Kisah Mengharukan Anak Tukang Es Doger Jadi CPNS

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 18 Januari 2019 07:14
Kisah Mengharukan Anak Tukang Es Doger Jadi CPNS
Jalannya `berliku` dan Oki Priyadi sempat kehilangan arah.

Dream – Keringat Unu Hidayat sebagai pedagang es doger keliling di Kota Bandung, Jawa Barat, terbayar dengan kelulusan sang anak, Oki Priyadi. Sang anak dinyatakan lulus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“ Ki, kamu bisa. Walaupun keluarga kita belum ada yang jadi PNS, tapi kamu bisa,” kata Oki menirukan ucapan sang ayah ketika mengikuti pemberkasan di Jakarta, dikutip dari menpan.go.id, Jumat 18 Januari 2019.

Oki terlahir dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Keadaan ini tak membuat semangatnya kendur dalam menggapai cita-citanya menjadi PNS. Bagi dia, profesi itu sangat prestisius dan bisa membanggakan keluarga, terutama ayah dan ibunya.

Dengan terpilihnya dia sebagai CPNS, Oki ingin mengubah stigma masyarakat tentang PNS. Dia mengatkaan banyak opini masyarakat menganggap PNS itu malas-malasan, korup, dan lamban.

“ Mudah-mudahan saya bisa ikut berperan untuk mengubah image tersebut dan menyosialisasikan ke masyarakat bahwa PNS sekarang tidak seperti dulu lagi. PNS sekarang berintegritas dan punya semangat kerja tinggi,” kata dia.

Oki mengatakan menjadi seorang PNS adalah keinginan terbesar ibu dan istrinya. Semangatnya makin terpacu saat hendak mendaftar pada rekrutmen CPNS tahun 2018. Terlebih ketika membaca karya sastra berjudul ‘Tujuh Pintu Keajaiban Rejeki’ karya Ippo Santosa.

Dalam karya itu disebutkan keinginan itu seperti gelombang. Jika memiliki keinginan yang sama dengan dua bidadari, yakni ibu dan istri, gelombang itu akan semakin membesar dan ‘menembus’ langit. Dalam buku itu juga disebutkan, gelombang atau energi itu bisa menggetarkan Arasy Allah, dan Allah akan mengabulkannya.

“ Dan benarlah teori tersebut, saya lulus CPNS dengan nilai yang cukup baik,” kata dia.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri