BKN: Anak Pejabat Sekalipun Tak Bisa Lolos Tes CPNS Tanpa Seleksi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 7 Oktober 2021 16:36
BKN: Anak Pejabat Sekalipun Tak Bisa Lolos Tes CPNS Tanpa Seleksi
BKN meminta masyarakat tidak terbujuk rayuan calo.

Dream – Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali mengingatkan masyarakat agar tak tergiur dengan tawaran calo yang mengaku bisa membantu lolos Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, menegaskan tak ada satupun orang yang bisa mengendalikan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bahkan dia berani menjamin, anak pejabat sekalipun tetap harus melewati proses seleksi CPNS melalui CAT untuk bisa lolos menjadi abdi negara.

“ Jangan sampai tertipu apabila ada yang menawarkan diri membantu menjadi ASN secara instan. Karena anak-anak pejabat sekalipun tidak ada yang bisa masuk tanpa seleksi,” kata Bima di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 7 Oktober 2021.

1 dari 4 halaman

Percaya Dirilah, Sobat

Menurut Bima, para calo dan masyarakat yang tergiur dengan bujuk rayunya sama-sama salah. Keduanya juga dipastikan akan merugi karena tak ada peluang untuk menjadi ASN tanpa seleksi CPNS melalui CAT.

“ Masyarakat ternyata masih banyak yang menginginkan masuk ASN tanpa jalur yang semestinya. Jadi, sebetulnya dua-duanya salah. Calonya salah dan masyarakat yang percaya juga salah,” kata dia.

Bima juga berpesan kepada para peserta seleksi CPNS bahwa kunci keberhasilan mengikuti seleksi bergantung kepada kemampuan masing-masing peserta.

“ Percaya dirilah bahwa peserta sendiri yang bisa memastikan dirinya bisa menjadi ASN. Salah satunya dengan persiapan yang baik dan tentu berdoa,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Unggah Foto Proses Tes CPNS BUMN, Pose Bengong Peserta Bikin Riuh

Dream - Tahapan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 sudah banyak dilakukan instansi pusat. Tahapan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Proses yang sama juga sudah dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tahun ini membuka 127 formasi untuk CPNS.

Tes SKD para pelamar CPNS Kementerian BUMN sendiri sudah digelar pada akhir pekan lalu (3-4 Oktober 2021). Tes dikuti oleh 1703 peserta.

 

© Dream

 

Diintip dari akun Instagram Kementerian bumn, proses seleksi berlangsung dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Digelar di dalam semua peserta yang mengenakan pakaian putih hitam bahkan mendapatkan sebuah plastik khusus untuk menyimpan perlengkapan mereka.

Proses skrining ketat dilakukan panitia penerimaan sebelum peserta memasuki ruang tes SKD. DI dalam ruang tes, meja peserta diatur dengan jarak tertentu di aula gedung olahraga yang cukup luas.

 

3 dari 4 halaman

Foto yang Bikin Salfok

Kegiatan SKD CPNS Kementerian BUMN itu juga terekam dalam deretan foto yang diunggah akun Instagramnya.

Sejumlah jepretan fotografer mengabadikan momen peserta tes SKD CPNS Kementerian BUMN mulai dari proses kedatangan sampai saat mengikuti ujian.

Di unggahan terakhirnya, pengelola akun Instagram Kementerian BUMN juga menunjukan satu slide foto yang membuat netizen langsung riuh. Foto dokumentasi tersebut sengaja disimpan dibagian akhir dari unggahan tersebut.

Foto tersebut memperlihatkan seorang perempuan peserta tes CPNS yang terlihat mengikuti seleksi. Berpakaian itam dan masker menutupi hidung dan mulutnya, sosok peserta tes yang memiliki rambut lulurs sebahu itu membuat riuh unggahan akun Instagram Kementerian BUMN.

Seleksi CPNS BUMN© Instagram @kementerianBUMN

(Foto: Instagram @kementerianBUMN)

 

4 dari 4 halaman

Ada yang Perhatian Sepatu Peserta Tes

" Slide ke-empat," komentar pemiklik akun @george_hulu yang memberi tahu netizen lain untuk melihat unggahan dari pengelola akun Instagram tersebut.

" Tahu aja admini yang cakep yang mana," tulis akun @osamardhn.

Akun @kunon1111 juga turut mengomentari slide terakhir akun Instagram itu dengan menuliskan, " Tauu aja klo yg bening."

Namun tak semua dibuat salah fokus dengan slide keempat dari unggahan tersebut. Ada juga netizen yang memperhatikan sepatu yang digunakan peserta tes CPNS Kementerian BUMN.

" Salfok yg pakek sepatu catur slide 1 wkwk, apakah boleh masuk wkwk," ujar @matullaa.

Beri Komentar