Ini 6 Hal Penting Agar Sukses Jualan di Toko Online

Reporter : Ramdania
Selasa, 21 Juli 2015 10:03
Ini 6 Hal Penting Agar Sukses Jualan di Toko Online
Maraknya toko online memberikan peluang besar dalam berwirausaha. Namun, jika tidak dapat memanfaatkannya dengan baik maka kegagalan yang didapat.

Dream - Saat ini, memulai bisnis online bisa dilakukan dengan mudah. Dengan modal situs, produk yang baik dan akun di PayPal sudah dapat mendirikan bisnis online sendiri.

Namun tidak semua orang bisa memulainya. Dunia perdagangan online saat ini penuh dengan persaingan. Jadi, bagaimana membuat bisnis online dan produk-produknya menonjol?

Seperti dikutip dari Enterpreneur,21 Juli 2015, berikut adalah enam tips untuk membantu bisnis kecil Anda sukses di pasar online.

 Pilih platform toko online yang sesuai dengan Anda

Ada banyak jenis toko yang tersedia untuk menjual produk Anda. Namun masing-masing memiliki misi, target dan struktur biaya yang berbeda. Pastikan untuk memilih toko yang mendukung merek (brand) Anda dan membuat Anda merasa nyaman berjualan produk tersebut. Perhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebijakan dan hukum.

Pentingnya membangun merek (branding)

Merek atau brand adalah janji Anda kepada pelanggan dan merupakan jantung dari reputasi Anda. Lakukan apa yang bisa dilakukan untuk melindungi merek Anda.

Pertama, buatlah Tinjauan Merek (nilai, visi dan misi perusahaan) yang mudah dimengerti dan bebas dari jargon industri. Berikutnya, buat dokumen Pedoman Merek (logo, skema warna, tagline dan pesan) yang mudah untuk dipahami dan digandakan, sehingga akan menghemat waktu Anda memasarkan merek.

Tiga langkah itu akan membantu menginformasikan segala sesuatu tentang toko Anda, serta memberikan gambaran perusahaan secara kohesif kepada karyawan, baik yang lama dan baru.

Foto produk

Di dunia online, pelanggan biasanya memutuskan membeli setelah melihat foto atau gambar. Untuk membuat foto produk yang solid, ambil foto yang menginspirasi pembeli potensial untuk berpikir, " Jika saya membeli produk ini, saya/rumah/hidup saya akan seperti gambar-gambar ini."

Hindarkan foto yang bisa merusak fokus pembeli. Gunakan pencahayaan yang natural dan ringan dengan menatanya secara alami, misal fashion dipakaikan di manekin, handuk di kamar mandi.

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan adalah salah satu pendorong paling berpengaruh dari pembelian, terlebih secara online. Calon pembeli akan sering menyaring toko online yang memiliki ulasan dan peringkat yang baik.

Mereka mencari pendapat dan tinjauan yang nyata untuk membantu menavigasi dunia yang impersonal. Itulah mengapa begitu penting untuk menyediakan peluang bertemu langsung di toko fisik bila memungkinkan.

Tambahkan sentuhan pribadi saat pengiriman, seperti ucapan terima kasih atau produk sampel. Hal ini membantu membangun loyalitas dan hubungan baik dengan pelanggan, serta mendorong mereka mengarahkan orang lain ke toko Anda. Selain itu Anda dapat bonus tinjauan yang bagus.

Latih karyawan untuk menghadapi kritik, keluhan atau saran dari pelanggan dengan penuh kesabaran dan nada suara yang lembut namun jelas.

Berikan nama dan deskripsi produk

Untuk beberapa jenis toko, nama dan deskripsi produk Anda sangat penting saat mesin pencari melakukan pencarian. Banyak toko online yang menambahkan nama produk di alamat URL sehingga mesin pencari seperti Google atau Yahoo! bisa dengan mudah mencarinya. Buatlah judul produk Anda deskriptif. 'Car Seat Canopy' tidak deskriptif dan cenderung tidak muncul saat dicari ketimbang 'Baby Car Seat Canopy Navy Blue Nautical and Chevron'. Judul yang lebih deskriptif akan muncul dalam pencarian untuk nautical, chevron, navy blue, dan sebagainya.

Jaga agar deskripsi produk sederhana dan informatif. Sertakan setiap detail penting (yaitu dimensi, pilihan warna, petunjuk perawatan, jangka waktu pengiriman). Juga jelaskan kegunaan produk dan bagaimana menggunakannya.

Terjun di media sosial

Media sosial dapat menjadi sekutu terbesar Anda. Membangun hubungan di media sosial memang membutuhkan lebih banyak waktu dan energi. Tapi bila digunakan secara efektif, saluran sosial membantu Anda memelihara hubungan dengan pelanggan dan merupakan cara terbaik untuk berhubungan dengan penjual online lainnya untuk berbagi praktik terbaik untuk berjualan secara online.

Sesuaikan dengan fungsinya, seperti jika Pinterest dan Instagram akan lebih cocok dijadikan sebagai etalase produk Anda. Sementara Facebook sangat baik dipakai sebagai sarana layana pelanggan. Sementara Twitter bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan promosi dan berita terkini tentang produk atau toko Anda.

Beri Komentar