Harta Orang Terkaya Indonesia Hilang Rp 120 Triliun

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 4 Desember 2015 17:00
Harta Orang Terkaya Indonesia Hilang Rp 120 Triliun
Dari 50 orang terkaya di Indonesia, sebanyak 28 diantaranya harus rela hartanya berkurang.

Dream - Kekayaan para hartawan terkaya di Indonesia hilang dalam sekejap. Majalah bisnis Forbes menaksir, kekayaan 50 orang terkaya Indonesia berkurang 9 persen pada tahun ini. Itu sama dengan uang senilai US$ 9 miliar, setara Rp 120,73 triliun.

Berkurangnya harta kekayaan miliarder Indonesia ini dipicu pelemahan rupiah, harga minyak yang turun, serta anjloknya harga komoditas batu bara dan minyak kelapa sawit (CPO).

Dari 50 orag terkaya Indonesia, Forbes melaporkan 28 diantaranya harus kehilangan uang cukup besar. Berada di peringkat teratas adalah Edwin Soeryadjaya dan Sukanto Tanoto.

Mereka berdua memang mengandalkan kekayaan dari bisnis komoditas. Edwin adalah pengusaha pemilik 60 persen saham Saratoga Investama Sedaya yang menginvestasikan dananya di bisnis batu bara, Migas, dan CPO.

Sementara Sukanto Tanoto adalah pengusaha pemilik bisnis kelapa sawit lewat bendera Asian Agri. Valuasi yang menurun bahkan membuat nama Sukanto tergusur di jajaran orang terkaya Indonesia.

Forbes melaporkan hanya 10 miliarder Indonesia yang berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya pada tahun penuh cobaan ini. Sisanya, harus ikhlas kekayaanya berkurang rata-rata US$ 370 juta dengan penuruan 19 persen.

Nama miliarder besar lain yang juga bernasib kurang beruntung tahun ini adalah Syamsul Nursalim dan The Ning King. Saham perusahaan milik kedua miliarder ini anjlok hingga 45 persen.

1 dari 2 halaman

Inilah Negara Terkaya di Dunia

Dream - Banyaknya negara di dunia ini membuat sistem perekonomian begitu sangat tergantung satu sama lain. Setiap negara saling berlomba-lomba untuk maju dan berkembang.

Bahkan tidak sedikit yang membuat organisasi dan komunitas untuk saling membantu meningkatkan perekonomian suatu negara.

Namun begitu, di antara banyaknya negara tersebut, ada di sebagian yang menjadi superior dan dinobatkan menjadi negara terkaya di dunia. Ingin tahu negara apa sajakah itu? Berikut daftarnya untuk Anda. Baca di sini ... (Ism) 

 


Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

2 dari 2 halaman

Terkuak, Dua Keluarga Muslim Terkaya se-Asia

Dream - Majalah ekonomi Forbes untuk pertama kalinya merilis daftar keluarga terkaya di Asia. Sebanyak 50 bisnis keluarga terkaya masuk dalam daftar tersebut.

Sedikitnya tercatat ada lebih dari 500 keluarga kaya di kawasan Asia. Total kekayaan bernilai US$ 2,9 miliar terekam dalam data Forbes.

Harta kekayaan itu berasal dari valuasi harga saham dan kurs rupiah pada 25 September. Banyak bisnis keluarga ini sudah terdaftar sebagai perusahaan publik. Namun pengaruh mereka dalam perusahaan belum sepenuhnya lepas.

Untuk masuk dalam daftar keluarga terkaya ini, Forbes mensyaratkan agar bisnis mereka masih bertahan minimal tiga generasi.

Di jajaran keluarga terkaya Asia, pebisnis dari Tiongkok mengisi hampir separuh penghuni daftar ini. Sementara India menyumbang 14 keluarga terkaya berasal dari India.

Indonesia sendiri mengirimkan 5 keluarga terkaya yang layak masuk dalam bergengsi Forbes tersebut.

Dari 50 keluarga terkaya, Forbes mencatat setidaknya ada dua nama pengusaha muslim yang kekayaannya kekal hingga tiga generasi.

Berikut adalah dua keluarga muslim terkaya di Asia:

(Ism) 

Beri Komentar