Ganjaran Pasangan Penjual Kue Lebaran 'Gaib'

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 4 Juli 2017 09:44
Ganjaran Pasangan Penjual Kue Lebaran 'Gaib'
Polisi menerima laporan antara tanggal 19 dan 21 Juni dari korban penjual kue Lebaran 'gaib' itu...

Dream - Seorang pasangan ditangkap karena diduga terlibat dalam beberapa kasus penipuan terkait penjualan kue Lebaran yang sebenarnya tidak ada.

Polisi Singapura menerima laporan antara tanggal 19 dan 21 Juni dari korban yang merasa ditipu setelah memesan biskuit dan kue Lebaran yang diiklankan melalui Instagram.

Menurut media lokal, saat menghubungi penjual, korban diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Termakan dengan ucapan di penjual, paraa korban memenuhi permintaan itu.

Namun saat ditunggu, pesanan kue tak juga kunjung datang. Sementara nomor kontak si penjual tidak dapat dihubungi lagi. 

Para petugas dari Polisi Divisi Bedok melakukan investigasi menyeluruh setelah menerima laporan dari korban. Usai melakukan penyelidikan, akhirnya polisi berhasil mengetahui pelaku yang ternyata pasangan yaitu seorang perempuan berusia 23 tahun, dan seorang pria berusia 32 tahun pada 29 Juni.

 

1 dari 1 halaman

Hukum Penjara dan Denda

Perempuan itu telah dituntut di pengadilan pada 1 Juli kemarin atas tuduhan penipuan. Dia bisa dijatuhi hukuman penjara hingga 10 tahun dan didenda. Sementara penyidikan terhadap tersangka pria masih berjalan.

Berbelanja barang secara online memang lebih mudah. Namun polisi menganjurkan supaya membeli produk hanya dari toko resmi. Polisi juga meminta masyarakat untuk mengambil berbagai langkah pencegahan di antaranya:

- Sangat berhati-hati jika orang yang menjual barang secara online adalah orang yang tidak dikenal;

- Sebelum melakukan setiap transaksi, pastikan bagaimana situs itu melindungi kepentingan penjual atau dapat membantu penjual menyelesaikan masalah jika terjadi perselisihan;

- Jika memungkinkan, lakukan pembayaran hanya setelah barang yang dipesan telah sampai di tujuan;

- Jika pembayaran harus dibuat terlebih dahulu, gunakan platform belanja yang dapat mentransfer uang kepada penjual hanya setelah pembeli berhasil menerima barang yang dipesan.

(Sumber: mynewshub.cc)

Beri Komentar