Asisten Bos BUMN dengan 2,7 Juta Follower Tiktok Bagi Tips Sukses Cari Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 28 September 2021 07:47
Asisten Bos BUMN dengan 2,7 Juta Follower Tiktok Bagi Tips Sukses Cari Kerja
Terutama bagi para lulusan baru. Yuk, kita tengok.

Dream – Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kini mulai turun. Banyak perusahaan kembali beraktivitas lagi, bahkan mulai mencari pekerja baru.

Ketik saja kata kunci “ Lowongan Kerja September 2021” di Google, maka peluang pekerjaan bertebaran bak jamur di musim penghujan.

Dikutip dari keterangan tertulis SEVIMA, Senin 27 September 2021, Asisten Direktur MIND ID, Vina Maulina Omar, mengatakan, peluang tidak datang dua kali. Oleh karena itu, Vina mengajak para lulusan baru untuk mempersiapkan diri agar bisa memulai karier dan kehidupannya dengan cemerlang.

“ Butuh trik tersendiri supaya bisa mencapai karier dan impian yang gemilang di masa depan, apalagi pada era post-pandemi seperti ini,” kata Vina di Yogyakarta.

Sebab, lanjut dia, saingannya tak hanya lulusan baru, tetapi juga para profesional berpengalaman yang menganggur selama pandemi.

1 dari 5 halaman

Cara Merintis Karier Pasca Pandemi Bagi Lulusan Baru

Pertama, memastikan tujuan karier. Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Misalnya ada yang ingin mencari uang sebanyak-banyaknya, ada yang ingin membanggakan keluarga dan daerahnya, ada juga yang ingin mengabdikan diri untuk kemajuan di sektor ataupun bidang tertentu.

Semua tujuan itu sangat mulia. Oleh karena itu, tujuan karier perlu dipikirkan dan ditentukan sedini mungkin.

“ Bukan sebuah hal yang sulit untuk membangun karier di masa depan. Namun, perlu diingat ya bahwa membangun karier ini harus dipikirkan secara matang, mulai dari membuat tujuan karire, pertanyaan sederhana: apa sih yang kamu inginkan dalam pekerjaan?” kata Vina.

© Dream
2 dari 5 halaman

Begini Cara Cari Tujuan Karier

Mencari tujuan karier tidaklah sulit. Bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memahami potensi, bakat, dan passion, yang selama ini dimiliki. Dari situ, milenial bisa mulai menulis dan memetakan apa yang selama ini ingin dicapai sebagai tujuan karier.

© MEN

Vina menyarankan para milenial untuk menulis dan memvisualisasikan rencana-rencana tersebut. Baik jangka pendek dan jangka panjang. Tujuannya agar rencana tidak mudah dilupakan, dan menjadi peta jalan kehidupan yang runtut serta sistematis.

“ Coba deh tanya ke diri kamu sendiri, lalu tulis dan petakan apa sih yang sebenarnya kamu inginkan. Lalu pastikan passion seperti apa sih yang cocok untuk diri kamu lakukan. Lalu kita buat secara runtut, supaya eksekusi, time management, dan mengatur apa yang harus kamu lakukan, menjadi mudah,” kata dia.

3 dari 5 halaman

Kumpulkan Pengalaman Magang dan Relawan

Menurut Vina, setelah mengeksekusi dan memproyeksikan beberapa rencana masa depan, kamu bisa mengikuti berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan keinginanmu. Contohnya, kegiatan volunteer atau internship. Dua kegiatan itu bisa menunjang skills kemampuan bekerja.

Mengikuti organisasi juga bisa jadi cara mujarab lainnya untuk menambah pengalaman sekaligus koneksi. Selain itu, berorganisasi juga dapat menambah kemampuan kepemipinan bagi mahasiswa.

“ Dengan pengalaman ini, ketika teman-teman sudah lulus kuliah, akan kompetitif saat bersaing dalam mencari kerja maupun bagi yang menginginkan untuk buka usaha sendiri,” kata dia.

© Dream
4 dari 5 halaman

Bangun Personal Branding

Rencana dan pengalaman haruslah dieksekusi. Membuat personal branding, menjadi langkah awal yang baik untuk eksekusi ini. Media sosial seperti Linkedin dan Karirlink bisa menjadi sarana kita untuk menampilkan pengalaman dan portofolio pekerjaan. Dengan begitu, perusahaan akan melihat profil kita.

© MEN

“ Media sosial bisa kita manfaatkan secara positif. Apalagi bos-bos dan HRD (pihak rekrutmen dari perusahaan), juga banyak yang menggunakan media sosial tersebut,” kata dia.

Tak sedikit orang yang mendapatkan pekerjaan, bahkan ditawari tanpa melamar karena menampilkan profilnya di media sosial.

5 dari 5 halaman

Jangan Lupa Koneksi

Mahasiswi Universitas Bina Nusantara, Arfina Maulina, menambahkan, jaringan menjadi penting dalam merintis karier. Koneksi dengan kepercayaan dengan sosok di dalam suatu perusahaan akan memudahkan dalam pencarian kerja.

Pada modern dengan kecanggihan teknologi, jaringan semacam itu kini dapat dimiliki oleh siapa saja. Misalnya dengan cara berteman di media sosial, bergabung dalam satu forum komunitas atau seminar, hingga kolaborasi dalam bidang ilmu maupun pekerjaan yang sejenis.

“ Semakin luas ilmu dan networking yang dimiliki, maka semakin luas pula kesempatan berkarir di masa yang akan datang. Dengan kecanggihan teknologi, jaringan seperti itu kini bisa dimiliki oleh siapa saja,” kata Arfina.  

© Dream
Beri Komentar