Kontribusi Ekosistem Gojek untuk Perekonomian Indonesia Tembus Rp249 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 27 Oktober 2021 14:14
Kontribusi Ekosistem Gojek untuk Perekonomian Indonesia Tembus Rp249 Triliun
Angka ini naik double digit dibandingkan tahun 2020.

Dream – Sejak didirikan sebelas tahun lalu, Gojek terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mitra bisnisnya. Kini, platform itu menjadi andalan masyarakat Indonesia, bahkan sudah merambah Asia Tenggara.

Co-founder dan CEO Gojek, Kevin Aluwi, mengatakan, kini Gojek telah mengantongi dua juta mitra driver dan satu juta mitra usaha. Aplikasinya pun telah diunduh sebanyak 190 juta di Asia Tenggara per Juni 2021.

“ Kami terus hadirkan inovasi dan teknologi terbaru guna menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan sehari-hari masyarakat,” kata Kevin dalam konferensi pers virtual Gojek, Rabu 27 Oktober 2021.

Menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), kata dia, kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial senilai Rp249 triliun (di luar Tokopedia). Angkanya sekitar 1,6 persen dari PDB Indonesia. Kontribusi ini meningkat 60 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“ Angka yang besar ini hampir semuanya tersalur ke mitra-mitra kami,” kata Kevin.

Selain itu, lanjut dia, riset ini menunjukkan mayoritas konsumen Gojek juga loyal. Ditemukan 86 persen pelanggan tetap menggunakan layanan platform itu meskipun tak ada promo.

“ Mayoritas pelanggan mau menggunakan layanan Gojek tanpa promo. Benar-benar konsumen yang membutuhkan layanan, bukan karena tergiur promo,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Berhadiah Total Rp250 Juta, Gojek-AMSI Gelar Penghargaan Karya Jurnalistik

Dream – Gojek kembali menggelar ajang penghargaan bagi jurnalis lewat ajang bernama Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) yang kali ini memasuki tahun kedua. Deang ajang ini diharapkan akan lahir karya jurnalistik berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, serta berkontribusi membangun ekonomi digital di Indonesia.

Dikutip dari keterangan tertulis Gojek, Selasa 28 September 2021, ajang KPAB yang pertama kali digelar tahun 2020 itu akan digelar mulai 27 September 2021 hingga 30 Oktober 2021, Ajang ini menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

 

© Dream

 

Selain sebagai lomba karya tulis, kompetisi ini juga bertujuan membangun semangat masyarakat di tengah pandemi yang masih berlangsung, untuk produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Program KPAB 2021 ini juga bagian dari perayaan 11 tahun Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

“ Insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik,” kata VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey Progastama Petriny di Jakarta.

© Dream
2 dari 5 halaman

Berperan Besar dalam Mendorong Gojek untuk Berinovasi

Audrey mengatakan insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu berinovasi guna mendukung masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan tetap produktif meski kita masih berada di tengah pandemi. Melalui penyelenggaraan KPAB 2021, Gojek berharap semakin banyak karya-karya jurnalistik berkualitas.

“ Karya jurnalistik yang lahir untuk mengajak masyarakat tetap positif dan produktif di tengah pandemi ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh platform digital,” kata dia.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, menyambut baik kolaborasi tersebut. Inisiatif itu sejalan dengan semangat AMSI untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas.

“ Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” kata Wenseslaus Manggut.

3 dari 5 halaman

Angkat Tema Ini

Gojek dan AMSI mengundang jurnalis cetak dan online di nasional dan daerah untuk berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya. Tema utama KPAB 2021 adalah: “ Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi”.

#BangkitBersama adalah gerakan yang diinisiasikan ekosistem GoTo, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bangkit dari pandemi COVID-19.
Teknologi dan layanan di GoTo mampu memberikan kontribusi sosial, di samping berbagai solusi bagi pelanggan, para UMKM dan juga pekerja sektor informal sehingga dapat mendukung masyarakat luas untuk #BangkitBersama menghadapi pandemi ini.

Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media di cakupan wilayah sebagai berikut:

a) Nasional & Jabodetabek
b) Sumatra: Medan, Palembang, Batam
c) Indonesia Timur: Makassar, Manado, Balikpapan Banjarmasin
d) Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta: Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo
e) Jawa Timur, Bali: Surabaya, Malang, Bali

Pemenang akan dipilih dari masing-masing wilayah tersebut.

© Dream
4 dari 5 halaman

Syarat dan Hadiah

Karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba adalah feature dengan batas karakter 2 ribu-5 ribu, yang dimuat di media cetak dan online mulai 1 September-30 Oktober 2021.

Para pemenang untuk masing-masing kategori wilayah akan mendapatkan hadiah berupa:

Kategori Nasional & Jabodetabek

Panitia akan memilih 18 peraih penghargaan dengan rincian hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
  • Juara 2: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
  • Juara 3: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
  • 15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Kategori Regional

Panitia akan memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah regional Sumatra, Indonesia Timur, Jabar Jateng DIY, Jatim Bali:

  • Juara 1: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
  • Juara 2: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
  • Juara 3: Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
  • 15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta
5 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

© Dream
Beri Komentar