Grab Raih Suntikan Rp9,8 T, Bisnis Ojek Online Memanas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 21 September 2016 06:15
Grab Raih Suntikan Rp9,8 T, Bisnis Ojek Online Memanas
Dana ini akan digunakan untuk memperkuat bisnis transportasi mereka.

Dream – Persaingan bisnis layanan kendaraan berplatform online bakal semakin memanas. Salah satu platform pemesanan kendaraan online, Grab, memperolah suntikan dana dari Softbank. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai US$750 juta atau Rp9,8 triliun.

Sebelumnya, perusahaan aplikasi pemesanan ojek online, Go-Jek, dilaporkan mendapatkan kucura dana dari investor KKR &Co Warburg Pincus LLC, dan beberapa investor lain. Nilainya sedikti lebih kecilyaitu US$ 400 juta, atau setara Rp5,2 triliun.

“ Pendanaan terbaru ini yang merupakan pendanaan terbesar dalam sejarah teknologi konsumen Asia Tenggara telah memperkuat kami untuk memimpin pasar,” kata CEO and Co-Founder Grab, Anthony Tan, di Singapura, dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 20 September 2016.

Anthony mengatakan peluang pasar Indonesia masih besar. Potensi pasarnya diprediksi mencapai US$15 miliar atau Rp197 triliun untuk industri ini. Potensi Grab juga tak kalah besar. Sistem pembayaran elektronik Grab, GrabPay, diakui masih masih besar.

“ Saya yakin bahwa platform teknologi, data science, dan machine learning yang kami miliki akan terus berkembang guna mendukung ambisi kami di kawasan ini,” kata dia.

Sementara itu, Chairman and CEO Softbank, Masayoshi Son, menyambut baik kerja sama pendanaan dengan Grab. Dikatakan bahwa Grab memiliki ekosistem internet untuk generasi berikutnya.

“ Kami berkomitmen untuk mendukung jawara-jawara lokal, seperti Grab yang memiliki visi akan ekosistem internet generasi berikutnya dan tentunya kami menyambut baik peluang berpartisipasi dalam kesuksesan jangka panjang mereka,” kata Masayoshi.(Sah)

Beri Komentar