Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Anggota Keluarga serta Waktu yang Tepat untuk Menyerahkannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 15 Desember 2021 16:35
Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Anggota Keluarga serta Waktu yang Tepat untuk Menyerahkannya
Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta yang kita miliki.

Dream – Di saat bulan suci Ramadan, umat Islam tidak hanya menjalani puasa selama satu bulan penuh saja. Tetapi ada kewajiban lainnya yang juga harus ditunaikan adalah mengeluarkan zakat fitrah. Zakat adalah salah satu dari bagian rukun Islam, lebih tepatnya rukun Islam yang ke-4.

Tujuan dari mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta kita dan membuat puasa kita di bulan Ramadan menjadi lebih sempurna. Mengingat bahwa harta yang kita miliki tidaklah sepenuhnya menjadi milik kita. Tetapi ada juga hak orang lain di dalam harta tersebut.

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari juga dijelaskan tentang mengeluarkan zakat ini sebagaimana dikutip dari zakat.or.id berikut ini:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم    قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا  مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

 Artinya: Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta  mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah SWT.” (HR. Bukhari no. 25; Muslim no. 22).

Nah, dalam mengeluarkan zakat fitrah ini juga ada doa zakat fitrah yang harus sahabat Dream baca. Baik itu untuk diri sendiri, anak, suami atau istri, dan keluarga.

Berikut adalah doa zakat fitrah yang bisa kamu baca saat mengeluarkan zakat fitrah sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Waktu untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah

 

Waktu untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah© Pixabay.com

Untuk mengeluarkan zakat fitrah, ada waktu-waktu tertentu yang harus sahabat Dream perhatikan. Agar nantinya kamu bisa mengeluarkan zakat fitrah di waktu yang benar-benar tepat. Waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah pun dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi berikut ini yang dikutip melalui zakat.or.id:

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ عَمْرِو بْنِ مُسْلِمٍ أَبُو عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدَنِيُّ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ عَنْ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْمُرُ بِإِخْرَاجِ الزَّكَاةِ قَبْلَ الْغُدُوِّ لِلصَّلَاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ وَهُوَ الَّذِي يَسْتَحِبُّهُ أَهْلُ الْعِلْمِ أَنْ يُخْرِجَ الرَّجُلُ صَدَقَةَ الْفِطْرِ قَبْلَ الْغُدُوِّ إِلَى الصَّلَاةِ 

Artinya: “ Telah menceritakan kepada kami [Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza’ Al Madani] telah menceritakan kepadaku [Abdullah bin Nafi’ As Sha`igh] dari [Ibnu Abu Zannad] dari [Musa bin Uqbah] dari [Nafi’] dari [Ibnu Umar] bahwasanya Rasulullah saw memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat shalat) pada hari raya idul fitri. Abu ‘Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih gharib, atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat shalat.” (HR. Tirmidzi: 613).

Zakat fitrah yang dikeluarkan pada waktu yang sudah lewat dari yang sudah ditentukan, maka hukumnya adalah haram. Nah, berikut ini adalah waktu-waktu mengeluarkan zakat fitrah yang bisa menjadi panduan bagi sahabat Dream:

- Waktu harus: pada awal bulan Ramadan hingga di akhir bulan Ramadan.

- Waktu wajib: pada saat matahari sudah terbenam di akhir bulan Ramadan.

- Waktu afdhal: pada saat selesai menjalankan sholat subuh di akhir bulan Ramadan hingga sebelum menjalankan sholat Idul Fitri.

- Waktu makruh: pada saat menjalankan sholat Idul Fitri sampai sebelum terbenamnya matahari.

- Waktu haram: pada saat setelah terbenamnya matahri di hari raya Idul Fitri.

2 dari 3 halaman

Doa Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah© Pixabay.com

 

Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu mendahului segala sesuatu dengan niat, tak terkecuali saat mengeluarkan zakat. Niat tersebut datang dari hati yang tulus dan dilafalkan dalam bentuk bacaan doa. Berikut adalah doa zakat fitrah yang bisa sahabat Dream lafalkan sebagaimana dikutip melalui islam.nu.or.id:

Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُأَﻥْأُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﻧَﻔْسيْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Zakat Fitrah untuk Istri 

ﻧَﻮَﻳْﺖُﺃَﻥْﺃُﺧْﺮِﺝَﺯَﻛَﺎﺓَﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْﻓَﺮْﺿًﺎِﻟﻠﻪِﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki 

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan 

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ ... ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: “ Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

3 dari 3 halaman

Doa Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

 Artinya: Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Zakat Fitrah untuk Penerimanya

Bagi orang yang menerima zakat fitrah juga ada doa yang harus dilafalkan. Di mana doa-doa tersebut adalah doa yang baik untuk orang yang sudah memberikan zakat fitrah. Berikut adalah doa zakat fitrah yang dilafalkan oleh penerimanya: 

ﺁﺟَﺮَﻙﺍﻟﻠﻪُﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ،ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَﻓِﻴْﻤَﺎﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُﻟَﻚَﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

 Artinya: Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Itulah uraian tentang waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat dan doa zakat fitrah yang bisa dibaca saat menyerahkan zakat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Beri Komentar