Instansi Negara Dipaksa Pakai Produk Dalam Negeri

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 24 Februari 2016 13:48
Instansi Negara Dipaksa Pakai Produk Dalam Negeri
Menteri Koordinator Perekonomian bakal membuat aturan lain untuk penyerapan produ dalam negeri.

Dream - Pemerintah bakal menggenjot pengunaan produk dalam negeri di Kementerian/Lembaga. Sedikit memaksa, pemerintah bahkan akan mengeluarkan aturan main akan program ini berjalan.

" Intinya adalah, dalam proses pengadaan pemerintah akan memperjelas aturan main, bagaimana supaya produksi dalam negeri, buatan dalam negeri, itu lebih diutamakan selama dia memenuhi persyaratan standar,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengutip laman Setkab, Rabu, 24 Februari 2016.

Darmin menegaskan setiap K/L harus menjelaskan detil standar produk yang bisa dipakai. Dengan penjelasan itu, perusahaan lokal diharapkan bisa memenuhi standar yang diinginkan setiap instansi pemerintah.

“ Kalau spek-nya ditulis yang tidak bisa dibuat di dalam negeri, sudah pasti tidak bisa menang buatan dalam negeri,” jelas Darmin.

Dalam aturan main yang akan dibuat, pemerintah nantinya juga boleh menggunakan produk dalam negeri yang lebih mahal 10% atau 12% persen. Sepanjang produk yang digunakan memiliki standar yang sama.

Dalam proses pengaturan pengadaan barang/jasa, juga akan ada beberapa kementerian yang mempersiapkan bagaimana aturan pengadaan itu dibuat, dimonitor, serta diperiksa agar taat kepada aturan yang memberi preferensi yang terukur kepada produksi dalam negeri.

“ Kita yakin, dengan APBN yang makin banyak ini akan sangat banyak produksi dalam negeri bisa digunakan,” pungkas Darmin

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen