Walikota Bandung, Ridwan Kamil.
Dream – Pemerintah Kota Bandung menempuh berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satunya dengan menggandeng salah satu media sosial, Facebook.
Dilansir dari Bandung.Merdeka.com, Kamis 1 September 2016, kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dengan Head of Economic Growth Initiatives APAC Facebook, Clair Deevy.
Ridwan Kamil, yang karib disapa Kang Emil, mengatakan kunjungan Facebook ke Bandung kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Dengan kerja sama ini, Emil menginginkan pasar UMKM Bandung bisa meningkat.
“ Kami mengharapkan bisnis ini bisa menjadi instrumen untuk meningkatkan pasar produk UMKM di Bandung,” kata di sela acara “ Boost Your Business, Bandung” di UPT Sentra Industri dan Perdagangan TPT Cigondewah, Bandung.
Emil mengatakan ada 150 UMKM di Bandung yang terdaftar di Facebook. Dia berharap jumlah UMKM Bandung yang terdaftar di Bandung bisa lebih banyak. Seraya mengatakan, tak gampang bagi UMKM untuk bisa mejeng di laman Facebook.
UKM yang lolos seleksi harus lulus sertifikasi dan mengikuti pelatihan UMKM serta produk yang dijual bukanlah produk abal-abal dan melanggar etika.
“ Barang yang dijual (harus) berkualitas. Kami percaya diri kelompok yang bergabung di sini dengan cara marketingnya sudah standar modern dan etika bisnis juga harus dijaga,” kata dia.
Emil mengatakan bisnis di Bandung merupakan kelompok yang mengalami transisi menuju ke ekonomi digital. Dia yakin kerja sama dengan Facebook bisa memajukan kesejahteraan ekonomi Kota Bandung. Tak hanya itu, dia juga berharap produk asal Bandung dapat dikenal hingga mancanegara.
“ Sebagai warga yang kreatif, kami harus jago ekonominya sebab ke depannya proses transaksi itu tak harus datang ke toko untuk membeli, tapi juga lewat ekonomi digital,” kata dia.
Mengapa Facebook memilih Bandung?
© Dream
Sementara itu, Deevy mengatakan Bandung dipilih sebagai salah satu kota yang dipilih untuk kerja sama. Sebab, Bandung merupakan salah satu kota yang pengguna Facebook-nya paling besar di Indonesia dari total pengguna Facebook di Indonesia yang sebanyak 88 juta pengguna.
“ Dengan jumlah yang banyak, jika kita berdagang di iklan Facebook, dagangan produk kota Bandung pasti laku dan terus dipasarkan,” kata dia.
Deevy mengatakan kerja sama ini berbentuk bantuan untuk akses dan mengatur halaman bisnis di Facebook. Dikatakan ada dua halaman Facebook untuk kerja sama ini, yaitu Little Bandung dan halaman bisnis UMKM.
“ Jangan asal upload, harus yang berkualitas. Marketing harus bagus dengan cara marketing modern dan tidak terkesan asal-asalan,” kata dia.(Sah)
Advertisement
Habib Husein Jafar Bagikan Momen Saat Jenguk Onad di Panti Rehabilitasi

Perdana, Kate Middleton Kenakan Tiara Bersejarah Berhias 2.600 Berlian

Update Korban Banjir Sumatera: 846 Meninggal Dunia, 547 Orang Hilang

Anggota DPR Minta Menteri Kehutanan Raja Juli Mundur!

Salut! Praz Teguh Tembus Aras Napal, Daerah di Sumut yang Terisolir karena Banjir Bandang


PLN Percepat Pemulihan Jaringan Listrik di 3 Wilayah Bencana

Potret Persaingan Panas di The Nationals Campus League Futsal 2025

PNS Dihukum Penjara 5 Tahun Setelah Makan Gaji Buta 10 Tahun

Ada Kuota 5 Persen Jemaah Haji Lansia di Setiap Provinsi, Ini Ketentuannya

Habib Husein Jafar Bagikan Momen Saat Jenguk Onad di Panti Rehabilitasi

Perdana, Kate Middleton Kenakan Tiara Bersejarah Berhias 2.600 Berlian

Update Korban Banjir Sumatera: 846 Meninggal Dunia, 547 Orang Hilang