Geger Pramugari Dilecehkan Penumpang, Ini Kata Garuda

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 Mei 2016 11:01
Geger Pramugari Dilecehkan Penumpang, Ini Kata Garuda
"Tolong jangan artikan keramahan kami dengan sembarangan"

Dream - Kejadian tak menyenangkan dialami awak kabin maskapai penerbangan nasional. Salah seorang pramugari PT Garuda Indonesia Tbk mengalami pelecehan oleh penumpang. Kejadian tersebut menjadi viral di media sosial.

Manajemen Garuda Indonesia membenarkan adanya peristiwa tersebut. Maskapai penerbangan pelat merah ini menyesalkan terjadinya peristiwa tersebut.

VP Corporate Communication Garuda, Benny S. Butarbutar, memgatakan pelecehan seksual itu terjadi tatkala pramugari mereka sedang bertugas di dalam pesawat.

" Pramugari kami sedang membagikan makanan dan minuman kepada penumpang dengan ramah. Tolong jangan artikan keramahan kami dengan sembarangan," kata Benny di Jakarta, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin, 30 Mei 2016.

Benny menceritakan, usai kejadian tersebut, si pramugari lantas melaporkan ke Captain dan Flight Service Manager (FSM/purser) yang bertugas. Selanjutnya, captain dan FSM melakukan konfirmasi dan mencoba menjelaskan permasalahan yang ada ke penumpang tersebut.

Sesaat setelah mendarat di Yogyakarya, kata Benny penumpang yang bersangkutan langsung ditangani oleh petugas Avsec (aviation security - keamanan penerbangan yang ada di bandara) dan tim Garuda Indonesia di Yogyakarta.

" Selama proses penyelesaian permasalahan, awak kabin didampingi Captain, FSM dan perwakilan Garuda Indonesia setempat. Untunglah kasusnya  bisa terseleasaikan dengam baik setelah penumpangnya mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya," kata dia.


1 dari 4 halaman

Awal Mula Kasus Pelecehan Pramugari Garuda

Seperti yang diketahui, kabar pelecehan seksual ini terjadi tatkala pramugari membagi-bagikan makanan kepada penumpang di pesawat GA216. Hal ini diketahui dari posting-an pengguna Facebook berakun " Mahdi Abdullah" .

 

© FB Mahdi Abdillah



" Sore ini di flight GA216, ketika pramugari menawarkan minuman, penumpang di depanku memesan susu. Kemudian, penumpang sebelahnya menimpali susu yang kanan atau yang kiri. Percakapan selanjutnya gak jelas dam mereka berdua ketawa-ketawa.
Si pramugari gak terima dan perkara berbuntut panjang. Penumpang diinterogasi kru pesawat selama penerbangan.
Dan jetija pesawat mendarat, pintu pesawat sudah dijaga sejumlah pengamanan bandara. Entah apa yg terjadi setelah itu.

Guys, pramugari khususnya Garuda memang ramah, tapi jangan coba-coba bikin masalah, terutama soal sexual harassment, or you'll end up in troonfirmasisnya bahwa pramugari itu  kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Captain dan Flight Service Manager (FSM/purser) yang bertugas. Selanjutnya Capt dan FSM melakukan onfirmasi dan mencoba menjelaskan permasalahan yang ada ke penumpang tersebut."

2 dari 4 halaman

Foto Pramugari AirAsia Sholat di Pesawat Bikin Haru


Dream -
 Profesi pramugari kerap diidentikkan dengan pakaian seksi dan gaya hidup bebas. Namun foto-foto ini seolah menepis anggapan tersebut.

Baru-baru ini dua foto pramugari menjadi viral dan ramai diperbincangkan di media sosial. Foto-foto tersebut memperlihatkan seorang pramugari Maskapai AirAsia tengah mengerjakan salat lima waktu di dalam pesawat, di sela-sela aktivitasnya.

Apa yang dilakukan pramugari ini pun menuai pujian banyak netizen. Foto-foto yang beredar itu seolah menegaskan, anggapan kebanyakan orang terhadap profesi pramugari selama ini salah.

Sebagian besar netizen salut dan memberikan reaksi sangat positif. Berikut foto-foto pramugari Air Asia yang beredar di media sosial.

© Dream

© Dream

(Ism, Sumber: mynewshub)

3 dari 4 halaman

Sajikan Makanan Basi, Respon Pramugari Ini Bikin Emosi

Dream - Keributan terjadi di Bandara Raja Bhoj di Bhopal, India akhir pekan lalu. Penyebabnya, sejumlah penumpang pesawat maskapai Air India protes lantaran disajikan makanan basi dalam penerbangan.

Segera setelah pesawat dengan kode penerbangan AI-435 mendarat di Bandara Raja Bhoj, para penumpang menggeruduk kantor pelayanan Air India di bandara tersebut. Mereka mengeluhkan makanan basi yang disajikan.

