Ini 10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, IT Duduki Peringkat Pertama

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 9 Maret 2022 12:45
Ini 10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, IT Duduki Peringkat Pertama
Indonesia diprediksi akan kekurangan sembilan juta talenta ICT (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) di tahun 2030.

Dream - Pandemi Covid-19 turut mendorong pemanfaatan teknologi dan digital. Banyak perusahaan melakukan pemasaran produk dengan teknologi digital, tak lagi dengan cara konvensional. Karena itu pula, banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk bidang teknologi dan digital.

" Saat ini, karena banyaknya jumlah perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital, jumlah karyawan yang dibutuhkan pun meningkat dengan cukup signifikan," ujar Yuliana Dewi, Head of Human Resources JobStreet Indonesia, dalam konferensi pers virtual, Selasa 8 Maret 2022.

Menurut Bank Dunia, Indonesia diprediksi akan kekurangan sembilan juta talenta ICT (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) di tahun 2030. Peningkatan jumlah permintaan talenta di bidang IT & Digital di Indonesia tidak dibarengi dengan pertumbuhan talenta.

Permintaan yang tinggi tersebut berdampak pada meningkatnya gaji talenta di bidang IT dan digital. Berdasarkan data dari Laporan Gaji 2022 JobStreet, bidang IT menempati urutan teratas dalam 10 gaji tertinggi dan 10 pertumbuhan gaji tertinggi di Indonesia menurut spesialisasi dan level pekerjaan.

1 dari 3 halaman

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang teknologi bukan hanya yang bergerak di bidang IT dan teknologi saja. " Tapi banyak juga perusahaan konvensional yang sudah menyadari pentingnya untuk go digital," tambah Yuliana.

Menurut Yuliana, perusahaan-perusahaan itu siap untuk menawarkan gaji yang tinggi kepada para karyawan karena menyadari pentingnya peran mereka di era yang sudah berubah ini.

Ia menyarankan para pencari kerja memperkuat keahlian dalam bidang teknologi dan digital untuk bisa bersaing mulai dari proses melamar kerja hingga saat sudah mulai bekerja.

2 dari 3 halaman

Dalam laporan tersebut dijelaskan juga untuk gaji rata-rata bidang komputer tahap awal sebesar Rp5,4 juta. Kemudian, untuk eksekutif junior gaji rata-rata Rp7 juta, supervisor Rp11 juta, manajer Rp17 juta dan manajemen level C Rp36 juta.

Patut diketahui, tingkat awal ditujukan untuk pekerja dengan pengalaman kerja kurang dari 1 tahun. Sementara, eksekutif junior untuk pekerja dengan pengalaman kerja 1-4 tahun.

Berikut adalah data lengkap 10 gaji tertinggi di Indonesia menurut spesialisasi dan level pekerjaan.

10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia© JobStreet

3 dari 3 halaman

Dengan tujuan menghubungkan ribuan kesempatan kerja di bidang teknologi dan digital dengan jutaan kandidat, JobStreet menyelenggarkan Tech Virtual Career Fair yang diadakan pada 9-11 Maret 2022. Di dalamnya membuka 2 ribu lowonga kerja di 300 perusahaan seperti Lazada, Telkom Indonesia, Shopee, dan Gameloft.

Para kandidat dan pemberi kerja dapat mengakses platform virtual untuk rekrutmen on-the-spot dengan koneksi real time untuk berbicara langsung dan penjadwalan wawancara online.

Berbagai webinar menarik juga dapat diakses oleh kandidat secara gratis yang ingin mencari wawasan terkait peran dan gaji yang sedang berkembang di perusahaan teknologi, serta tips dan trik untuk menulis CV yang bagus dan cara agar lulus wawancara pekerjaan.

Terdapat 30 webinar dari 30 perusahaan terkemuka di Asia maupun di Indonesia yang bisa diakses secara gratis oleh pencari kerja.

Beri Komentar