Ini Cara Generasi Milenial Bertahan di Era Industri 4.0?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 6 Desember 2018 10:30
Ini Cara Generasi Milenial Bertahan di Era Industri 4.0?
Di era industri, generasi milenial harus berbuat sesuatu agar bisa `survive`.

Dream – Era industri 4.0 tak lama lagi hadir. Agar bisa bertahan, generasi mileial harus mampu bersaing. Lantas bagaimana caranya bertahan di era industri 4.0?

Director Sales and Marketing PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK), Mutia Nandika, berbagi tips kepada generasi milenial agar bisa bersain, misalnya di sektor IT.

" Jadi saya rasa tantanganya untuk sektor IT ini bukan tidak ada talent yang apply tapi bagaimana kita bisa menemukan talent yang benar-benar inovatif, kreatif, serta agile inilah yang enggak gampang," kata Mutia di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 6 Desember 2018.

Menurut Mutia, generasi muda tak hanya memiliki keahlian, tetapi juga kesiapan mental terhadap permintaan bisnis. Dia menyarankan generasi muda lebih aktif dalam merespons perubahan yang semakin cepat dalam hitungan detik.

" Saya rasa ilmu saat ini tidak jadi melulu soal akademik saja, tapi ketika teman-teman yang sedang kuliah bisa mulai bisnis kecil-kecilan, bangun startup, atau coba bisnis apapun itu kenapa nggak dicoba? Dari situ kalian bakal ketemu orang-orang baru, investor, orang-orang yang setiap harinya tidak ditemui," kata dia.

1 dari 1 halaman

Jangan Lupa Belajar

Tak hanya itu, Mutia juga menekankan generasi milenial untuk cepat belajar tentang industri bisnis di luar. Dia mencontohkan dirinya sendiri yang pernah bekerja di Google Indonesia dan Microsoft, tapi tak punya latar belakang pendidikan IT.

“ Tentu butuh waktu bagi saya untuk belajar hal teknis seperti cloud system. Tapi saya pelajari supaya bisa serap ilmu," kata dia.

Memang, kata Mutia, belajar di luar latar belakangnya memerlukan upaya yang lebih. Tapi, bekerja keras diperlukan agar bisa bersaing.

" Jadi memang benar-benar harus ada extra effort, usaha lebih agar bisa bersaing,” kata dia. 

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen