Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Dream - Belakangan ini banyak pengusaha yang menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan branding dan reputasi bisnis.
Penggunaan jasa influencer memang seolah menjadi tren yang dapat menonjolkan suatu produk dan dikenal luas oleh masyarakat, khususnya bagi followers media sosial sang influencer.
Pertanyaannya, bagaimana pengaruh influencer terhadap bisnis para pengusaha, khususnya untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)?
Aktivis Brand Lokal, Arto Biantoro, mengatakan adanya influencer atau bisa disebut dengan key opinion leader (KOL) dapat berpengaruh, namun bisa juga tidak berdampak.
" Ada yang berdampak dan nggak berdampak. Cuma kalau umkm berharap artis menyelesaikan semua masalahnya si nggak mungkin," katanya seusai acara Blibli Pejuang Lokal 2023 Press Conference di Jakarta, Senin 14 Agustus 2023.
Arto menilai, pengusaha tidak bisa menggantungkan kenaikan penjualan pada KOL. Menurutnya meskipun menggunakan influencer, sebuah brand tetap memerlukan akselerasi yang lebih luas dengan masyarakat.
" Tapi apakah KOL membantu? Menurutku kaya makan harus minum, harus ada orang yang dipercaya tapi kan lama-lama audience juga tahu ini pasti dibayar, terlepas bahwa itu penting dia harus bisa berpihak," terangnya.
Sebuah brand, tambah Arto, harus menumbuhkan konsumen ke tahap cinta dan hal itu juga harus dilalui dengan sebuah proses.
" Kalau cerita yang udah sampai diinvest ya itu udah another goal game ya. misalnya semua ingin menjadi kopi kenangan yang nggak bisa, setiap orang ada perjalanan hidupnya sendiri-sendiri," katanya.
Arto menyampaikan ada empat tahap membangun brand. Pertama dengan 'kenal', yakni brand mempunyai nama identitas, kemasan, promosi, hingga channel distribusi. Konsumen baru di tahap " saya tahu kamu" .
Kedua adalah 'rasa', di mana brand mempunyai cerita, inisiatif, project, penghargaan, hingga ada media yang meliput. Konsumen akan naik level sampai " saya mengikuti kamu" .
Ketiga dengan tahap 'paham', brand mempunyai komunitas, ekosistem, waktu atau konsistensi dan inovasi. Konsumen akan mencapai level " saya rasa kamu keren" .
Terakhir yakni ditahap 'cinta', brand mempunyai gerakan, program, relasi, kegiatan berbagi, nilai hingga kepercayaan. Maka konsumen dapat masuk ke level " saya lakukan yang kamu lakukan" .
Dalam kesempatan yang sama, menjelang peringatan HUT ke-78 RI, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) memberikan serangkaian promo belanja spesial untuk produk-produk Pejuang Lokal, mulai dari cashback up to Rp170 ribu hingga flash sale serba Rp17 ribu yang berlangsung pada 14-18 Agustus 2023.
Tahun ini, kampanye Pejuang Lokal menggaet empat brand asal Indonesia, yakni Acaii Tea, Buttonscarves, Eiger, dan Realfood. Keempat brand lokal inspiratif ini mengusung nilai-nilai yang sejalan dengan Blibli, yakni inovasi, kualitas dan orisinalitas produk yang pada akhirnya meningkatkan nilai dari brand dan kebanggaan penggunanya.
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas