Asal Usul Kekayaan Terbesar 3 Menteri Ekonomi Baru Ini Punya 1 Kesamaan

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 23 Desember 2020 08:12
Asal Usul Kekayaan Terbesar 3 Menteri Ekonomi Baru Ini Punya 1 Kesamaan
Sandiaga Uno jadi pemilik harta terbanyak disusul Sakti Wahyu Trenggono, dan M Lutfi. Tapi ada satu kesamaan di antara mereka

Dream - Tiga wajah baru akan menjadi anggota tim ekonomi Kabinat Indonesia Maju setelah Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin memutuskan melakukan reshuffle kabinet. Satu dari tiga nama tersebut pernah menjadi seorang menteri.

Ketiga menteri tersebut adalah Sandiaga Salahuddin Uno yang diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Mohammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Namun terakhir ini pernah menjabat sebagai Mendag selama 7 bulan semasa Kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Saat mengulik harta ketiga menteri ekonomi baru Jokowi ini, sosok Sandiaga Uno akan langsung diketahui sebagai menteri dengan kekayaan terbanyak di antara mereka.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sandiaga memang sudah malang melintang di dunia bisnis. Salah satu kendaraan bisnis terkenalnya adalah PT Saratoga Investama Sedaya yang telah menjadi emiten di Bursa Efek Indonesia.

Bagaimana dengan dua menteri ekonomi baru pilihan Jokowi? Yuk langsung saja cek harta kekayaan mereka.

 

1 dari 3 halaman

1. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Menteri Ekonomi Baru© (Foto: Instagram Sekretariat Kabinet)

Dibandingkan 2 kolega, Lutfi menjadi menteri yang pernah merasakan duduk di kabinet dari presiden berbeda. Kembali ke Kementerian Perdagangan, Lutfi pernah menjadi Mendag di masa kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono.

Meski kaya secara pengalaman, Lutfi menjadi menteri baru di tim ekonomi Kabinet Indonesia Maju yang memiliki kekayaan paling sedikit. Dalam LHKPN terakhir yang dilaporkan 30 Desember 2014, Lutfi mengaku hanya memiliki kekayaan Rp123,55 miliar dan US$4,51 juta.

Tiga hal yang sama dari ketiga menteri ini adalah sumber kekayaan terbesra Lutfi berasal dari surat berharga yang saat itu bernilai Rp85,77 miliar dan US$4,4 juta.

Kekayaan Lutfi lainnya adalah 3 tanah dan bangunan di Jakarta Selatan yang bernilai Rp37,75 miliar, harta bergerak lainnya Rp8,67 miliar, dua mobil mewah senilai Rp2 miliar, serta giro dan setara kas senilai Rp2,54 miliar dan US$101.883.

Kekayaan kotor Lutfi yang sebenarnya mencapai Rp136,74 miliar berkurang karena dia masih memiliki utang senilai Rp13,19 miliar.

2 dari 3 halaman

2. Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Ekonomi Baru© (Foto: Instagram Sekretariat Kabinet)

Terbilang wajah baru di dunia birokrasi dibandingkan dua menteri ekonomi baru lainnya, nama Sakti Wahyu Trenggono melesat setelah didapuk menjadi wakil menteri pertahanan mendampingi Prabowo Subianto.

Kini Jokowi memberikan tugas baru kepada Sakti untuk menjadi nahkoda dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menggantikan Eddy Prabowo yang terjerat kasus korupsi.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan kepada KPK 16 Januari 2020 lalu, Sakti melaporkan kekayaan senilai Rp1,94 triliun. Harta tersebut terbagi atas tanah dan bangunan, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

Dari berbagai aset yang dimilikinya, kekayaan Sakti terbesar berasal dari surat berharga yang bernilai Rp1,66 triliun. Sakti diketahui pernah menjadi bos di PT Solusindo Kreasi Pratama dan PT Tower Bersama Infrastruktur.

Kekayaan terbesar kedua berasal dari tanah dan bangunan senilai Rp54,48 miliar. Aset berupa tanah diketahui terdapat di 42 lokasi tersebar di Sragen, Jakarta, serta Bekasi.

Untuk transportasi, Sakti memiliki kekayaan senilai Rp6,1 miliar dengan koleksi mobil berupa Land Rover RR Jeep, Sedan Audi RS 5, Toyota Vellvire 2,5 G, dan Audi Q3 Jeep. Dia hanya melaporkan satu sepeda motor Honda Beat senilai Rp12 juta.

 

3 dari 3 halaman

3. Menparkeraf Sandiaga Uno

Menteri Ekonomi Baru© (Foto: Instagram Sekretariat Kabinet)

Di antara tiga menteri ekonomi baru, Sandiaga Uno menjadi pemilik harta kekayaan terbanyak. Dalam LHKPN tercatat kekayaan mantan calon wakil presiden yang pernah bersaing dalam Pilpres 2019 ini memiliki harta sampai Rp5,09 triliun.

Sama seperti Sakti, sumber kekayaan terbesar Sandiaga berasal dari surat berharga yang mencapai Rp4,7 triliun. Sandiaga diketahui sebagai pemilik dari perusahaaninvestasi Saratagoga.

Kekayaan terbesar lainnya dari Sandiaga adalah kas dan setara kas senilai Rp495,9 miliar, tanah dan bangunan senilai Rp191.64 miliar, harta lainnya Rp41,29 miliar, dan harta bergerak lainnya Rp3,2 miliar.

Namun untuk alat transportasi dan mesin, Sandiaga ternyata bukan penggemar otomotif terbukti dari hartanya yang cuma bernilai Rp325 juta. Di sisi lain, Sandiaga juga melaporkan memiliki utang senilai Rp340 miliar.

Beri Komentar