Para penumpang sebetulnya sudah memprotes saat berada di dalam pesawat. Bukannya dilayani dengan baik, para penumpang yang justru mendapat jawaban kurang menyenangkan. Para pramugari mengatakan kepada penumpang untuk memakan makanan tersebut atau membuangnya.

Di dalam penerbangan tersebut ternyata ada Anggota Parlemen Rajya Sabha Chaudary Munawwar Saleem. Dia juga mengalami apa yang dialami para penumpang maskapai tersebut.

Tetapi, pengelola maskapai membantah kabar tersebut. Mereka mengatakan tidak menerima keluhan apapun dari penumpang.

" Manajemen telah memerintahkan penyelidikan terkait keluhan yang mereka terima," ujar juru bicara pengelola Air India yang tidak berkenan disebut namanya.

Tuduhan terkait makanan semacam ini ternyata bukan hal baru di India. Pada 2015, seorang pengguna twitter mengunggah foto makanan yang terdapat kadal di dalamnya saat penerbangan dari Delhi menuju London.

Hal itu mengguncangkan dunia maya dan memaksa Menteri Penerbangan Sipil Ashok Gajapathi Raju membuat pernyataan. Pada kasus tersebut, otoritas Air India membantah tuduhan itu dengan mengatakan palsu dan tidak berdasar.

Sumber: hindustantimes.com

4 dari 4 halaman

Rahasia di Balik Maskapai yang Pramugarinya Berpakaian Syur

Dream - Seperti orang Asia pada umumnya, Nguyen Thi Phuong Thao adalah wanita Vietnam yang cenderung mengembangkan senyum setiap kali berbicara.

Tapi jangan salah, meski terlihat begitu, Thao adalah wanita besi yang memiliki perusahaan penerbangan murah swasta terbesar di negaranya.

Sebagai pendiri dan CEO VietJet, dia telah mengembangkan satu-satunya operator penerbangan murah yang pertumbuhannya begitu cepat. Kurang dari lima tahun setelah membuka bisnis, volume penumpang VietJet telah melampaui Vietnam Airlines, maskapai nasional negara itu.

Thao kemudian menjelaskan bahwa dia adalah orang yang suka melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

" Ketika anak pertama saya berumur beberapa bulan, saya mulai melakukan riset tentang peluang penerbangan murah," kata wanita berusia 45 tahun itu. " Lalu saya menghabiskan 10 tahun berikutnya meneliti penerbangan, bertemu dengan para CEO dari berbagai operator penerbangan murah seperti Jetstar, Air Asia dan Southwest Airlines."

Industri penerbangan adalah bidang yang cukup baru bagi Thao, yang sebelumnya berbisnis real estate di Vietnam.

Thao mengatakan rahasianya untuk sukses adalah riset dan waktu. Pada tahun-tahun sebelum VietJet melakukan penerbangan pertama pada Desember 2011, tidak ada operator penerbangan murah swasta di Vietnam. Sementara kelas menengah tumbuh dan pemerintah membuka keran sektor penerbangan secara luas.

Pada tahun 2012, maskapai baru yang dirintis Thao membuat berita utama di media massa setelah menampilkan pertunjukan pramugari yang cantik, seksi, muda dan memakai pakaian bikini dalam penerbangan pesawat.

Meski penerbangan dengan pramugari berbikini sudah tidak lagi dijalankan, namun bukan berarti itu adalah terakhir kalinya.

" Jika hal-hal yang indah membantu pelanggan kami merasa senang, kita akan selalu mencoba yang terbaik," kata Thao.

Menjawab kritik bahwa pramugari berbikini adalah tontonan yang melecehkan perempuan, Thao mengatakan itu hanya untuk menyenangkan penumpang.

" Di dunia ini, ada banyak kontes kecantikan di mana para kontestan mengenakan bikini dalam kompetisi. Bikini menunjukkan karakteristik yang indah. Pesan kami di VietJet adalah kami melakukan ini untuk menciptakan keindahan dan kebahagiaan."

Fokus VietJet saat ini adalah pasar domestik. Bisnis VietJet meliputi 34 rute domestik dan 16 rute internasional, termasuk penerbangan ke Singapura, Thailand dan Myanmar.

Dan dengan rencana ekspansi yang ambisius, VietJet dilaporkan berencana untuk melakukan penawaran publik perdana atau IPO tahun ini.

Thao tidak mengkonfirmasi berapa banyak dana yang diharapkan dari IPO atau persentase saham perusahaan yang akan dilepas. Akan tetapi dia mengatakan rencananya adalah untuk memperluas rute internasional ke Asia Utara dan Asia Timur Laut, ke tujuan baru 5-6 jam dari Vietnam.

Rute tersebut kemungkinan termasuk ke Tiongkok, Rusia dan Jepang (Tokyo, Nagoya, Fukuoka).

IPO tersebut akan melancarkan rencana VietJet untuk meningkatkan armada di tahun 2016 dari 36 ke 45 unit A320 dan A321. Maskapai ini juga ingin menambahkan dua lagi rute domestik dan 18 rute internasional tambahan.

(Sumber: asiaone.com)

[crosslink_1]

Beri Komentar