4 Modal Agar Bisa Berkarier Sebagai Desainer Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 20 Juni 2019 08:12
4 Modal Agar Bisa Berkarier Sebagai Desainer Mobil
Desainer mobil terbilang menggiurkan karena kebutuhan kendaraan tak pernah setop.

Dream – Apakah kamu menyukai desain dan pecinta mobil? Kalau hal ini jadi minat kamu, profesi desainer mobil jadi pilihan menarik.

Pekerjaan ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Bayangkan, kebutuhan pasar akan mobil tak pernah berhenti.

Dikutip dari Nissan Motor Indonesia, Kamis 20 Juni 2019, biaya desain mobil mencapai 70 persen dari harga mobil. Sisanya adalah produksi. Makanya, karya para desainer ini terlihat berharga.

Syarat utama untuk profesi ini adalah memiliki kemampuan dasar menggambar dan mengolah ide-ide menarik. Gambar dan ide ini bisa menjelma sebagai sebuah desain konsep mobil.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang desainer mobil.

1 dari 4 halaman

Pahami Dulu Soal Mobil

Sebelum mulai mempelajari lebih jauh tentang otomotif, sangat disarankan untuk memiliki passion dan keinginan tersendiri dalam bidang tersebut. Kamu harus punya komitmen yang kuat untuk menjadi seorang desainer mobil karena dari situlah konsistensi berkarya akan selalu muncul.

Untuk melakukannya, kamu perlu memahami bagaimana setiap fitur pada mobil bekerja. Jika perlu, gunakan waktu kamu untuk belajar di bengkel mengenai detail-detail kecil dari mobil.

Kenali juga tren desain otomotif yang sedang berkembang saat ini. Pelajari setiap inovasi-inovasi baru dalam bidang otomotif yang mungkin bisa dijadikan inspirasi dalam membangun sebuah mahakarya.

Penting sekali untuk menguasai kemampuan dasar seperti menggambar sehingga ide dapat terkonversi menjadi konsep dengan baik.

2 dari 4 halaman

Kuliah Lagi di Jurusan Desain Otomotif

Memiliki gelar sarjana adalah persyaratan minimal yang harus dimiliki seseorang sebelum melamar sebagai desainer mobil. Jurusan yang bisa diikuti adalah desain otomotif.

Akan lebih baik jika kuliah di universitas yang berhubungan dengan perusahaan otomotif. Peluang bergabung dengan perusahaan otomotif akan lebih besar.

Kuliah di jurusan ini juga akan meningkatkan kemampuan dasar kamu, khususnya di bidang desain mobil serta kendaraan jalan raya lainnya. Nantinya, kamu juga akan belajar tentang matematika, computer-aided drafting (CAD) dan pembuatan model agar siap bergabung dengan industri otomotif.

Dengan pengalaman serta kemampuan dasar ini, tentunya kamu sudah siap untuk bekerja sebagai desainer mobil.

3 dari 4 halaman

Inspirasi dan Kreativitas

Selain memiliki kemampuan dasar. Dibutuhkan juga inspirasi kuat dalam membuat desain mobil yang baik dan sempurna.

 

Carilah referensi dari berbagai jenis mobil dengan desain yang menarik sebagai bahan inspirasi kamu.

4 dari 4 halaman

Buat Konsep Mobil Sebagai Portofolio

Agar karier desainer mobil makin menjanjikan, sebelum melamar kerja, buatlah portofolio sebanyak mungkin tentang karya-karya yang pernah dibuat. Desain yang dibuat haruslah mencerminkan tipe dan gaya yang digunakan oleh perusahaan otomotif tujuan.

 

 

Ini akan memberikan kesan bahwa kamu punya kemampuan untuk membangun desain mobil yang sempurna untuk perusahaan. Selamat mencoba!

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri