CEO Grab Tiap Bulan Turun Tangan Langsung Jadi Kurir Makanan

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 20 Juni 2021 14:17
CEO Grab Tiap Bulan Turun Tangan Langsung Jadi Kurir Makanan
Ia bercerita kalau rutin melakukannya tiap bulan.

Dream - Anthony Tan, CEO Grab yang juga Co-Founder rupanya tiap bulan ternyata turun langsung jadi kurir makanan di GrabFood. Hal ini diungkapkan Tan di akun LinkedIn resmi miliknya.

Tan bercerita kalau sebelumnya ia jadi petugas GrabFood yang dilakukannya dengan berjalan kaki. Lalu pada 19 Juni 2021 kemarin, ia kembali melakukannya tapi menggunakan sepeda.

Saat mengirim makanan pakai sepeda, Tan rupanya tak melakukannya dengan baik. Ia bercerita kalau lupa melepaskan kursi bayi dari sepeda sehingga tak cukup ruang bagi tas besar untuk menyimpan makanan.

Hal itu membuat dirinya terpaksa membawa tas makanan yang besar di punggung sepanjang perjalanan. Ketika datang untuk mengambil pesanan, dia mengatakan prosesnya lancar karena menemukan pedagang dengan cepat, dan setiap pesanan dikemas dengan benar.

 

1 dari 5 halaman

Tan menambahkan bahwa dia hanya perlu menunggu rata-rata lebih dari tiga menit untuk setiap pesanan meskipun jam makan siang sibuk. Saat berkeliling, Tan mengalami sedikit kesulitan karena tidak tahu di mana harus memarkir sepedanya. Hujan juga turun saat dia berkeliling.

Anthony Tan© LinkedIn Anthony Tan

Terakhir, Tan bercerita kalau dirinya melakukan total empat pengiriman dalam satu setengah hingga dua jam. Menurut Lim, ini sedikit di bawah rata-rata lima pengiriman yang bisa dilakukan pengendara berpengalaman dalam waktu yang sama.

Saat jadi kurir makanan tersebut, rupanya Tan mendapat bimbingan dari Lim. Lim adalah kurir makanan Grab yang cukup andal.

" Dia adalah ayah dari seorang anak berusia 14 tahun, dan dia bekerja setiap hari, menyelesaikan 20-30 pesanan, untuk menghidupi keluarganya Seperti Tuan Lim, jutaan mitra kami melakukan yang terbaik setiap hari untuk orang yang mereka cintai," ungkap Tan.

Sumber: Mothership

2 dari 5 halaman

Grab Rogoh Rp4 Triliun untuk Beli Saham Emtek

Dream – Grab dikabarkan telah memiliki saham perusahaan induk usaha SCTV dan INdosiar, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) sebanyak 4 persen. Saham baru tersebut dibeli dengan nilai transaksi mencapai Rp4 triliun.

Dikutip dari The Straits Times, Selasa 20 April 2021, sumber menyebut Grab membeli saham EMTEK melalui private placement.

Sekadar informasi, pada 5 April 2021, induk SCTV itu mengumumkan telah menyelesaikan private placement senilai Rp9,3 triliun dengan Naver Corporation—web search engine terbesar di Korea, dan sebuah perusahaan investasi bernama H Holdings Inc.

“ Grab membelinya melalui H. Holding,” kata sumber tersebut.

Sejak kabar pembelian saham Emtek ini beredar, mencuatlah isu DANA dan OVO akan merger.

3 dari 5 halaman

Tanggapan Emtek

Manajemen perusahaan EMTEK angkat bicara tentang kabar tersebut. Melalui keterbukaan di idx.co.id, Corporate Secretary EMTEK, Titi Maria Rusli, mengatakan merger DANA dan OVO hanyalah spekulasi. Dikatakan bahwa investasi tersebut tak ada hubungannya dengan berita merger.

“ Sejauh ini, berita merger antara DANA dan perusahaan pembayaran digital OVO hanyalah spekulasi dan investasi yang dilakukan H Holding Inc pada perseroan tidak ada hubungannya dengan berita penggabungan kedua perusahaan pembayaran tersebut,” kata Titi.

4 dari 5 halaman

Kepemilikan H Holding di Emtek Sebesar 4,6 Persen

Dia mengatakan bahwa H Holding Inc merupakan afilisasi dari Grab Holding Inc dan merupakan perusahaan yang telah mengambil bagian atas saham baru yang diterbitkan oleh induk perusahaan SCTV itu melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement yang digelar pada 31 Maret 2021.

“ Kepemilikan saham H Holdings di Emtek adalah sebesar 4,6 persen saham yang diterbitkan oleh Emtek,” kata dia.

Titi menjelaskan Emtek melakukan private placement untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya. Selama beberapa tahun terakhir, perseroan mengembangkan bisnisnya di bidang kesehatan dan ekonomi digital.

5 dari 5 halaman

Kini, Merchant Grab Bisa Chat Pembeli

Dream – Grab mengembangkan fitur untuk memenuhi kebutuhan para merchant. Salah satunya adalah fitur chat di GrabMerchant.

“ Fitur obrolan baru akan memungkinkan pedagang berkomunikasi dengan konsumen tentang pesanan,” kata Head of Products Merchants Grab, Shashank Kohli, dalam konferensi pers virtual.

Di fitur ini, kata Kohli, nomor telepon konsumen akan disamarkan. Tujuannya agar komunikasi antara pembeli dan penjual bisa lebih mudah, misalnya berkomunikasi tentang pesanan.

Sekadar informasi, GrabMerchant adalah platform yang mengintegrasikan layanan pengantaran dan keuangan bagi para mitra Grab. Ada sejumlah fitur di sana, termasuk operasi harian hingga pengoptimalan pertumbuhan.

Di platform ini, ada juga menu insight untuk mengetahui menu apa yang paling laku. Ditambah lagi marketing mandiri untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan.

Hanya dengan beberapa klik dan pengeluaran yang minimal, mitra dapat membuat iklan dan promosi yang berbeda melalui GrabAds.

Reporter: Radhika Nada

Beri Komentar