuksesan tak terkait dengan perusahaan, seperti yang dilakukan ketika muda. Kini, kesuksesan berkaitan dengan kebahagiaan orang-orang terdekat.

“ Hari ini tentunya saya masih memperhatikan kualitas pekerjaan saya. Saya juga bertanya pada diri saya pertanyaan lain. Apakah saya mengabdikan cukup waktu bagi keluarga saya? Apakah saya belajar cukup banyak hal baru?" tulis dia di gatesnotes.

Pendiri Microsoft ini mengaku tertawa mendengar makna kesuksesan saat berusia 25 tahun. Kini, Warren Buffet dan istri telah memberikannya pemahaman yang baru.

" Melinda telah membantu melebarkan pikiran saya pada titik ini. Begitu juga Warren Buffett, yang ukuran suksesnya adalah, 'Apakah orang-orang yang kamu pedulikan mencintaimu balik?' Saya pikir itu adalah ukuran baik yang kamu dapat temukan," kata dia.

Gates melanjutkan, tetap percaya bahwa inovasi teknologi tentang penting. Saat ini, dia fokus pada proyek-proyek kesehatan, seperti Alzheimer, sanitasi, dan polio.

Warren Buffet juga pernah berkata dirinya tak memerlukan uang. Baginya, cinta merupakan ukuran yang lebih penting dalam hidupnya yang berusia lanjut.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Tommy Kurnia)

1 dari 2 halaman

Bill Gates Kaya Raya Karena Mesin Besar dan Lamban Ini

Dream – Kalau mau sukses di dunia karier, ada satu keahlian yang harus kamu kuasai. Hal ini sudah terbukti pada orang terkaya dunia sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates.

Keahlian itu adalah keterampilan mengoperasikan komputer.

Dilansir dari CNBC, Sabtu 8 September 2018, Gates mulai berkecimpung di pemrograman komputer sejak berusia 13 tahun. Kegiatan ini dilakukan ketika sekolahnya mendapatkan terminal komputer untuk pertama kali.

“ Dulu, mesinnya besar dan lamban. Malah tak ada layar. Tapi, saya keranjingan,” kata dia.

Gates menghabiskan banyak waktu untuk belajar komputer, mulai dari meretas sampai membuat kode. Pengenalan komputer ini mengubah kehidupannya.

Separuh abad kemudian, Gates percaya bahwa keterampilan dasar untuk mengoperasikan komputer bermanfaat bagi banyak orang, terutama untuk karier.

“ Semua orang bisa mengambil manfaat dari pelajaran komputer dasar,” kata dia.

Gates mengatakan keterampilan ini sangat bermanfaat untuk perkembangan karier. Keterampilan ini bisa menjawab kebutuhan data dan cara penyelesaian tugas.

Pernyataan ini juga diamini oleh istri Gates, Melinda Gates. Melinda mengatakan literasi komputer sangat diperlukan dan itu adalah keterampilan yang penting. Ilmu komputer punya kekuatan untuk mengubah dunia.

“ Semakin banyak kami mendorong banyak orang untuk tertarik pada teknologi, semakin baik masa depan itu,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Bill Gates Bakal Ambil Jurusan Ini Jika Kuliah Lagi

Dream – Bill Gates pernah merasakan pengalaman sebagai mahasiswa Universitas Harvard. Sayangnya, dia harus berhenti sehingga tidak punya gelar. 

Bukan karena tak punya uang, Gates mandek dari bangku kuliah karena lebih memilih menekuni hasratnya di bidang teknologi. Dia pun mendirikan Microsoft yang menjelma menjadi perusahaan raksasa teknologi. 

Jika ada kesempatan kuliah lagi, Gates tidak ingin mengambil jurusan yang sama. Dia lebih ingin mendalami studi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

“ Saat ini, saya ingin belajar tentang software, dalam hal ini Artificial Intelligence,” kata dia dikutip dari CNBC, Rabu 9 Mei 2018.

Menurut Gates, komputer meninggalkan banyak masalah untuk dikerjakan. Ada banyak hal yang tidak bisa dibaca oleh komputer, namun bisa dikerjakan kecerdasan artifisial.

“ Saya iri dengan kalian yang bekerja untuk kecerdasan artifisial. Itu adalah masalah paling menarik yang pernah ada,” kata suami Melinda Gates itu.

Bill Gates mengatakan, AI bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif dan kreatif. “ Inovasi bisa meningkatkan banyak aspek kehidupan,” kata dia.

(Beq)

[crosslink_1]

Beri Komentar