`Rahasia Dapur` Bank Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 Maret 2019 19:30
`Rahasia Dapur` Bank Syariah Jaga Loyalitas Nasabah
Bank syariah terus meningkatkan layanan agar nasabah nyaman.

Dream – Pelayanan bank syariah terhadap para nasabahnya kini tak kalah dibandingkan konvensional. Terbukti empat bank umum syariah mendapat penghargaan sebagai bank yang memberikan pelayanan memuaskan bagi para nasabahnya.

Penghargaan dari majalah perbankan, Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) diperoleh dari hasil riset tahun 2018-2019. Riset dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan (satisfaction), loyalitas (loyalty), dan keterikatan (engagement) nasabah terhadap bank pilihannya.

Keempat bank umum syariah yang mendapat penghargaan itu adalah PT BNI Syariah, PT Bank Muamalat Indonesia, PT BRIsyariah Tbk, dan dan Bank Syariah Mandiri.

Direktur Utama PT BRIsyariah Tbk, Moch. Hadi Santoso, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 15 Maret 2019 menyatakan pelayanan nasabah oleh para stafnya tetap menjadi perhatian utama meski teknologi berkembang dengan pesat. 

“ Kami percaya human in touch tetap dibutuhkan dalam melayani agar nasabah tetap loyal,” kata Hadi. 

Menurut Hadi, layanan tatap muka langsung inilah yang bisa menentukan persepsi nasabah maupun calon nasabah kepada BRIsyariah. “

" Meskipun di tengah disrupsi ekonomi yang mengharuskan kami menggenjot perkembangan teknologi yang digunakan, kami tetap meningkatkan layanan perbankan secara offline,” kata dia.

Dari sisi online, Hadi mengatakan pihaknya mulai bertransformasi ke arah digital banking dengan mengembangkan mobile banking bernama BRIS Online dan menjalin dengan kemitraan dengan startup di Indonesia. Selain fitur layanan perbankan, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) ini juga memberikan fitur-fitur non finansial, seperti pencarian masjid terdekat dan arah kiblat.

“ Fitur ringan seperti ini kami tambahkan sebagai bentuk human touch dalam layanan kami. Atas peningkatan kualitas teknologi layanan dan produk BRIsyariah, kami harap nasabah merasa semakin puas dan loyal,” kata dia.

Sekadar informasi, BRIsyariah menerima penghargaan " Satisfaction Loyalty Engagement (SLE) Awards 2019" dan menduduki peringkat pertama dari Loyalty Index 2019. Penghargaan lainnya juga dimenangkan BRIsyariah, seperti peringkat kedua Engagement & Experience Index 2019 kategori Bank Umum Syariah, peringkat kedua Satisfaction Index 2019 kategori ATM Bank Umum Syariah, peringkat ketiga Satisfaction Index 2019 kategori Bank Umum Syariah, Fisik Bank Umum Syariah dan Satpam Bank Umum Syariah.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Fasilitas Umum Mulai Diperbaiki Pascakerusuhan 22 Mei