Gaji 2 Jutaan Masih Bisa Nabung Kok, Begini Caranya!

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 3 September 2019 15:27
Gaji 2 Jutaan Masih Bisa Nabung Kok, Begini Caranya!
Gunakan beberapa cara menabung berikut ini bagi yang punya pemasukan sekitar atau di bawah Rp2 juta.

Ada saja alasan untuk menahan diri menabung, salah satu yang paling sering digunakan adalah gaji yang pas-pasan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal jika dikelola dengan bijak, Sahabat Dream masih bisa menabung untuk mempersiapkan masa depan. Gunakan beberapa cara menabung berikut ini bagi yang punya pemasukan sekitar atau di bawah Rp2 juta.

Ketat Atur Pengeluaran

Ada saja yang bisa bikin pengeluaran membengkak, mulai dari produk kecantikan favorit yang lagi didiskon hingga ajakan berlibur dari teman yang tak bisa ditolak. Ini saatnya mengatur anggaran pengeluaran dengan ketat agar kebutuhan utama dapat terpenuhi. Lakukan sebelum tanggal gajian sehingga punya cukup waktu untuk menyusun anggaran dan terhindar dari pemborosan akibat membelanjakan gaji untuk hal-hal yang nggak penting.

Tetapkan Target

Memiliki target akan membuatmu lebih terpacu untuk mengikuti anggaran yang sudah dibuat. Tetapkan jumlah uang yang akan disimpan dan berapa yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Idealnya, pengeluaran dialokasikan antara 30-50% dari pemasukan setiap bulannya. Besarnya nominal pun bisa berbeda, tergantung dari gaji bulanan yang didapat.

Miliki Beberapa Rekening Tabungan

Tidak sedikit yang mengalami kesulitan menabung dengan nominal gaji yang terbilang kecil. Tapi hal ini bisa disiasati dengan membuat beberapa rekening tabungan dari bank yang berbeda.

Lebih baik lagi jika memilih tabungan dengan minimal potongan atau tanpa ATM sehingga uang yang disimpan tetap utuh. Rekening lainnya dipakai untuk mengelola uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. hal ini akan membantumu untuk mengatur keuangan dan tetap dapat menabung.

Dorong Diri Menabung Tiap Hari

Mendorong diri untuk menabung setiap harinya bisa membantumu untuk menghemat pengeluaran. Jika dikumpulkan, nominalnya pun bisa jadi cukup besar dan dapat menambah jumlah tabungan. Mulailah dengan mencari metode yang paling cocok untuk Sahabat Dream, misalnya menarget nominal uang yang sama untuk ditabungkan setiap hari atau menabung uang koin yang didapat sehari-hari.

Mulai Berinvestasi

Selain memiliki rekening tabungan, tidak ada salahnya untuk mencoba mulai berinvestasi, seperti deposito atau reksadana. Kini, ada banyak jenis investasi bermodal kecil yang cocok buat yang bergaji di kisaran Rp2 jutaan. Seperti investasi emas yang harganya cukup stabil, bahkan bisa dibeli dengan cara mengangsurnya.

Stop Gunakan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit, kartu debit, atau aplikasi pembayaran digital memang memudahkanmu untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai. Sayangnya, kemudahan ini pun seringkali menggodamu untuk belanja berlebihan. Daripada menumpuk utang atau tabungan habis karena sulit mengerem keinginan berbelanja, sebaiknya tinggalkan kartu ATM atau kartu kredit di rumah dan hanya keluarkan uang sesuai dengan keperluan.

Berapapun gaji yang didapat, baik kecil maupun besar seharusnya tidak menghalangi niatmu untuk menabung. Miliki pola hidup hemat yang akan membantumu untuk menabung dan mengamankan kondisi finansial hingga masa tua nanti. (eth)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik